spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Presiden: Jalur Darat ke Meulaboh Segera Dibuka

Banda Aceh, 1 Januari 2005 21:36
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, jalur darat ke Meulaboh dapat segera dibuka hingga bantuan logistik bagi korban gempa dan tsunami di daerah itu dapat segera disalurkan secara optimal.

"Kondisi Meulaboh sudah mulai membaik namun tetap perlu penanganan segera dan komprehnesif," katanya usai meninjau Meulaboh, NAD, Sabtu.

Ia mengatakan, saat ini bantuan kemanusiaan bagi para korban bencana tsunami di Meulaboh masih dilakukan melalui laut dan udara dan akan semakin dimaksimalkan.

"Namun, jika memang diperlukan jalur darat maka ada satu jalur alternatif yang dapat dilalui yakni melalui Blang Pidie, Kecamatan Aceh Barat Daya lalu langsung menuju Meulaboh," ujar Presiden.

Menurut kantor berita Antara jalur darat dari Banda Aceh ke Meulaboh masih terputus. Jalur sepanjang 2441,5 kilometer itu masih dipenuhi onggokan puing-puing bangunan yang luluhlantak akibat terjangan tsunami yang terjadi Minggu (26/12) pagi.

Enam hari pascagempa dan gelombang tsunami, kota Meulaboh di pantai barat Sumatera tampak gelap gulita karena aliran listrik PLN masih terputus. Selain itu, jaringan komunikasi telepon, termasuk telepon seluler, masih terputus.

Di kota ini hanya tersisa fondasi-fondasi bangunan dan material bangunan yang berserakan di sepanjang radius dua sampai lima kilometer dari pantai.

Menurut Fadly, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Aceh Barat, hingga kemarin malam dilaporkan masih ada 4.976 korban yang hilang.

Mereka yang dilaporkan raib itu baru pada satu kecamatan saja, yakni Kecamatan Johan Pahlawan. Sementara di Aceh Barat masih ada empat kecamatan lainnya yang juga porak-poranda dihantam tsunami.

Kepala Kepolisian Resor (Polres) Aceh Barat Ajun Komisaris Besar Khasril menuturkan, warga Meulaboh yang selamat dari bencana tsunami kini mengalami trauma psikis.

Apalagi, gempa susulan masih terus terasa sehingga mengakibatkan para warga terpaksa terus bertahan di tempat-tempat darurat. Penduduk Meulaboh yang berjumlah lebih kurang 40.000 sekitar 90 persennya diperkirakan telah hilang tersapu tsunami.

Komandan Komando Resor Militer (Korem) Teuku Umar Kolonel Gerhan Lantara mengatakan, jalur transportasi ke Aceh Barat masih terputus. Sementara jalur darat ke Takengon hingga kini masih dijajaki, apakah sudah bisa dilewati atau belum.

Begitu pula ke arah selatan, terdapat tiga jembatan putus dan malam ini aparat TNI tengah berupaya membuat jembatan darurat untuk mengatasi keterisolasian Meulaboh.

Bandar Udara Meulaboh, yang sudah empat hari ditutup, pada Kamis kemarin mulai dicoba didarati dua pesawat berbadan kecil. Kedua pesawat tersebut membawa sejumlah bantuan untuk para korban gempa dan tsunami di sana. Hingga kemarin tercatat 391 korban tewas di Meulaboh yang sudah dikuburkan oleh petugas penyelamat.

Letnan Satu (Khusus) Filfadri, Kepala Dinas Penerangan dan Kepustakaan Pangkalan Udara (Lanud) Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, menyatakan, jalur menuju Aceh Barat seperti ke kota Meulaboh masih terputus, sekalipun komunikasi radio bisa dilakukan. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 01 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer