spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Bandara Iskandar Muda Aceh Diminta Beroperasi 24 Jam

Jakarta, 28 Desember 2004 21:16
Pemerintah meminta pengelola Bandara Sultan Iskandar Muda di Banda Aceh untuk beroperasi selama 24 jam guna mengoptimalkan upaya bantuan ke Bumi Serambi Mekah pasca gempa tektonik 6,8 skala richter (SR).

"Bandara diminta operasi 24 jam sejak hari ini, meski dengan cara `on request`. Artinya, pukul berapa pun selama masih ada yang mau masuk (pesawat, red), dia harus tetap beroperasi," kata Menteri Perhubungan Hatta Rajasa menjawab pers di Jakarta, Selasa.

Menurut Hatta, hal ini diperlukan sebab bandara itu akan menjadi tumpuan utama bagi upaya penyelamatan dan pemberian bantuan bagi masyarakat korban gempa dan tsunami yang saat ini mencapai ribuan jiwa.

"Sejumlah maskapai penerbangan siap beroperasi ke dan dari Aceh dan memang kita permudah, termasuk untuk penerbangan asing yang siap memberi bantuan ke Aceh," katanya.

Namun, Hatta meminta pihak lain seperti Pertamina untuk tetap memberikan pasokan BBM, khususnya solar, ke Bandara Iskandar Muda karena sampai saat ini pasokan listrik masih belum maksimal.

Bantuan asing Pada bagian lain, Hatta menjelaskan, sejumlah negara telah menyatakan komitmennya untuk memberikan bantuan logistik seperti Australia, Malaysia, Singapura, dan lainnya.

"Bahkan Singapura juga siap memberikan bantuan, termasuk dua helikopter untuk kepentingan evakuasi dan lainnya," kata Hatta.

Sementara itu, terkait dengan upaya memulihkan jaringan telekomunikasi, pihaknya telah memerintahkan PT Telkom agar menyelesaikannya dalam satu minggu ini.

"Perintah ini hanya untuk pemulihan di Banda Aceh dan beberapa kawasan di sekitarnya," katanya.

Kemudian, PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), telah menyanggupi untuk membantu pengadaan 175 pesawat telepon satelit yang diperkuat dengan bantuan energi tenaga surya sebanyak 10 unit.

"Alat telekomunikasi ini akan sangat bermanfaat untuk membantu pemantauan dan monitoring lainnya antar kabupaten dan beberapa kawasan di Banda Aceh," kata Hatta. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  jadi sukarelawan (albertmahendra@ya..., 31/12/2004 04:33)
Ini satu teguran untuk kita agar saling bersatu dan tak lagi perseteruan antar bangsa , mungkin ini jalan terbaik yang diberikan oleh Maha pencipta Alam ini, agar senantiasa selalu damai dan sejahtera,cobalah bila kita yang berada disana,apa yang kita rasakan mungkin sama deritanya dengan mereka , ayolah bangsaku bersatulah dan jauh sikapi sok,dan sikap mau menang sendiri marilah bersatulah , guna meringkan beban saudara kita,ayo sekali lagi angkat dahimu angkat lenganmu,dan bantulah saudaramu,j... <364 huruf lagi>
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 28 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer