spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
SUMATERA
spacer
 
Pasca Bencana
Ribuan Mayat di Banda Aceh Belum Terevakuasi

Banda Aceh, 2 Januari 2005 19:32
Para relawan, tim evakuasi, dan aparat keamanan sampai Minggu petang masih kewalahan mengevakuasi ribuan mayat korban badai tsunami di Aceh akibat sulitnya medan, keterisolasian, kekurangan tenaga, termasuk di dalam wilayah Kota Banda Aceh sekalipun.

Ketua Tim Evakuasi mayat dari Muhammadiyah NAD T Syahrial (40) mengatakan, ribuan mayat yang belum bisa diavakuasi di Banda Aceh itu antara lain di kawasan Kecamatan Lepung dan kecamatan Lung, atau 20 Km dari pusat kota Banda Aceh.

"Di sana dilaporkan masih ada sekitar 6.000-an mayat yang belum bisa dievakuasi dan kondisinya makin membusuk," katanya.

Karena itulah ia mengharapkan pemerintah segera menambah personil untuk menangani masalah tersebut agar kondisinya tidak makin memburuk.

Tim evakuasi dari Muhammadiyah sendiri sampai dengan Minggu siang sudah mengevakuasi lebih dari 100 mayat yang tercecer di Kota Banda Aceh.

"Di kota saja masih banyak yang belum tertangani, apalagi yang jauh dari kota," kata dia.

Bahkan di kompleks masjid Muhammadiyah di Jalan Ahmad Dahlan, Kota Banda Aceh, sampai Minggu siang masih ada 30-an mayat yang ditemukan namun belum diambil atau belum dimakamkan karena menunggu kemungkinan ada anggota keluarga yang akan memeriksa.

Mayat Baru Sementara itu suasana di Unit Gawat Darurat RS Kasdam Jalan T Hamzah Bendahara, sepanjang Minggu masih banyak relawan membawa keluar masuk mayat-mayat dari berbagai tempat, termasuk di antaranya yang masih baru meninggal akibat luka-luka.

Sejumlah mobil ambulance dan bak terbuka nampak sibuk mengangkut mayat terbungkus dalam plastik kantong mayat.

Begitu juga sejumlah relawan dengan membawa kantong mayat banyak yang hilir mudik menyusuri lokasi-lokasi yang dianggap masih ada mayat yang tertinggal.

Sementara itu aparat keamanan dibantu operator alat-alat berat mulai membersihkan kotoran puing-puing kayu dan lumpur berbau di kawasan Pasar Aceh, bersebelahan dengan masjid raya Baiturrahman.

Tim IT KPU membuat tiga pos di Aceh, dan ada 12.000-an mayat di wilyah Pidie, 120 Km dari Kota Banda Aceh yang masih berada di pinggir-pinggir jalan. Sementara pasokan BBM di beberapat tempat juga menipis hingga harga melambung.

"Harga bensin atau solar di SPBU sebenarnya masih tetap, tapi kalau di luar bisa melambung hingga 200 persen," kata warga setempat.

Sebelumnya diperkirakan korban jiwa akibat badai tsunami di Aceh dan Sumutera Utara lebih dari 100.000 orang, bahkan ada yang memperkirakan bakal mencapai 200.000 orang.

Sejumlah warga Aceh sendiri tidak heran jika masih banyak mayat di Pidie atau Meulaboh dan sekitarya yang belum dievakuasi karena di dalam kota bahkan dekat jalan utamapun sampai Minggu masih banyak mayat berserakan. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  Maklumlah ini Aceh bung (songkek@ya..., 07/01/2005 02:57)
Aceh dari dulu memang dikucilkan, sampai sekarang masih terasa. TNI/Polri memang membantu, mereka dalam hal ini membantu pemerintah. Rumah di aceh belum tau kapan bisa diperbaiki. Doa-ku semoga aceh cepat sembuh dari duka, yang tertimpa musibah semoga tabah selalu.
 
 
spacer
  
  tahu diri sedikit lah (jem24k@ya..., 05/01/2005 05:00)
biasalah tayangan tv asing cuma cari kekurangan..gilirian mayat orang bule di thailand harus diidentifikasi sementara mayat di aceh dibilang dibakar aja..emang lu pikir enak evakuasi mayat..cuma makan indomie. lu tahu diri dong kalo kondisi aceh beda sama srilanka dan thailand . disana jalanan masih utuh sementara di aceh udah rusak berat
 
 
spacer
  
  Sisihkan lengan bajumu, tentara2ku (pmeong76@ya..., 04/01/2005 14:58)
Hari Minggu malam tgl 2 Jan'05, 7 hari setelah bencana alam ini, diberitakan melalui CNN dan CBC Canada tentang banyaknya mayat2 yg masih belum dievakuasi, terlihat mengapung di sungai/kanal, terjepit puing2 dll .....juga terlihat dalam liputan tersebut, yg dikomentari oleh reporter station TV tersebut, tentara2 kita yang hanya sibuk membersihkan puing2 disekitar masjid Baiturrahman dan hanya sibuk ngobrol2 dan tertawa-tawa. Pantaskah kelakuan mereka itu? Dan dimanakah rasa kemanusiaan mereka?
... <248 huruf lagi>
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 02 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer