spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
JAWA
spacer
 
Bantuan Pertama Unicef untuk Aceh Tiba

Jakarta, 31 Desember 2004 14:54
Bantuan kemanusiaan pertama UNICEF untuk Aceh tiba di Jakarta dan selesai menjalani pemeriksaan pabean pada Jumat (31/12) pukul 11.00 WIB. Paket bantuan seberat 3,8 ton ini berisi perlengkapan kesehatan untuk keadaan darurat yang antara lain mencakup obat-obatan, peralatan medis, tenda, lembaran plastik, dan paket perawatan kebersihan keluarga, seperti sikat gigi dan sabun.

Menurut siaran pers UNICEF, Jakarta, Jumat, bantuan awal tersebut diperkirakan mampu memenuhi kebutuhan 200.000 orang.

Selain bantuan tersebut, pada tahap berikutnya UNICEF akan terlibat dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit serta kekurangan gizi yang mungkin terjadi seiring dengan keadaan Aceh saat ini yang sangat buruk.

Upaya ini akan dilakukan melalui penyediaan vaksin campak, peralatan penyimpan vaksin, kapsul vitamin A, air bersih, oralit, perangkat purifikasi, jaring pelindung dari nyamuk, obat malaria, serta persediaan obat-obatan dasar dan perlengkapan medis.

Sementara itu, Jubir UNICEF di Jakarta John Budd mengatakan UNICEF juga akan memperhatikan upaya untuk menjaga kelangsungan pendidikan dalam situasi darurat untuk murid-murid Sekolah Dasar yang gedung sekolahnya hancur.

Untuk itu UNICEF akan menyediakan perlengkapan belajar-mengajar darurat yang disebut "Sekolah dalam Kotak" (School in A Box), yang didalamnya mencakup perlengkapan sekolah dan bahan-bahan belajar, katanya.

Bekerjasama dengan pemerintah dan organisasi keagamaan, UNICEF juga akan menyediakan perlengkapan yang diperlukan bagi pusat-pusat kegiatan anak dan masyarakat di tempat-tempat penampungan pengungsi dan di wilayah yang terkena dampak bencana.

UNICEF juga, katanya, berencana untuk memberi bantuan psikososial bagi anak-anak yang menjadi korban bencana dan keluarganya agar bisa terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang membantu tumbuhnya rasa aman dan pemulihan dari trauma.

Koordinasi logistik saat ini sedang dilakukan untuk memastikan agar bantuan kemanusiaan yang pertama ini sampai di tempat tujuan dengan baik, ujarnya. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  THANKS GOD , THANKS USA (thecutest_puppy@ya..., 01/01/2005 08:54)
Walaupun banyak hal yang kita tidak setuju dengan USA dalam hal bantuan ini saya sebagai orang Indonesia dengan tulus mengucapkan THANKS USA .
Happy New Year 2005 untuk seluruh rakyat USA dan staff yang telah mengirimkan langsung bantuan ini ke Aceh.

Thanks again .
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 02 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer