spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
TNI Bangun Pusat Informasi Bencana Tsunami Aceh

Banda Aceh, 28 Desember 2004 21:06
Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Markas Besar (Mabes) TNI Mayjen Sjafrie Sjamsoeddin mengatakan, TNI segera membangun pusat informasi di Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, untuk memudahkan masyarakat dan aparat berkoordinasi dalam evakuasi dan pendistribusian logistik.

"Melalui pusat informasi ini, kami akan mudah memantau situasi di lapangan dan masyarakat dapat memanfaatkannya untuk mengetahui kondisi daerah dan keberadaan keluarganya," katanya, di Bandara Sultan Iskandar Muda di Banda Aceh, Selasa.

Ia mengatakan, sejumlah peralatan komunikasi seperti parabola dan telepon satelit telah tiba bersama sejumlah bantuan kemanusiaan TNI yang diangkut mengggunakan pesawat Hercules.

Pembangunan pusat informasi itu segera dilakukan agar dapat dimanfaatkan maksimal bagi upaya penyelamatan dan evakuasi korban serta mayat-mayat yang masih berserakan di hampir setiap sudut kota Banda Aceh.

Selain, peralatan komunikasi TNI juga memberikan bantuan berupa 120 ribu kaleng ransum dan tempat tidur untuk para pengungsi. Kodam Iskandar Muda juga memberikan tambahan dua unit kendaraan truk untuk mengangkut mayat-mayat yang masih belum dievakuasi serta pendistribusian bahan-bahan pokok yang diperlukan pengungsi.

"Tidak itu saja, kami juga telah mendatangkan sepuluh unit ambulans dari Medan, untuk memudahkan evakuasi korban dan mayat yang belum sempat dievakuasi," kata Sjafrie.

Ia mengatakan, TNI akan berupaya maksimal mungkin untuk mengevakuasi korban dan mayat di Kota Banda Aceh dan sekitarnya dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada semisal truk dan mobil pick up.

"Bencana ini juga telah menyebabkan sebagian peralatan, sarana kami hilang. Jadi, sambil menunggu bantuan kami manfaatkan sarana yang ada," kata Sjafrie.

Komandan Pangkalan Udara Sultan Iskandar Muda Letkol Pnb Achmad Sajili mengatakan, pusat informasi itu segera dibuat agar bisa langsung dimanfaatkan aparat guna berkoordinasi dan masyarakat untuk mengetahui kondisi daerah tempat tinggalnya.

"Pusat informasi itu, kami bangun di samping Base Ops Lanud Sultan Iskandar Muda," katanya, seraya menambahkan pihaknya telah menambah satu truk Pasukan Khas (Paskhas) TNI-Angkatan Udara untuk mengevakuasi korban dan mayat, serta distribusi bantuan kemanusiaan.

Dengan fasilitas stasiun bumi kecil itu, maka upaya penyelamatan dan pendistribusian logistik dan bantuan kemanusiaan akan lebih optimal, kata Achmad. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  Mengenang Sejarah Gelombang Tsunami Aceh (om_benz@ya..., 03/01/2005 03:46)
Team penanggulangan bencana Aceh dan Sumatra Utara yth, Saya mengusulkan agar semua kapal laut yg terdampar di tengah kota Banda Aceh maupun kota lainnya akibat gelombang tsunami dipertahankan ditempatnya sebagai monumen dan utk mengenang sejarah dahsyatnya bencana gempa dan gelombang tsunami yg terjadi kepada generasi muda rakyat aceh dan indonesia yg akan datang khusunya dan dunia pada umumnya. Hal ini serupa juga yg dilakukan oleh pemerintah jepang yg tetap mempertahankan bangunan yg rusak ... <115 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  yusuf kalla banyak ngomong (izzer4972@ya..., 31/12/2004 05:17)
pada musibah terjadi hari kedua masih banyak rakyat aceh yang bisa tertolong tapi pemerintah tidak mau terima bantuan dari pihak asing,yusuf kalla dengan pd nya kita saja dulu,dia tidak tahu kalo bencana di aceh super dasyat,pihak asing saja sudah tahu,akhirnya bantuan tertunda tunda,untuk pemerintah uang sumbangan jangan di maling seperti yang sudah sudah
 
 
spacer
  
  Akhirnya TNI bergerak juga …. (papa_hari@ya..., 29/12/2004 22:36)
Lega rasanya mendengar bahwa akhirnya dengan membentuk “pusat informasi”, TNI bergerak turut mengatasi kesulitan saudara-saudara kita di Aceh. Memang harus diakui bahwa kelompok aparat negara yang memiliki kelengkapan sarana adalah TNI. Jika demikian halnya apakah bukan sudah waktunya TNI bukan hanya memiliki pasukan khusus dan gerak cepat yang bertugas memerangi musuh-musuh bangsa dan negara, tetapi juga membentuk pasukan khusus gerak cepat, terdiri dari unsur darat, laut dan udara, yang dalam ... <917 huruf lagi>
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 28 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer