spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
SUMATERA
spacer
 
Korban Tsunami
Ribuan Mayat Membusuk

Banda Aceh, 28 Desember 2004 16:52
Tenaga sukarewan yang mengevakuasi korban tewas gempa tektonik dan gelombang pasang (tsunami) di sekitar pantai Banda Aceh, sangat terbatas. Demikian juga kantong-kantong plastik pembungkus mayat. Ribuan mayat yang dijejerkan di Simpang Lambaro dan Masjid Raya Baiturahman mulai membusuk.

Beberapa petugas dari PMI, dari Kodam Iskandar Muda dan Polda NAD serta berbagai organisasi sosial yang yang telah bekerja keras siang-malam mengevakuasi korban tewas dari berbagai lokasi, mengakui tenaga mereka sangat terbatas dan banyak korban yang belum bisa dievakuasi karena berada di kawasan berlumpur yang dalamnya mencapai sekitar dua meter.

Wartawan Antara Simon Pramono sejak Senin malam hingga Selasa menjelang sore, masih melihat tumpukan ratusan mayat di simpang Lambaro Aceh Besar yang sudah membusuk. Sementara petugas dari PMI, Polri dan TNI-AD, menggunakan alat berat, melakukan penguburan massal ratusan korban yang berada di satu kawasan pinggir jalan menuju Bandara Blang Bintang.

Upaya evakuasi juga terganggu akibat kendaraaan untuk mengangkut para korban kehabisan bahan bakar, yang mulai sulit ditemukan di Kota Banda Aceh. Namun kendaraan dari luar banda Aceh seperti dari Idi, Langsa dan Bireun terlihat hilir-mudik mengangkut jenazah korban untuk dikebumikan di kampung halaman mereka.

Sementara suasana haru terlihat dimana-mana, terutama di Bandara Blang Bintang. Ratusan penumpang pesawat dari Medan dan Jakarta umumnya datang ke Banda Aceh untuk melihat dan mengetahui nasib keluarganya. Tetapi begitu mendengar keluarganya banyak hilang mereka pun langsung berteriak-teriak histeris, demikian juga masyarakat yang datang dari beberapa daerah banyak yang belum ketemu dengan keluarganya.

"Seribu sukarelawan pun didatangkan untuk mengevakuasi korban tampaknya masih kurang, karena selain banyaknya jumlah korban, juga peralatan yang terbatas untuk menjangkau daerah-daerah yang masih rawan, seperti pinggir pantai yang berlumpur cukup dalam," tutur salah seorang petugas pencari dan penyelamat. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  aceh dukamu tiada habis2 nya (anditoto, 02/01/2005 04:55)
dari zaman penjajahan dan sampai zaman kemerdekaan , dan sekarang engkau telah menerima penderitaan yg sangat dalam apakah ini suatu cobaan apa suatu hukuman dari yang maha kuasa, aceh namamu selalu menjadi buah bibir dari nama2 daerah lain , tapi bukan nama buah yg manis bagaikan anggur dan buah2 lainya,semoga aceh tetap tabah dalam menghadapi semua masalah dan bencana, anggaplah ini hanyalah ujian dari yang maha kuasa , kelak namamu akan manis semanis rambutan aceh , dan seluruh rakyatmu akan ... <75 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  Sukarelawan (andri_yusuf2003@ya..., 02/01/2005 01:48)
Saya sangat berduka atas peristiwa di Aceh & Sumatera Utara. Untuk itu saya ingin menawarkan diri untuk menjadi anggota relawan. mohon untuk dapat menghubungi saya di 0815 1016 1660. Demikian komentarnya dan saya tunggu kabar baiknya dari Gatra.com. Sekian dan terima kasih.
 
 
spacer
  
  Segera diambil keputusan. (wijaya_adi@ho..., 01/01/2005 02:38)
Seharusnya pemerintah segera mengambil keputusan untuk membakar mayat2 tsb. Daripada nantinya menyebarkan penyakit dan mengambil korban lebih banyak lagi. MUI jangan menghalang-halangi lagi, ini demi kepentingan umum.
 
 
spacer
  
  Jalan Darat Medan Banda Aceh (andi_milo@ho..., 31/12/2004 04:05)
Sejak Minggu yang lalu masyarakat medan banyak yang ingin turun ke aceh membantu evakuasi korban, namun aceh lumpuh total. Jalan darat terputus karena tertimpa pohon kayu besar, sehingga satu-satunya jalan adalah via udara..inipun terbatas jumlahnya relawan yang dapat diangkut ke aceh, oleh sebab itu pemerintah harus memprioritaskan perbaikan angkutan darat ke aceh dengan segera. agar mudah menurunkan bantuan dari Sumut untuk mengurus para jenazah .
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 01 January 2005 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdotdotdotdot1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer