spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Wapres Perintahkan KRI Sibolga Evakuasi Jenazah dari Meulaboh

Medan, 28 Desember 2004 16:12
Wakil Presiden Jusuf Kalla memerintahkan KRI Sibolga yang bersandar di pelabuhan Sibolga, Sumatera Utara, untuk segera berangkat ke kota Meulaboh di pesisir selatan Aceh guna meninjau situasi di ibukota Kabupatan Aceh Barat itu yang sudah tidak ada tanda-tanda kehidupan.

Instruksi tersebut, sebagaimana dilaporkan wartawan Antara Budi Setiawanto dari Medan, Kamis, dikeluarkan Kalla usai ia dan rombongan tiba kembali di Medan, Senin, setelah memantau lewat udara sejumlah daerah yang terkena gempa dan gelombang pasang di Meulaboh dan daerah-daerah sekitarnya.

Kota Meulaboh berpenduduk sekitar 40 ribu jiwa, sedangkan penduduk Aceh Barat seluruhnya berjumlah sekitar 195 ribu jiwa.

Kalla, yang juga Kepala Badan Koordinasi Nasional untuk Penanggulangan Bencana Alam dan Pengungsi (PBP), Senin (27/12) pagi melakukan pemantauan menggunakan pesawat Boeing-737 Mission Console milik TNI-AU terhadap daerah seputar Meulaboh dan Pulau Semeleu di NAD, juga terhadap Pulau Nias, di Propinsi Sumut. Di atas Pulau Simelue pemantauan sempat dilakukan sebanyak dua kali putaran.

Melihat situasi Meulaboh yang terlihat tidak ada tanda-tanda kehidupan dan semua bangunan rusak parah, Kalla meminta KRI Sibolga segera merapat ke Meulaboh untuk memastikan jumlah korban, serta mengupayakan evakuasi jenazah yang belum tertangani.

Sementara itu, Penjabat Ketua Umum Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Tifatul Sembiring mengatakan, jalur komunikasi dari dan menuju Meulaboh benar-benar terputus.

Ia melihat bahwa masalah utama yang saat ini dihadapi adalah bagaimana mengevakuasi jenazah yang masih berserakan di jalan-jalan untuk diangkut dan segera dikuburkan.

Sembiring memperkirakan, karena jalur komunikasi yang terputus, proses evakuasi jenazah akan mengalami kesulitan.

Ia menggambarkan, kalaupun 10 ribu sukarelawan dikerahkan, evakuasi jenazah baru dapat diselesaikan paling cepat dalam waktu satu minggu.

Mengenai nasib ribuan jenazah yang diangkut dari beberapa tempat di Banda Aceh dan kini menumpuk di pinggir jalan sepanjang 500 meter di wilayah Lambaro, 25 km arah Barat Banda Aceh, jenazah akan dimakamkan secara massal.

Pemda setempat telah menyiapkan satu lubang besar di Aceh Besar, yang tidak jauh dari Kecamatan Lambaro, untuk menguburkan jenazah-jenazah tersebut. Wapres Jusuf Kalla dan rombongan pada Senin siang meninggalkan Medan untuk kembali ke Jakarta, sementara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan tiba di Medan pada Senin sore setelah mengunjungi Lhokseumawe dan Banda Aceh.

Belum diketahui nasibnya
Sementara itu, puluhan ribu warga di Ulele di dekat Banda Aceh, juga belum diketahui nasibnya.

Ulele adalah kota pelabuhan di Banda Aceh, yang sehari-harinya ramai dengan kegiatan ekonomi karena menjadi salah satu titik penting lalu lintas perdagangan dari Aceh ke Sabang dan sebaliknya.

Kota kecil tersebut padat penduduk. Jumlahnya diperkirakan sekitar 40.000 orang.

Di Medan, arus pengungsi besar-besaran dari wilayah-wilayah di propinsi NAD masih berlangsung.

Sepanjang Senin pagi hingga siang, setidaknya sudah dua rombongan besar pengungsi --masing-masing berjumlah ratusan tiba di Medan dari Aceh.

Mereka diangkut dengan menggunakan pesawat Hercules.

Banyak di antara warga Aceh yang mengungsi merasa khawatir kemungkinan gempa susulan akan terjadi di NAD, karena itu mereka berupaya menyelamatkan diri dengan meninggalkan Aceh.

Di propinsi Aceh sendiri, kegiatan pengungsian masih terlihat di berbagai tempat.

Banyak penduduk Aceh yang bahkan pergi ke hutan-hutan untuk mengungsi. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 28 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer