spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Kala Ombak Gulung Tanah Rencong

Kerusakan di Dekat Masjid Baiturrahman (Yahoo! News/REUTERS/Beawiharta)MINGGU pagi yang cerah, warga Banda Aceh tengah melakukan aktivitas rutinnya. Ada yang belanja ke pasar, tak sedikit yang melakukan olahraga senam di lapangan Blang Padang. Sekitar 08.10 WIB, tiba-tiba bumi berguncang keras. Warga pun menghentikan kegiatannya dan menyelamatkan diri. Mereka yang berada di dalam gedung serentak ke luar, karena takut tertimpa reruntuhan. Namun di luar ruangan, tanpa mereka sadari, bencana yang lebih hebat menunggu mereka: gelombang pasang sebagai akibat dari gempa bumi.

Ibukota Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) yang berada di pinggir pantai itu, dalam tempo singkat disapu gelombang pasang --yang dalam bahasa Jepang disebut tsunami, dengan kecepatan hingga 800 kilometer/jam! Akibatnya sungguh dahsyat. Dalam tempo singkat, seisi kota berpenduduk 300 ribu jiwa di "Tanah Rencong" itu pun porak-poranda disapu gelombang setinggi 2 sampai 4 meter hingga 5 kilometer ke daratan.

Korban pun bergelimpangan. Di jalanan, di rumah-rumah, di pinggiran sungai dan di bawah gundukan-gundukan barang-barang milik warga yang tersapu ombak. Sementara, mereka yang berhasil selamat, dicekam kekalutan luar biasa. Mereka yang kehilangan sanak saudaranya, kebingungan mencari ke sana ke mari. Tak sedikit di antara warga yang menangis histeris menangisi kepergian orang yang mereka cintai.

Menurut seorang warga Banda Aceh bernama Muhammad Ali kepada acehkita.com, situasi di kota itu sungguh memprihatinkan. Ali, yang berada di Simpang Surabaya, Kota Banda Aceh itu mengisahkan, hari Minggu siang (26/12), banyak jenazah bergelimpangan di jalan. Namun Senin pagi, jenazah-jenazah itu sebagian sudah dievakuasi keluarganya masing-masing, setelah dikumpulkan di masjid-masjid.

“Saya yakin, 2.000 jenazah yang sudah dievakuasi. Saya sendiri mengangkat 100 mayat kemarin,” kata Ali kepada acehkita melalui telepon satelit.

Korban Tsunami di Banda Aceh (Yahoo! News/REUTERS/Beawiharta)Menurut Ali, jenazah kebanyakan berada di sekitar Lapangan Blang Padang, yang terdapat di jantung kota berusia 799 tahun itu. Ini dimungkinkan, karena hari Minggu, lokasi itu dipakai kegiatan senam pagi rutin yang melibatkan banyak orang. Di lokasi itu pula, Ali melihat sejumlah korban tewas berada dalam mobil, setelah disapu air bah.

“Saya perkirakan, korban di situ ada 300 orang,” katanya.

Selain di Blang Padang, menurut Ali, situasi buruk juga terjadi di pesisir Ulee Lheue, Kecamatan Meuraxa. Hari itu banyak warga yang sedang liburan ke pantai. “Di sana juga saya perkirakan ada 300 jenazah,” ujarnya.

Menurut Menteri Negara Komunikasi dan Informasi Sofjan Djalil, yang menyertai kunjungan Wapres Jusuf Kalla ke lokasi musibah di Banda Aceh, kepada Metro TV mengatakan bahwa, Masjid Raya Baiturrahman yang tepat di jantung kota itu, tak luput dari amukan tsunami. Bagian menara masjid bersejarah itu dilaporkan mengalami kerusakan.

Kecamatan-kecamatan di Banda Aceh yang diduga dalam kondisi parah, masing-masing Kecamatan Kutaraja dan Syiah Kuala. Sementara itu, lalu lintas dalam Kota Banda Aceh masih belum normal, karena banyaknya genangan air, lumpur, dan batang-batang kayu serta barang-barang milik warga --termasuk mobil-mobil yang terguling.

Masjid Baiturrahman, kantor DPRD Provinsi NAD, emperan pertokoan di Simpang Surabaya, serta Rumah Sakit Kesdam dijadikan lokasi pengungsian warga, sekaligus tempat menyimpan sementara jenazah. Sementara RS Zainoel Abidin, sampai pagi ini masih digenangi air.

Muhammad Ali mengisahkan, ia sendiri menjadi saksi mata, gelombang pasang yang dahsyat menyapu pusat kota Banda Aceh, beberapa saat setelah gempa bumi tektonik --yang menurut Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) berkekuatan 6,8 Skala Richter.

Pencarian Korban Tsunami di Banda Aceh (Yahoo! News/REUTERS/Beawiharta)Di daerah Lam Paseh, rumah-rumah warga sampai rata dengan tanah. Ali mengaku turut membantu mengevakuasi para korban di lokasi tersebut.

“Saya mengambil satu mayat, dan saya melihat mayat lainnya bertimbunan,” katanya.

Di Simpang Lima, Pasar Swalayan Pante Pirak tak luput dari amukan air bah. Pusat perbelanjaan itu terletak persis di samping Krueng (Sungai) Aceh. Saking dahsyatnya gulungan ombak itu, Ali melihat ada tiga unit truk Reo (truk militer beroda 10) tersangkut di atas toko di Jalan Muhammad Jam.

Lebih 5.000 tewas
Hingga pukul 18.00 WIB Senin sore (27/12), dilaporkan korban tewas di Provinsi NAD mencapai 5.528 orang. Dari jumlah korban tewas tersebut, paling banyak di Kota Banda Aceh, yakni 3.000 orang. Di Aceh Utara, korban tewas 1.559 orang. Sedangkan korban meninggal lainnya, tersebar di Bireuen (132 orang), Pidie (645 orang), Lhokseumawe (157 orang), dan Aceh Timur (35 orang). Hingga kini, belum diperoleh data dari Kabupaten Aceh Barat, Pulau Simeulue -- yang merupakan daerah terdekat dengan pusat gempa-- karena jaringan komunikasi ke daerah itu putus total. Sementara itu, jaringan komunikasi dengan Kota Banda Aceh, Aceh Besar dan Pidie, hingga kini juga terputus. Komunikasi hanya bisa dilakukan menggunakan telepon satelit.

Selain wilayah Aceh, yang dijuluki "Serambi Mekkah" ini, tsunami juga melanda daerah Sumatera Utara (Sumut), mengakibatkan korban tewas di Kabupaten Kepulauan Nias sebanyak 122 orang, Pantai Cermin delapan orang, dan Kabupaten Tapanuli Tengah satu orang.

Dilaporkan pula, badai tsunami itu juga merenggut nyawa 45 orang anggota keluarga TNI/Polri, terdiri dari 18 istri TNI/Polri, 25 orang anak TNI/Polri dan dua orang mertua TNI/Polri. Sedangkan anggota TNI yang tewas dalam bencana alam ini, menurut data yang dilansir Panglima TNI Jendral TNI Endriartono Sutarto, sebanyak 377 personel. Sebanyak 19 personel di antaranya berasal dari satuan organik Kodam Iskandar Muda dan satuan penugasan dari Yonif-744 dan Yonif Marinir, 180 personel tewas dari satu kompi Kodam Iskandar Muda yang sedang berlatih di Ulee Gle, Pidie.

Abdullah Puteh; Saat Memimpin Doa Bagi Para Korban Tsunami NAD Usai Sidang di Jakarta (GATRA/Edward Luhukay)Mereka yang selamat dan dirawat di rumah sakit di NAD dan Sumut, sebanyak 602 orang. Mereka masing-masing dirawat di RS Cut Meutia Lhokseumawe (95 orang), RS PMI Lhokseumawe (157 orang), RSUD Biereun (296 orang), RSU Langsa (51 orang), RSU Melati Perbaungan (dua orang), dan RS Lubuk Pakam (satu orang).

Jumlah pengungsi yang terdata saat ini mencapai 15.000 orang, terbagi di 35 titik di kedua provinsi.

Departemen Kesehatan (Depkes) saat ini berupaya mengevakuasi korban yang meninggal maupun luka-luka untuk dibawa ke rumah sakit terdekat, membuka Posko kesehatan 24 jam, memberikan rawat inap dan rawat jalan, melakukan koordinasi dengan lintas sektoral.

Selain itu, Depkes juga telah mengirim bantuan obat-obatan sebanyak 10 ton, dan Selasa (28/12) akan dikirim lagi empat ton plus puluhan tenaga medis.

Sementara itu, Gubernur NAD Abdullah Puteh, yang tengah menghadapi persidangan kasus korupsi pembelian helikopter MI-2 di Pengadilan Tipikor Jakarta, meminta izin pada hakim untuk memimpin doa bersama bagi para korban tsunami di tanah kelahirannya.

Tian Arief/Antara

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
BERITA TERKAIT  
spacer
 
terkait, $ID); ?>
 
spacer spacer  
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  kuasa Tuhan (hqsmail@ya..., 31/12/2004 04:19)
semua kejadian di muka bumi adalah kehendak Tuhan yang agung, tak ada manusia yang mampu untuk menghalangi kuasa Tuhan, kepadanyalah kembalinya segala urusan, marilah kita bersujud mohon ampun atas segala dosa kita, berdo'a meminta pertolonganNYA.
 
 
spacer
  
  Mengapa harus Aceh? (meimey_73@ya..., 30/12/2004 23:13)
Mengapa Aceh mengalami bencana alam terbesar dalam sejarah bencana alam di Indonesia? Mengapa tanah rencong yang disebut dengan serambi mekkah dimana 99% warganya adalah muslim ini mengalami bencana mengerikan yang menewaskan puluhan ribu orang Aceh? Jawabannya : Tuhan sudah cukup sabar melihat begitu banyak umatNya yang teraniaya, dibom, ditembak, beribadah dengan rasa takut yang tak kunjung berakhir. Begitu banyak darah umatNya yang tertumpah karena rasa fanatisme yang berlebihan, begitu banya... <492 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  Innalillahi wainna ilaihi roziun astagfirullah hal"azim (noorsjamsoe_a@ba..., 30/12/2004 22:36)
Kita semua berasal dari NYA mari sama -sama kita kembalikan semua derita ini kepada NYA dan mari kita bersama-sama meminta ampun kepadaNYA semoga diberi ketabahan saudaraku - saudaraku ya ALLAH ampuni saudara2ku yang telah Engkau panggil mendahului kami sungguh kami tidak kuat menahan azabMU ya ALLAH ampuni kami Amin.
 
 
spacer
  
  turut berduka cita (mut1104@ya..., 30/12/2004 21:21)
Innalillahi Wainnailaihi rajiun, saya turut berduka cita atas bencana yang terjadi di aceh dan sekitarnya, semoga mereka yang terkena musibah khususnya masyarakat aceh tabah menghadapi segala cobaan yang datang silih berganti karena semua musibah itu merupakan rahasia Allah SWT.
 
 
spacer
  
  air mata buat saudara2 saya (far_wbm@ya..., 30/12/2004 19:44)
Pertama saya melihat berita di internet, saya menangis sejadi-jadinya. Indonesia menangis lagi... Saya berada jauh dari tanah air.sya mahasiswa al-azhar Cairo.. tidak tahan melihat musibah yang menimpa saudara-saudara saya di Indonesia. Inna lillahi wa inna ilaihi raaji'un. Semoga kita semua diberi kemudahan untuk pulih dari segala penderitaan.
Selamat jalan saudaraku, semoga kalian sekarang berada di tempat yang mulia,disisi Alloh swt. amin
 
 
spacer
  
  jatuh ditinpa tangga (pon_itam@ya..., 29/12/2004 21:28)
UCAPAN TAKZIAH KEPADA SEMUA KORBAN BENCANA TSUNAMI DI ACHEH
26 Desember 2004

Assalamualaikum wr.wb.
Innalillahi Wainna ilaihi Raji'un. Semoga arwah saudara-saudara kami yang telah meninggal dunia diterima di sisi Allah SWT.Do'a kami untuk yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kekuatan iman.
Perkara mati, bagi kita ummat Islam sudah ada dalam aturan Allah, yang tidak tergeser dari ketentuanNya, dan tidak ada hak apa pun bagi kita menentukannya, seperti apa yang Allah katakan di dalam Al-Qu... <142 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  Mereka adalah saudara kita juga, mari kita bantu! (sir_daya@ho..., 29/12/2004 13:52)
Mereka adalah saudara kita mari bantu mereka dgn segalanya tenaga, harta, doa. Mari bantu mereka dgn makanan, pakaian, obat obatan. Mari kita tunjukkan kepedulian kita terhadap mereka.

Dalam Islam saudara seiman bagaikan anggota tubuh kita bila jari kita sakit maka sakitlah seluruh badan kita.
 
 
spacer
  
  Indonesia menangis lagi (tia.rostiana@nt..., 29/12/2004 11:13)
Pertama saya melihat berita di BBC News, saya menangis sejadi-jadinya. Indonesia menangis lagi... Saya berada jauh dari tanah air... tidak tahan melihat musibah yang menimpa saudara-saudara saya di Indonesia. Inna lillahi wa inna ilaihi raaji'un. Semoga kita semua diberi kemudahan untuk pulih dari segala penderitaan.
Selamat jalan saudaraku, semoga kalian sekarang berada di tempat yang mulia.
 
 
spacer
  
  mendingan ke aceh drpd jihad ke antah berantah (muslimmunafik@ya..., 29/12/2004 10:30)
wahai para muslim yg sukanya jihad ke palestina,
yg sukanya jihad ke afganistan,
mendingan anda semua jihad ke tanah rencong aceh yang ada didepan matamu saat ini.

korbankan jiwamu dgn bantuan kesana drpd tanam bom atau bantu negara orang lain secara tidak karuan dan negara yg engkau bantupun mungkin tidak tahu dimana letak indonesiamu itu.

wahai para muslim yg suka jihad, jauhkanlah oleh karena itu sifat munafikmu itu dan mulailah yg baru demi pengampunan dosamu atas sifat merusakmu dah... <27 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  Saya ikut menangis (nawi29iwan@ya..., 29/12/2004 05:10)
Saya ikut menangis, terlebih melihat mayat bayi dan anak-anak bergelimpangan. Semoga musibah ini memberi hikmah kepada kita seluruh bangsa Indonesia untuk bersatu dan melupakan segala macam konflik yang pernah terjadi. Masih banyak hal-hal mendasar yang perlu dipecahkan bersama. Bangsa ini harus prihatin dan mawas diri.
 
 
spacer
   
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 28 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer