spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Korban Tsunami
Pak Ud: Jenazah Busuk Tak Perlu Dimandikan

Surabaya, 28 Desember 2004 18:00
Tokoh senior NU KH Yusuf Hasyim (Pak Ud) menegaskan, ribuan jenazah korban gempa dan tsunami di Aceh, Sumatera Utara, dan sekitarnya, yang sudah rusak (membusuk) tak perlu dimandikan, tapi langsung dimakamkan.

"Untuk pemakaman juga tidak perlu harus satu-satu, tapi ratusan atau ribuan orang cukup dibuat berjajar dalam satu liang, asalkan tidak ditumpuk. Karena yang penting jenazah itu menyentuh bumi," katanya kepada Antara di Surabaya, Selasa.

Pengasuh Pesantren Tebuireng, Jombang, Jatim itu mengemukakan hal itu ketika ditanya tentang upaya penanganan korban Aceh dari sudut pandang Islam, khususnya terkait pemakaman korban yang sudah membusuk dan jumlahnya berkisar 10.000 mayat.

"Jadi, ribuan jenazah yang ada harus dibuatkan satu liang, kemudian dikuburkan bersamaan secara berjajar, bukan ditumpuk, karena kalau ditumpuk, tidak menyentuh bumi," katanya.

Secara terpisah, Sekretaris PWNU Jatim H Masyhudi Muchtar menyatakan PWNU Jatim sudah melakukan rapat membahas masalah itu dan pengurus cabang NU se-Jatim sudah diinstruksikan untuk mengumpulkan bantuan.

"Tapi, penyalurannya tidak akan kami berikan langsung ke Aceh, melainkan akan disetorkan ke Bagian Kesra Pemprop Jatim yang menghimpun dana se-Jatim dan selanjutnya diteruskan ke Aceh," katanya.

Ia mengatakan bantuan yang disalurkan itu bukan berupa uang, melainkan barang, diantaranya pakaian bekas layak pakai, bahan bangunan, mie instan, dan sejenisnya.

"Kami mendengar PBNU juga sudah melakukan pengumpulan dana, bahkan kami mendengar Ketua Umum PBNU KH Drs A Hasyim Muzadi berencana ke Aceh dalam 1-2 hari ini," katanya.

Namun, katanya, pihaknya tetap menyalurkan bantuan melalui Bagian Kesra Pemprop Jatim, bukan PBNU, sebab Bagian Kesra Pemprop Jatim juga mengumpulkan bantuan dari berbagai komponen masyarakat Jatim, termasuk ormas yang akan disalurkan secara bersama-sama. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 28 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer