spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
AMERIKA
spacer
 
Sekjen PBB Perpendek Masa Cuti

New York, 30 Desember 2004 11:22
Sekjen Perserikatan Bangsa Bangsa Kofi Annan mempersingkat masa cutinya dan akan langsung melakukan koordinasi dengan para stafnya, khususnya di bidang bantuan kemanusiaan, berkaitan dengan terjadinya bencana alam gempa bumi dan tsunami di sejumlah negara Asia.

Jurubicara Sekjen PBB, Fred Eckhard, dalam press briefing di Markas PBB di New York, Rabu, mengatakan bahwa Annan yang saat ini berada di suatu tempat peristirahatan di Amerika Serikat akan mulai bekerja hari Kamis besok.

"Rabu malam ini ia sudah berada di New York dan besok (Kamis) akan mengadakan pertemuan dengan Koordinator Bantuan Kemanusiaan PBB Jan Egeland," kata Eckhard.

Annan yang mengambil cuti Natal dan Tahun Baru 2005, semula baru mulai bekerja pada awal Januari mendatang.

Pada masa liburan Natal dan Tahun Baru, biasanya memang tidak ada sidang-sidang di PBB.

Eckhard mengatakan, meskipun masih cuti, dalam dua hari terakhir ini Sekjen PBB telah melakukan pembicaraan melalui telpon dengan para pemimpin negara yang terkena bencana alam tersebut.

"Sekjen PBB menyampaikan duka cita dan juga menanyakan apa-apa saja yang mereka perlukan untuk meringankan beban akibat bencana alam ini," katanya.

Sementara itu Koordinator Bantuan Kemanusiaan PBB Jan Egeland di New York mengatakan bahwa operasi bantuan berkaitan dengan bencana alam saat ini adalah yang terbesar yang pernah dilakukan tim kemanusiaan PBB.

"Bukan hanya dari jumlah korbannya yang sangat besar, namun juga banyaknya negara-negara yang terkena dampaknya, mulai dari Indonesia di Asia Tenggara hingga ke Somalia di Afrika" kata.

Selain itu, katanya, puluhan negara sudah siap memberikan bantuan kemanusiaan sehingga PBB harus mengkoordinasikannya agar bantuan tersebut dapat sampai dan ada keseimbangan dalam distribusinya.

Ribuan staf lapangan PBB, tambahnya, juga sudah dikerahkan ke lokasi bencana dan ribuan lagi siap untuk diberangkatkan jika diperlukan.

"Salah satu tantangan terberat adalah bagaimana menjangkau daerah-daerah yang terpencil dan terisolasi," kata Egeland.

Dia mencontohkan di Aceh, propinsi di Indonesia yang paling parah terkena dampak tsunami, hanya di Banda Aceh bantuan dapat segera didistribusikan.

"Sementara di kawasan pesisir barat propinsi tersebut masih banyak yang tidak terjangkau. Apalagi sulit melakukan komunikasi karena instalasi di sana pun hancur," katanya. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 16 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer