spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Nur Wahid: Awasi Distribusi Bantuan

Jakarta, 27 Desember 2004 16:00
Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mendesak pemerintah untuk mengawasi proses distribusi bantuan untuk korban musibah gempa bumi dan tsunami di Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darusallam (NAD).

"Banyak pihak memancing di air keruh, termasuk melakukan korupsi terhadap bantuan untuk korban bencana. Transparansi harus benar-benar diwujudkan agar rakyat percaya kepada pemerintah," katanya di Gedung MPR/DPR Jakarta, Senin.

Proses distribusi bantuan untuk korban bencana itu, katanya, akan dinilai masyarakat sekitar lokasi bencana dan juga akan dinilai langsung oleh korban bencana.

"Jika pemerintah menyalurkan secara baik, maka akan tercipta sikap percaya masyarakat kepada pemerintah," kata Nurwahid.

Karena itu, Nurwahid meminta pemerintah terbuka dan melakukan pengawasan supaya distribusi bantuan betul-betul sampai kepada korban. Setiap bantuan harus dicatat secara baik, begitu juga setiap pengiriman bantuan harus didata dan diserta bukti penerimaan.

Di posko-posko bantuan dan di lokasi penyaluran bantuan, sebaiknya ditugaskan tim auditor bantuan untuk menjamin bahwa penyaluran bantuan berlangsung sesuai kebutuhan di lapangan dan tepat sasaran, lanjutnya.

Tanpa ada pengawasan yang sangat ketat, kata Nurwahid, dikhawatirkan akan banyak bantuan yang dikorupsi di sepanjang jalur distribusi pengiriman ke lokasi bencana. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  Bukan promosi (jodohk@ya..., 31/12/2004 02:50)
mudah-mudahan ini bukan sekedar cari nama atau promosi politik belaka. yg sudah2 no action talking only
 
 
spacer
  
  Semoga diberi kesabaran (rianirasyid@ya..., 30/12/2004 13:56)
Saya turut berduka cita u/ korban Banda Aceh, semoga mereka diberi kekuatan oleh ALLAH , menerima cobaan ini.

Untuk Bapak bapak pejabat tolong dilihat musibah Banda Aceh semoga bisa diambil hikmahnya.Daripada ribut ribut soal kedudukan. Lihat kebawah masih banyak rakyat yg susah dan menderita, mereka lah yg membutuhkan pertolongan segera.

Untuk para ABRI segeralah terjun ke lapangan u/ memberikan bantuan segera.
 
 
spacer
  
  bagus pak dayat (syah_idzauddin@ya..., 29/12/2004 13:30)
budaya yang di lontarkan pak dayat memang harus di masyarakatkan sebab bangsa ini tidak akan bangun dari kemiskinannya kalau tidak diu landasi sikap seperti yang di "hidangkan" pak dayat. maju terus pak!
 
 
spacer
  
  sedihnya menjadi negara terkorup.. (antonius_andito@ya..., 29/12/2004 12:52)
Sedihnya menjadi negara terkorup adalah seperti ini...
sebab di canada semua televisi fokus bener memberitakan bahwa yang paling parah adalah India dan Srilanka....?, bahkan seolah2 yang di Indonesia cuman numpanglewat beritanya...? setelahsaya cermati ternyata ini akibat efektifitas masyarakat India dan Srilanka yang berusaha menggalang bantuan yang sebesar2nya buat negri mereka.
Kemudian saya lihat di tv staff humas konjen RI dimintai keterangan malah tidak banyak menguasai informasi..??? sa... <486 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  Salut buat Mr. Hidayat Nur Wahid (maidah@un..., 29/12/2004 05:45)
Salut dan bangga punya pemimpin seperti beliau, para koruptor yang mengambil kesempatan dalam kondisi seperti ini layaknya dihukum mati dengan cara di rajam. kalau perlu segera buat peraturannya, segera biar kapok, sudah tidak membantu malah menjarah.
 
 
spacer
  
  jangan makan hak orang susah (mtasih@op..., 29/12/2004 00:03)
Seperti biasa, tiap ada bencana, ada saja bantuan yg ditilep orang2 serakah..mungkin perlu dihimbau melalui media massa spy bangsa kita punya hati nurani, supaya semua bantuan sampai pada yg ber hak,kl perlu bantuan internasional ditangani langsung badan PBB untuk meminimalkan yg di korup.
 
 
spacer
  
  sikap ketua MPR (pancet_wingi@ya..., 28/12/2004 06:27)
Tampaknya tambah mantap saja Pak Hidayat ini. Rasanya tambah yakin bahwa beliaulah pemimpin masa depan yang bisa mengentaskan Indonesiaku dari keterpurukan. Angkat topi Pak Hidayat.
 
 
spacer
  
  Pengerahan dan penyaluran bantuan bencana alam dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) (papa_hari@ya..., 28/12/2004 05:55)
Yang saya lihat ditayangan TV luar negeri, dibelahan dunia manapun, dimana ada bencana alam disitu terlihat dengan sigap para tentara beraksi baik sebagai tim SAR, pelaksanaan pembersihan dan perbaikan jembatan dan jalan-jalan serta pembangunan tenda-tenda sementara tempat berteduh para penderita musibah, demikian halnya membantu mengkoordinasi pengangkutan dan distribusi bantuan kepada mereka. Mereka berseragam lengkap pakaian dinas masing-masing angkatan. Kalau diteliti sebetulnya memang tugas... <1136 huruf lagi>
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 28 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer