spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Waspadai Pemancing di Air Keruh

Seorang Wanita Sedang Memberikan Bantuan Bagi Korban Gempa & Tsunami NAD & Sumut di Jakarta (Yahoo! News/AP Photo/Yusrin)DI atas sebuah meja, kotak bertuliskan "Peduli Aceh" itu diletakkan. Posko sangat sederhana di pinggir jalan di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, itu siap menerima uluran duit dari masyarakat yang lewat. Mahasiswa tak mau ketinggalan. Di sejumlah ruas jalan di Jakarta, mereka menyodorkan kotak serupa kepada pengguna jalan yang lewat. Begitu juga dengan lembaga swadaya masyarakat, organisasi massa, dan perusahaan-perusahaan membuka dompet sumbangan.

Selain fulus, mereka juga menerima barang-barang bagi saudara kita di Aceh yang sedang kesusahan. Baik itu makanan, sandang, obat-obatan, maupun terpal buat berteduh. Ini adalah sebuah potret kepedulian terhadap korban bencana tsunami yang meluluhlantakkan sebagian wilayah "Serambi Mekkah", Ahad lalu. Pemerintah pusat sendiri sudah mencairkan Rp 50 milyar untuk korban Aceh. Belum lagi aliran bantuan dari sejumlah negara dan badan dunia.

Namun, kita mesti waspada. Penerimaan dan penyaluran bantuan itu harus diawasi. "Banyak pihak memancing di air keruh, termasuk melakukan korupsi terhadap bantuan bencana," kata Hidayat Nur Wahid, Ketua MPR-RI. Mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera ini meminta agar setiap posko penerima bantuan maupun di lokasi penyaluran diawasi auditor.

Hidayat Nur Wahid memang benar. Kita mesti lebih waspada dan harus berkaca dari sejumlah kasus penyelewenangan dana bantuan untuk korban bencana. Pelakunya, ya itu tadi, mulai dari perorangan, LSM, sampai birokrat.

Kasus ketidakberesan penyaluran itu, misalnya, penyelewenagan dana banjir di Jakarta. Irma Hutabarat, Ketua Institute of Civic Education on Indonesia (ICE on Indonesia), misalnya, sampai digugat Pemda DKI karena dugaan menilap duit dana banjir Rp 3,6 milyar. ICE On sebelumnya ditunjuk sebagai penyalur dana korban banjir itu. Pemda DKI akhirnya mencabut gugatan, setelah Irma mengembalikan dana banjir itu.

Dugaan penyelewengan juga dialamatkan kepada yayasan-yayasan yang didirikan Presiden Soeharto. Siti Hardiyanti Rukmana, Bendahara Yayasan Dana Gotong Royong Kemanusiaan --yayasan untuk korban bencana-- berkali-kali mesti menghadap jaksa di "Gedung Bundar". Ia diduga bertindak selebor karena menggunakan Rp 1,6 milyar dana yayasan untuk membeli saham Bank Duta. Namun, kasus ini ditutup karena dugaan tak bisa dibuktikan.

Tak hanya dana dari masyarakat yang bisa "dimainkan", dana di pos bencana alam di APBD pun juga sering diselewengkan. Yang paling anyar adalah dugaan adanya korupsi dana bencana yang dilakukan Gubernur Banten, Djoko Munandar. Dua pekan lalu, ia ditetapkan Kejaksaan Tinggi Banten sebagai tersangka. Tuduhannya, atas inisiatif Djoko, Rp 14 milyar dana bencana di pos pengeluaran tak tersangka malah digunakan untuk membiayai pembangunan rumah anggota DPRD dan tunjangan kegiatan DPRD.

Irwan Andri Atmanto
[Laporan Utama, Gatra Nomor 08 beredar Jumat, 31 Desember 2004]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  setuju mas hardono (gadisaf02@ho..., 05/01/2005 11:29)
Mereka yg ingin berjihad seyogyanya adalah mereka yg terjun no SATU di tempat musibah ini.
Kalo perlu tanpa memakai spanduk tetek bengek, tapi ikhlas membantu seperti saudara lain dr seluruh dunia tanpa memperdulikan agama, ras dan warna kulit
 
 
spacer
  
  perlukah meminta sumbangan dijalanan (sadam46@ho..., 04/01/2005 07:08)
sebenarnya bila kita mau menyumbang bisa lewat rekening resmi, kalo kotak di jalan malah mbikin macet jalanan, menurut saya mahasiswa lebih baik mencari dana di kampus kampus, dari pada minta lewat kotak di jalanan
 
 
spacer
  
  Masyarakat Inggris peduli (adriansahh@ya..., 02/01/2005 05:18)
Saya menghimbau kepada pemerintah Indonesia untuk benar2 menyalurkan bantuan kepada korban. Saya berdomisili di London, saya lihat betapa antusiasnya masyarakat Inggris memberi bantuan kepada korban bencana alam ini. Dalam tempo 48 jam, masyarakat Inggris mampu mengumpulkan 25 juta, jumlah tersebut belum termasuk bantuan dari pemerintah Inggris, belum termasuk bantuan dari negara2 lain. Bisa dibayangkan betapa peduli mereka terhadap korban bencana alam ini. Yang pasti Indonesia adalah negara y... <126 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  yaa...begitulah...mental or budaya??? (yanti70@ho..., 01/01/2005 22:59)
"KORUPSI" memang ada dimana2, terjadi di negara mana saja. Cuma yg membedakan antara korupsi di Indonesia dengan negara lain adalah: korupsi di luar batas kemanusiaan. Apa saja ditilap, tidak tersisa lagi rasa "kemanusiaan"-nya. Tega2nya mengeruk keuntungan diatas penderitaan korban bencana. Seandainya saja manusia2 Indonesia lebih "ADA HATI NURANI" nya...mungkin rakyat menengah ke bawah hidupnya jauh lebih SEJAHTERA.
 
 
spacer
  
  Jihad positif. (hardono@ya..., 01/01/2005 22:28)
Kini adalah kesempatan yg sangat baik utk ormas seperti FPI, MMI, JI dll utk membuktikan rasa peduli mereka kepada sesama kaum muslimat yg sedang diterpa bencana; bisa dgn cara langsung yaitu menyumbang dana atau sembako dll. Atau secara tidak langsung dgn membantu mengawasi bahwa sumbangan yg dikumpulkan oleh posko posko memang akan diterima oleh saudara kita di Aceh.
 
 
spacer
  
  hati2 penipu (yugho, 01/01/2005 21:31)
Bener banget pasti ada orang yg memanfaatkan kesempatan seperti ini utk menipu. Saran saya lebih baik pemerintah mengumumkan beberapa tempat utk menyumbang yang OFFICIAL. Jadi masyarakat pun lebih jelas lebih aman menyumbang ke mana.
 
 
spacer
  
  terkutuk... (andre_b, 01/01/2005 21:07)
sungguh nista perbuatan itu jika memang ada yang melakukannya ditengah penderitaan dahsyat rakyat aceh saat ini. saya setuju jika sumbangan2 tsb diaudit oleh pihak auditor independen. jadi jelas penggunaan dana dan penyalurannya untuk apa, siapa dan bagaimana saja dana tsb disalurkan..
buat yang pengen coba2 'bermain' diatas penderitaan rakyat aceh saat ini..tunggu saja balasannya...
 
 
spacer
  
  SIKAT SAJA..... (hadi_smiko@ya..., 01/01/2005 16:38)
Kalo memang ada orang yg mau ngambil kesempatan diatas pendertiaan orang lain, menurut saya sudah bukan manusia lagi namanya.. tapi SYAITHOOOOOONNNN..!! Hukum seberat-beratnya alias sikat abis....

Ayo...ini tugas kita bersama untuk saling mengawasi, tanpa curiga yg berlebihan...
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 01 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer