spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Telkom Upayakan Telepon di NAD Pulih Senin Sore

Bandung, 27 Desember 2004 14:30
PT Telkom mengupayakan hubungan komunikasi telepon di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), yang terputus sejak Minggu (26/12), akibat gempa bumi 6,8 SR dan tsunami, pulih kembali Senin sore ini.

"Tidak kurang 45.318 Satuan Sambungan Telepon (SST) yang berada di wilayah NAD tersebut terputus sehubungan lima Sentral Telepon Otomat (STO) dan satu sentral di Samalanga terhenti pengoperasiannya karena Genset dan Rectifier terendam oleh air," kata Head Of Corporate Communications PT Telkom Mundarwiyarso di Bandung, Senin.

Ia mengatakan, akibat dari terendamnya lima STO dan satu sentral di Samalanga, dan ditambah pula matinya listrik milik PLN, tidak memungkinkan hubungan komunikasi telepon dapat dilakukan, sehingga komunikasi dari maupun keluar Banda Aceh tidak jalan.

Untuk mengatasi agar komunikasi khususnya bagi lokasi-lokasi strategis seperti di Kantor Polisi Daerah (Polda), Kantor Komando Daerah Militer (Kodam) dan Kantor Pemerintah Propinsi setempat, PT Telkom mengupayakan untuk menghidupkan VSAT dengan mengirimkan perangkat mobile up link dari Kota Medan.

Menurut Mundar, menjadi penyebab putusnya hubungan komunikasi di NAD tersebut karena tidak adanya listrik yang dapat menghidupkan sentral telepon sebagai penghubung antar saluran telepon di tiap-tiap pelanggan.

"Posisi sentral telepon otomat sebenarnya aman, hanya saja tidak ada listrik yang dapat mengoperasikan sentral tersebut akibat dari genset dan rectifiernya terendam air. Mudah-mudahan sore nanti sudah dapat dipulihkan kembali gencet dan rectifier tersebut," katanya.

Menyinggung tentang kerusakan sarana dan prasarana milik PT Telkom yang rusak akibat gempa dan gelombang tsunami yang merendam sejumlah sentral telepon, ia mengatakan, akan secepatnya diperbaiki kembali.

"Kita belum bisa memperkirakan berapa kerugian yang dialami PT Telkom akibat gempa tersebut, namun kita tidak memikirkan kerugian tersebut karena ini bencana alam nasional dan kita harus bertanggungjawab untuk dapat memulihkan kembali sarana komunikasi tersebut," ujarnya.

Mengenai sarana komunikasi lainnya seperti Telkom Flexi yang tidak menggunakan saluran kabel, Mundar mengatakan, alat komunikasi tersebut bisa saja terhubung sepanjang baterenya masih berfungsi.

"Sekarang untuk mengisi batere dari telepon dengan menggunakan flexi tersebut dari mana, karena listriknya mati. Jadi, tetap saja tidak bisa terhubungi," katanya.

Dalam musibah gempa di NAD yang menewaskan lebih dari 4.000 orang itu, Mundar melaporkan, dari jumlah tersebut terdapat sekitar 14 karyawan PT Telkom yang meninggal karena tertimpa reruntuhan bangunan.

"Kami keluarga besar PT Telkom turut berduka cita terhadap meninggalnya karyawan Telkom di NAD," katanya.

Kepada pelanggan Telkom di NAD, ia atas nama seluruh manajemen Telkom Group memohon maaf atas terjadinya gangguan telekomunikasi disana, dan berupaya untuk memulihkan kembali yang diperkirakan pada Senin sore ini. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 28 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer