spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
FAKTA LANGKA
spacer
 
Tsunami Malaysia
Bayi Selamat Berkat Kasur Apung

Kuala Lumpur, 30 Desember 2004 18:26
Allah Maha Besar. Kantor berita Malaysia Bernama, Senin malam melaporkan, bayi berusia 20 hari selamat dari tsunami yang melanda Malaysia, Ahad, berkat kasur apung.

Ketika tsunami yang dipicu gempa dahsyat bawah laut di perairan Sumatera dan menerjang negara bagian Penang, Malaysia utara, Ahad, seorang warta, S. Tulasi, tengah tidur di sebuah kamar di belakang restoran ayahnya.

"Kami semua berusaha mencari perlindungan ketika gelombang tsunami menyapu. Saya terlempar beberapa meter, tapi berusaha menggenggam erat-erat tonggak. Tapi puteri saya yang berusia 12 tahun tersapu gelombang raksasa itu," kata sang ayah, A. Suppiah (55), kepada Bernama.

Dia dan isterinya kemudian memberanikan diri menentang gelombang untuk mencari bayi mereka yang belum genap sebulan.

"Saya kira saya telah kehilangan kedua anak perempuan saya. Tapi, puji syukur kehadirat Allah SWT. Kasur itu mengapung sekitar 1,5 meter dari tepi pantai. Dan bayi saya sedang menangis," katanya. Puteri lain Suppiah juga selamat.

Penang merupakan negara bagian Malaysia yang paling parah dilanda tsunami. Jumlah kematian mencapai 49, dari 63 kematian yang dipastikan sejauh ini. Pihak berwenang setempat menyatakan, sedikitnya 26 orang hilang dan 183 mengalami luka-luka.

Juru bicara markas besar kepolisian federal kepada Kyodo News mengatakan, pihak berwenang telah menghitung, terdapat 63 korban tewas hingga Selasa siang.

Sejauh ini, tidak terdapat korban warga asing, kendati wilayah-wilayah paling parah terkena gempa seperti Pantai Batu Ferringhi di Penang dan Pulau Langkawi merupakan daerah tujuan wisata yang banyak diminati wisatawan.

Sebagian besar dari korban adalah pelancong dan orang-orang yang sedang berjet-ski.

Namun tingkat kerusakan di Malaysia masih lebih ringan dibandingkan dengan Sri Lanka, India dan Thailand, yang angka kematian di tiga negara itu mencapai ribuan orang.

Dan Deputi Perdana Menteri Najib Abdul Razak kepada wartawan hari Selasa, dampak bencana di bidang perekonomian "masih dapat dikendalikan".

"Bencana itu belum terlalu merugikan di bidang perekonomian. Mungkin terjadi sejumlah kemunduran di bidang industri pariwisata...namun itu hanya akan menjadi kemunduran yang bersifat sementara...Kami tidak memperoleh pukulan terberat sepenuhnya dari tsunami tersebut," katanya.

Namun berkaitan dengan memuncaknya kritik mengenai kurangnya peringatan akan datangnya tsunami, Najib mengatakan pemerintah akan mempertimbangkan memasang sistem peringatan tsunami.

"(Pemasangan) itu amat mahal," katanya dan menambahkan "Hal seperti ini tidak pernah terjadi di dalam sejarah negara ini".

Sejumlah koran setempat melaporkan bahwa Najib mengatakan pemerintah akan mengundang para pakar Jepang untuk memberi saran soal sistem peringatan terhadap tsunami.

Para pakar mengatakan gelombang itu melakukan perjalanan mendekati garis pantai memerlukan waktu hingga kurang lebih dua jam dari pusat gempa di lepas perairan Indonesia sebelum menghempas pantai-pantai Malaysia.

Perjalanan gelombang raksasa itu semestinya dapat memberikan waktu bagi pihak berwenang setempat untuk meningkatkan proses evakuasi, tapi masalahnya tsunami amat jarang terjadi di perairan Lautan Hindia dan Malaysia, seperti negara-negara lain yang diterjang tsunami, juga tidak punya sistem yang dapat mengirimkan peringatan akan kedatangan gelombang raksasa tersebut. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  Allohu Akbar (tiara65102@ya..., 11/01/2005 02:09)
Subhanalloh (Maha Suci Alloh) itulah kebesaran Alloh yang diperlihatkan kita dan kita sebagai manusia mari kita bertaubat sebelum ajal menjemput
 
 
spacer
  
  Tuhan Maha Kuasa (akbar_gede@ya..., 31/12/2004 11:40)
Tuhan Maha Kuasa. Itulah salah satu bukti Kuasa Tuhan atas umatNya yang harus kita syukuri disaat kita senang ataupun disaat kita membutuhkan pertolonganNya.
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 16 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer