spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Musibah Tsunami
Keluarga Resah Sulit Hubungi Aceh

Jakarta, 27 Desember 2004 13:38
Berbagai keluhan dan kekhawatiran disampaikan banyak keluarga masyarakat Aceh dan Sumatera Utara yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya seiring dengan terputusnya saluran komunikasi, terutama di Propinsi Nanggroe Aceh Darusallam (NAD), akibat bencana gempa bumi dan gelombang tsunami pada Minggu (26/12).

Kantor Berita Antara sepanjang hari Senin, melalui telepon, menerima berbagai pertanyaan dan kekhawatiran keluarga masyarakat Aceh yang ada di Jakarta. Mereka bertanya mengenai situasi di sana, terutama karena keluarganya berada di sana.

"Kami sangat kesulitan menghubungi keluarga yang ada di Aceh," kata Heidy, seorang warga Ibukota. Dia telah menghubungi dengan berbagai cara, namun tidak berhasil.

Dia juga berusaha dengan cara menggunakan telepon satelit, namun tidak mengetahui bagaimana prosedur penggunaan telepon dengan satelit.

Sejumlah penelepon juga menanyakan hal serupa dan berharap pemerintah segera bisa mengatasi persoalan telekomunikasi di wilayah Aceh agar mereka bisa segera mengetahui keberadaan keluarganya. Sementara itu, operator telekomunikasi berbasis satelit PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) menyiapkan perangkat telepon satelit dalam mengatasi krisis telekomunikasi di Nanggroe Aceh Darussalam dan sekitarnya akibat gempa dan gelombang tsunami.

"PSN membantu pemerintah daerah, pemerintah pusat, PT PLN, Ditjen Postel, instansi lainnya serta media massa yang membutuhkan alat komunikasi secara mendesak," kata Direktur Operasi PT PSN, Rian Alisjahbana, di Jakarta, Senin.

Layanan infrastruktur yang disediakan PSN mencakup layanan telepon genggam berbasis satelit bernama Byru, dan telepon tetap berbasis satelit bernama Pasti. Sebanyak 15 unit Byru dan 12 unit Pasti dipasang untuk melayani telekomunikasi di beberapa lokasi penting di Aceh.

Sebelumnya, Minggu (26/12), PSN telah mengirim 10 unit Byru ke lokasi gempa untuk membantu jaringan komunikasi PT Telkom yang mengalami kerusakan di beberapa wilayah akibat gempa bumi berkekuatan 8,9 pada skala richter (SR).

"Hari ini, sejumlah unit tambahan kembali dibawa ke Aceh yang diterbangkan bersama dengan rombongan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang hari ini menuju ke sana," kata Rian.

Kedua layanan telekomunikasi tersebut dapat menjangkau semua wilayah, termasuk daerah terpencil di seluruh Asia dengan memakai fasiltas Satelit Garuda 1.

Dengan perangkat telepon yang relatif kecil dan sederhana, sistem telekomunikasi ini berdiri sendiri (stand-alone) tanpa ketergantungan pada infrastruktur di daerah seperti "base station".

Sistem ini hanya membutuhkan gateway utama di Jakarta dan di-backup oleh dua gateway lain yang tersebar di Asia Tenggara dan cukup aman. Sistem ini dapat diandalkan terutama dalam keadaan darurat seperti dalam bencana gempa yang saat ini melanda.

"Dalam bencana seperti ini di mana infrastruktur dasar tidak berfungsi, telekomunikasi dengan teknologi satelit menjadi satu-satunya sarana yang bisa digunakan. Hingga kini, berbagai pihak seperti Pemerintah Pusat, PT PLN (persero), Ditjen Postel, dan Media sudah berkomunikasi dengan PSN untuk membahas mengenai penggunaan telekomunikasi berbasis satelit ini," kata Rian.

Sementara itu, operator telekomunikasi terbesar di Indonesia, PT. Telkom telah mengeluarkan keterangan mengenai kerusakan infrastruktur yang dialaminya. Sebanyak 45.318 satuan sambungan telepon (SST) PT Telkom Banda Aceh mengalami gangguan dan akibatnya komunikasi dari dan ke Banda Aceh tidak dapat dilakukan.

"Gempa Bumi yang terjadi di Banda Aceh mengakibatkan 5 Sentral Telepon Otomat (STO) yang ada di propinsi Banda Aceh dan Samalanga terhenti pengoperasiannya karena genset dan rectifier terendam air," kata pimpinan perusahaan telekomunikasi PT Telkom, Mundar Wiyarso. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 28 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer