spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Korban Gempa dan Tsunami
Depsos Sediakan Dana Kas Rp 50 M

Jakarta, 27 Desember 2004 12:18
Departemen Sosial menyiapkan dana kas Rp 50 miliar untuk membantu biaya penguburan, santunan, masing-masing Rp 2 juta bagi keluarga yang ditinggalkan, makanan selama sebulan, pakaian, dan membangun rumah korban gempa tektonik dan tsunami di provinsi NAD dan Sumut, yang terjadi Minggu (26/12).

Sekjen Depsos Ruchadi di Jakarta, Senin, mengatakan bantuan itu antara lain akan digunakan untuk tanggap darurat berupa bahan makanan, pakaian, serta rehabilitasi rumah.

Sementara itu, Depsos juga sudah meminta Dinas Sosial di NAD dan Sumut untuk menyiapkan bantuan masing-masing dalam bentuk beras 50 ton, ratusan dus mie instan, ratusan dus air mineral, ratusan dus bahan makanan dalam kemasan (sardencis), ribuan sarung dan selimut, puluhan tenda pleton yang memuat 30 orang, peralatan dapur, dan menyiapkan mobil dapur umum.

Depsos Pusat (Jakarta) juga menyiapkan bantuan tambahan yang diambil dari stok pusat berupa bahan makan untuk mencukupi kebutuhan para pengungsi di kedua provinsi itu yang direncanakan akan diberangkatkan pada Selasa atau Rabu depan.

Bantuan itu berupa 50 ton beras, seribuan dos mie instan, air mineral, sardencis, selimut, pakaian, tenda, dan peralatan dapur.

Sementara itu, Palang Merah Indonesia telah mengerahkan tim penanggulangan bencana dari Sumut dan NAD yang diambil dari masing-masing kabupaten sebanyak 20 orang. Jadi personil PMI yang dikerahkan sebanyak 200 orang di NAD, dan 100 orang di Sumut.

PMI juga menyalurkan bantuan berupa ribuan family kit yang berisikan odol, sabun, sikat gigi, handuk dan obat-obatan ringan untuk para pengunggsi.

Depkes RI juga sudah menyiapkan empat ton obat-obatan, dua ton di antaranya sudah dikirim bersama rombongan Wapres Jusuf Kalla yang berangkat ke NAD, Senin pagi.

Dua ton sisanya akan menyusul. Obat-oatan yang dikirim adalah obat untuk penanggulangan ISPA, diare, gatal, flu, demam, obat-obatan untuk penanggulangan dampak pasca gempa, susu dan bubur untuk balita dan tablet penjernih air.

Data total korban tewas menurut Depkes yang tercatat di Posko Kesehatan di NAD dan Sumut berjumlah 4.448, sementara yang dirawat di rumah sakit sebanyak 155 orang di sejumlah RS di NAD.

Korban tewas masing-masing, di Banda Aceh 2000 orang, di Aceh Utara 902, di Pidie 300, dan di Nias 49. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 28 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer