spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
AFRIKA
spacer
 
Jamaah Haji Saksikan Pencucian Ka`bah

Mekkah, 27 Desember 2004 16:48
Sekitar seratus ribu jamaah haji berbagai bangsa menyaksikan pencucian Ka`bah, yang pintunya dibuka Senin pagi pukul 07.30 waktu Arab Saudi selama satu jam.

Seusai sholat Subuh di Masjidil Haram, Mekkah, Senin, puluhan ribu umat Islam masih bertahan untuk menyaksikan peristiwa langka tersebut.

Puluhan ribu lainnya terus mengalir, khusus untuk melihat pintu Ka`bah dibuka dan dibersihkan, sekaligus melakukan berbagai ibadah seperti sholat sunnat, thawaf, dan membaca AlQuran.

Antara melaporkan dari Mekkah, puluhan ribu orang berdiri menghadap Ka`bah, khususnya di depan pintu Ka`bah, termasuk ribuan lainnya di lantai dua Masjidil Haram. Mereka berdoa sambil memandangi bangunan itu dengan perasaan bercampur, antara khidmat, kagum dan rasa ingin tahu seperti apa ruangan di dalam bangunan itu.

Tidak seperti hari biasanya, ribuan pasukan keamanan Arab Saudi dikerahkan untuk membentengi Ka`bah, dan berjajar seperti pagar betis dari pintu King Abdul Aziz hingga mengelilingi pelataran sekitar ka`bah. Pakaian mereka loreng-loreng dan tampak direkrut dari berbagai bangsa seperti kawasan Arab, Afrika Utara, atau Pakistan.

Gubernur Mekkah Abdul Madjid bin Abdul Aziz menyambut para tamu perwakilan dari negara-negara Muslim, seperti Indonesia, Turki, Pakistan, Mesir, Syria, dan lainnya yang diundang untuk masuk dan menyaksikan pembersihan Ka`bah.

Dari Indonesia, Wakil Duta Besar Republik Indonesia di Ryadh, Ba`syah Minsyahnan Adnan serta Kabid Penerangan Sabilillah Maqom juga turut diundang hadir untuk memasuki Ka`bah.

Ka`bah dibersihkan hanya dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Dzulkaidah (sekarang ini), dan Sya`ban. Sedangkan penggantian Kiswah atau kelambu Ka`bah dilakukan satu kali dalam setahun, yaitu setiap tanggal 8 Dzulhijjah. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 16 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer