spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Presiden Umumkan Hari Berkabung Nasional

Jakarta, 27 Desember 2004 07:06
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Jayapura, Senin, mengumumkan Hari Berkabung Nasional atas musibah gempa yang menyebabkan gelombang tsunami di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dan Sumatera Utara (Sumut) yang menyebabkan ribuan orang tewas.

"Mengingat besarnya korban jiwa dan skalanya, maka saya tetapkan sebagai Hari Berkabung Nasional selama tiga hari. Kita akan menaikkan bendera setengah tiang," kata Presiden kepada pers, sesaat sebelum meninggalkan Jayapura menuju Lokseumawe dan Medan untuk meninjau langsung daerah bencana di dua provinsi itu.

Penetapan Hari Berkabung Nasional itu dilakukannya satu hari setelah Kepala Negara menetapkan bencana alam di kedua provisni itu sebagai bencana nasional.

Presiden kembali mengimbau kepedulian seluruh rakyat Indonesia untuk membantu para korban bencana alam di NAD, Sumut dan daerah lain yang juga tertimpa bencana.

"Mari kita bekerja untuk meringankan beban saudara-saudara kita seperti Nabire, Alor dan daerah bencana sekarang ini," kata Presiden.

Kepala Negara juga menyatakan harapannya agar bangsa Indonesia, terutama mereka yang terkena bencana agar dapat menghadapi musibah itu dengan kuat, sabar, gigih dan tetap dalam kebersamaan.

Presiden, Senin, langsung berangkat menuju NAD dan Sumut dari Jayapura, Papua untuk meninjau secara langsung kondisi lapangan menyusul terjadinya gempa yang disertai tsunami yang telah menewaskan ribuan warga di kedua wilayah itu.

"Sambil memastikan bahwa sistem nasional kita berjalan, maka kami putuskan untuk membatalkan kunjungan ke Ambon. Saya juga tidak akan kembali ke Jakarta dulu. Saya akan langsung menunju ke daerah bencana, Medan dan Aceh," kata Presiden.

Kepala negara dan rombongan meninggalkan Jayapura pukul 08.20 WIT dilepas oleh Gubernur Papua J.P. Salosa dan jajaran muspidanya.

Menurut Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi rombongan berangkat menuju Lokseumawe dan Medan melalui Makassar dan Batam. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  To --> Wijaya_adi (syarwani@ka..., 29/12/2004 21:48)
Komentar anda dari dulu selalu sinis terhadap kaum muslim..?? apa maksud komentar anda seperti itu !! bencana akibat tsunami bukan hanya menimpa umat muslim di aceh dan sumut saja tapi juga menimpa ribuan umat2 NON MUSLIM yang ada di Malaysia,Thailand,Srilangka,Bangladesh,India,maldeva dll.. bagaimana dgn musibah yang baru saja terjadi di NABIRE,ALOR, dan CHINA yang menimpa domba2 kesasar..????
 
 
spacer
  
  Renungan untuk kita (sirikkit@ya..., 29/12/2004 21:29)
Aceh : Serambi Mekkah, ladang ganja, GAM
Thailand : Gudang percabulan

Peringatan buat kita semua : jauhi fanatisme, narkoba & percabulan dan tunduklah pada pemerintah
 
 
spacer
  
  Jangan menyulut api (agus_ck@cb..., 28/12/2004 22:26)
Jangan singgung, sentimen agama lagi. kalau di hari suci natal terjadi bencana , kenapa yang ditimpa yang mayoritas muslim di Aceh. Jangan suka menyulut api. Kita semua sebangsa sebaiknya bersatu dan bersaudara......bukan.
 
 
spacer
  
  semua harus tau diri (kartolo_manu@ya..., 28/12/2004 15:07)
dengan adanya peristiwa ini, kita semakin sadar, bahwa segalanya memang hanya TUHAN SAJA yang berkuasa atas kita semua, mari kita TUNDUK SUJUD kepadaNYA, nyatakan bahwa memang hanya DIA yang benar-benar kita andalkan, dan harus takut akan melakukan dosa, sebab mungkin ini buah dari dosa kita selama ini.
 
 
spacer
  
  Indonesia Berkabung (James_Na70@ya..., 28/12/2004 05:31)
Halo Indonesia,
Kita sedang berkabung karena banyak saudara-saudara kita kena musibah mulai alor, nabire, aceh, nias, belum lagi kecelakaan pesawat, helikopter, kenaikan BBM, HAM, Koruptor, dan masih banyak lagi. Benar-benar kita berkabung.
Sejak SBY dan JK memimpin negara kita ini banyak hal-hal yang aneh terjadi. Apakah ini suatu tanda-tanda bangsa kita akan hancur?
Apakah anda pembaca merasakan itu?
Mari kita renunkan bersama.
 
 
spacer
  
  Pesta-ria dan Berkabung. (papa_hari@ya..., 28/12/2004 04:36)
Memang sudah suratan Tuhan bahwa bencana dapat terjadi kapan saja dan dimana saja dimuka bumi ini. Saya sangat setuju dengan pernyataan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, bahwa bencana alam di Aceh dan Papua adalah bencana nasional dan untuk itu diadakan hari berkabung nasional.
Walaupun pernyataan tersebut jika dibandingkan dengan Kepala Negara Sri Lanka dan Perdana Menteri India nampaknya agak lambat dan hanya dimuat 1 (satu) kali saja di BBC namun tetap patut dihargai. Yang disayangkan b... <1094 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  Bancana = Introspeksi (gpp616@ya..., 28/12/2004 02:11)
Innalillahi wa inna illahi rojiun, Allahu akbar, Allah Maha Besar... kalau kita renungkan begitu mudahnya Allah swt mengambil nyawa manusia seperti kita. Dengan hanya mengirimkan gelombang sunami saja telah ribuan manusia diambil olehNya. Kata pak Ustad, sebuah bencana adalah akibat dari kerusakan moral dan aqidah dari umat manusia, dan bila bencana telah datang, maka semua manusia (yg alim atau dzolim) akan kena akibatnya. Sudah sepatutnya kita mengintrospesi diri dan mereformasi ahlak kita seh... <34 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  Indonesia lagi dikutuk. (wijaya_adi@ho..., 28/12/2004 00:57)
Masa di hari suci Natal, Indonesia malah ditimpa bencana. Bencana juga terus menerus terjadi di Indonesia. Kelihatannya negara ini tidak diberkati Yang Kuasa.
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 28 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer