spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
JAWA
spacer
 
MUI: Korban Tewas di Aceh Mati Syahid

Jakarta, 29 Desember 2004 11:16
Seorang anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengatakan bahwa korban tewas dalam musibah gempa bumi dan tsunami di Aceh, Minggu (26/12), mati dalam keadaan syahid.

"Seseorang dapat dikatakan mati syahid jika ia meninggal dunia disebabkan oleh wabah penyakit yang sedang melanda suatu wilayah. Sakit yang bersumber di perut, mati tenggelam, tertimpa bangunan, atau mati pada saat perang menegakkan agama," kata anggota komisi tersebut, Mustafa Yakub, di masjid Al Azhar Jakarta, Selasa.

Dikatakannya, jika ada seseorang yang mati karena salah satu sebab tersebut, maka sebagai umat Islam mempunyai empat kewajiban yang harus dilakukan, yaitu memandikan jenazahnya, mengkafani, menyolatkan dan menguburkannya.

Namun hingga empat hari setelah bencana gempa bumi itu terjadi, banyak mayat yang belum mendapatkan perawatan yang layak mereka terima. "Banyak sekali mayat yang sudah rusak sehingga sulit untuk dimandikan apalagi dikafani," katanya.

Keadaan seperti yang terjadi di Aceh tersebut, menurut dia, termasuk dalam kondisi yang luar biasa, sehingga sulit melakukan keempat kewajiban memperlakukan jenazah yang disyariatkan dalam Islam.

"Untuk jenazah yang sudah terkubur, maka kewajiban memandikannya pun sudah gugur karena dikhawatirkan jika jenazah tersebut tetap dimandikan akan rusak, sehingga kita dibolehkan untuk langsung menguburkannya tanpa dimandikan dan dikafani," katanya.

Mengenai langkanya kain kafan di Aceh, Yakub menyatakan bahwa jika kain kafan masih tersedia maka mayat-mayat tersebut wajib dikafani. "Namun jika kain kafan tersebut sudah tidak ada lagi, maka mayat-mayat tersebut tidak wajib dikafani, cukup ditutup dengan kain sehingga auratnya tidak lagi terlihat," katanya.

Sementara itu, mengenai jenazah-jenazah yang dikuburkan secara massal, Yakub juga mengatakan bahwa hal tersebut boleh dilakukan sepanjang tetap memperhatikan sisi kemanusiaan.

"Saat mengubur, sebaiknya jenazah-jenazah tersebut dijajarkan dan bukannya ditumpuk satu dengan lainnya," ujarnya. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  Mari kita saling introspeksi diri (iqbal@fe..., 02/01/2005 03:07)
Bencana alam di Aceh ini hendaknya membuat kita mau menyadari kesalahan-kesalahan yang sering kita lakukan selama ini.
Janganlah kita yang tinggal di daerah lain merasa aman dari kemungkinan mengalami hal yang sama, sebab bencana alam bukan hanya tsunami saja.
Bagi yang tinggal di Jakarta bersyukurlah, sebab jika Allah berkehendak, tanggal 19 Desember lalu kota anda telah luluh lantak oleh tumbukan meteor. Namun syukurlah Allah masih melindungi anda semua dengan membuat meteor itu meledak di a... <9 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  udah deh pokoknya SYAYID (snayung@ya..., 01/01/2005 09:10)
salah denger kali wartawan GATRA yang mati syayid saudaranya yg ada di Aceh waktu terjadi gempa. tahu ya Ulama kok gampang banget ya ngeluarin Fatwa yang presiden wanita haram kek tahulah
 
 
spacer
  
  sahid jika ia mati karna musibah/bencana alam (ayu_tantowi80@ya..., 01/01/2005 04:31)
TRIMS untuk gatra yang mau memberikan lowongan

kolom untuk pembacanya, dan untuk MUI saya

sangat banyak trimakasih atas penyejukan rohaninya,

orang yg mati sahid karena musibah/bencana berarti

masuk ke sorga,tapi bila ia saat mati sedang

melakukan suatu maksiat, berarti ia termasuk mati apa?
 
 
spacer
  
  TIDAK USAH BERPOLEMIK MATI SAHID (008_nothing@an..., 31/12/2004 19:08)
Apa artinya sebuah MUI ? Hanya karena sebuah majelis agama teratas di Indonesia mereka sudah berani melakonkan dirinya seolah2 Allah sendiri. (Rasulullah sendiri tidak berani mengatakan seseorang itu syahid sebelum ada berita dari Allah berarti bpk mustafa yakub ini lebih dari Rasul).
Pendapat pribadi saya, bagaimanapun itu hanyalah sebuah tata tertib kehidupan sebuah agama, orang2 yg di tempat musibah lebih tahu apa yang mesti dilakukan karena merasakan sendiri dan bisa mempertimbangkan apa yg... <1450 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  dalil &kenyataan, teori dan praktek (busutuk@ya..., 31/12/2004 13:37)
Bapa MUI...setelah saya baca artikelnya di Gatra...memang dalil anda menyejukan umat manusia yang sedang diterpa bencana, tapi dari dalil anda... ada satu kewajiban yang anda rada sedikit meleset dalam pelaksanaannya yaitu "saat kewajiban untuk menguburnya".
Kalo saya lihat di media tv pada saat penguburan tidak dilaksanakan dengan sempurna yaitu jenazah dibariskan/dijajarkan, malah ini pakai alat berat...khan jadi bertumpuk-tumpuk...kali bisa tolong anggota MUI datang ke lokasi dan beritahu ke... <110 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  Korban bom apakah juga mati sahid ? (jeli_boy@ya..., 31/12/2004 11:00)
Para penjahat, maling, perampok, pembunuh, koropsi, pemerkosa dan para GAM dll yang mati di aceh juga mati sahid ? kalo mati sahid berarti orang2 yang mati karena bom juga mati sahid. Saya kira jangan takaburlah, mari bersikap lebih dewasa dan bijaksana dan jangan terlalu berlebihan.
 
 
spacer
  
  Cobaan atau azab (handa_cakra@ya..., 31/12/2004 04:08)
Bila bencana menimpa suatu kaum, kita tidak tahu apakah bencana itu merupakan cobaan atau azab bagi penduduk kaum tersebut.
Bila berupa cobaan, maka kaum yang sabar akan mendapat ampunan dari Allah atas dosa-dosanya.
Bila berupa azab, maka hendaklah kaum tersebut bertobat kepada Allah atas dosa-dosanya.
 
 
spacer
  
  mati syahid (jund-pf@pl..., 31/12/2004 02:37)
untuk pak manullang anda muslim apa bukan ya..setahu saya memang org yang matinya tergelam itu syahit, mati karna tsunami memang tidak di sebutkan tapi mati kerena tenggelam kalo anda muslim tolong pelajari di alquran atau kitab tapi kalo non muslim...wallahua'lam
 
 
spacer
  
  Syahid jika ia muslim (wekamuni@ya..., 31/12/2004 00:58)
terimakasih pada gatra, konfirmasi berita pada MUI menunjukkan netralitas pandapat GATRA. Salut dan tambah maju GATRA. Dalam pengajian Ustad wijanarko tadi pagi di Transtv, beliau menambahkan jika ia dalam niatan baik muslim yang meninggal karena bencana syahid, tetapi sebaliknya. Semoga Allah SWT selalu melindungi dan memberkahi umat islam indonesia dan dunia.
 
 
spacer
  
  MUI asaaaaal....... (berrisik@ya..., 30/12/2004 22:49)
Lagi ada bencana begini kog sempat2nya bikin dalil, mending cari bantuan. Jangan munafik lah, kita semua tahu Aceh ladang ganja & daerah konflik. Perkara yg mati mo masuk sorga ato neraka bukan urusan MUI tp Tuhan. Rakyat jangan mau dirusak MUI!!!
 
 
spacer
   
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 01 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer