spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
JAWA
spacer
 
DVMBG: 28 Wilayah di Tanah Air Rawan Tsunami

Bandung, 31 Desember 2004 13:54
Direktorat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (DVMBG) menyatakan, 28 wilayah di Tanah Air rawan tsunami, sehingga warga dan pemda setempat harus mewaspadainya.

Direktur DVMBG Yousana OP Siagian, di Bandung, Jumat mengatakan, 28 wilayah yang rawan tsunami tersebut berdasarkan pengalaman kejadian musibah tersebut sebelumnya.

Yousana menyebutkan, ke-28 wilayah tersebut masing-masing, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung-Banten, Jawa Tengah bagian selatan dan Jawa Timur bagian selatan.

Kemudian Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku Selatan, Biak-Yapen, Fak-fak, dan Balikpapan.

Menurut dia untuk mengantisipasi terkena tsunami, hendaknya tidak bermukim terlalu dekat dengan tepi pantai laut lepas di daerah rawan bencana alam tersebut. Terutama jangan ada bangunan publik, seperti, sekolah, rumah sakit dan pemukiman.

Selain itu, katanya, hendaknya hindari perusakan hutan bakau yang berfungsi sebagai pelindung gelombang pasang atau pereduksi dari adanya gelombang tsunami "Setidaknya ke-28 wilayah rawan tsunami tersebut, dapat memulai dengan memelihara kawasan hutan," katanya.

Namun sebaliknya bilamana warga di daerah itu, masih ingin tetap tinggal maka masyarakat harus dapat "hidup harmonis" dengan bahaya gempa dan tsunami tersebut.

Hidup harmonis tersebut, yakni, warga setempat menyadari tempat tinggalnya berada di daerah yang rawan gempa, mengetahui cara-cara menghindari tsunami dan gempa, serta pemda setempat melakukan pamantauan dan pemberian sosialisasi kepada masyarakat setempat.

Selain itu, pemda harus membuat peta batasan tempat tinggal atau interval tempat tinggal di tepi pantai yang layak huni, yang dapat saja mengacu kepada terjadinya musibah tsunami sebelumnya.

Di bagian lain, Yousana mengungkapkan bahwa akan terjadinya kembali tsunami susulan di NAD dan Sumut, terhitung kecil kemungkinan meski demikian warga harus mewaspadainya. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 01 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer