spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Gempa di NAD
Presiden Instruksikan Tanggap Darurat

Jayapura, 26 Desember 2004 16:10
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan prihatin atas musibah gempa bumi yang melanda Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Minggu (26/12), dan mengucapkan dukacita kepada para korban.

Presiden juga menginstruksikan kepada jajaran menterinya untuk melakukan "tanggap darurat".

"Tanggapan pertama beliau adalah langsung merasa prihatin dan mengucapkan belasungkawa dan duka cita yang sangat mendalam," kata juru bicara Presiden, Andi Mallarangeng di Jayapuran, Papua, Minggu beberapa saat setelah Presiden dan rombongan tiba dari Nabire.

Menurut Andi, Kepala Negara mendengar berita tentang musibah itu tak lama setelah pesawat yang membawa mereka dari Nabire baru saja tiba di Bandara Sentani, Jayapura.

Nabire adalah daerah yang dikunjungi Presiden dan rombongan pada hari Sabtu (25/12) dalam rangka melihat kondisi wilayah tersebut setelah mengalami bencana gempa bumi.

"Beliau langsung merasa prihatin karena baru saja tiba dari Nabire. Di sana bahkan beliau juga tidur di dalam tenda, sama dengan masyarakat lainnya. Jadi, beliau sangat bisa merasakan bagaimana jika ada gempa lagi," ujar Andi.

Yudhoyono juga, menurut juru bicaranya, menginstruksikan kepada para menteri terkait untuk segera melakukan langkah yang disebutnya dengan "tanggap darurat," seperti memberikan pertolongan pertama, menyediakan tempat penampungan darurat juga menyediakan selimut dan bahan makanan.

Ikut dalam rombngan Presiden saat mengunjungi Nabire antara lain, Menko Polhukam, Widodo AS, Menko Kesra Alwi Shihab, Mensos Bachtiar Chamsah.

Instruksi serupa untuk melakukan tanggap darurat juga diberikan Presiden kepada Penguasa Darurat sipil dan Pemda.

Instruksi tersebut menurut Andi sudah langsung disampaikan oleh Menko Polhukam, Widodo AS.

Dalam menjawab pertanyaan, Andi juga mengindikasikan kemungkinan Presiden akan mengunjungi lokasi gempa di Aceh seperti yang dilakukannya terhadap Nabire, kendati tidak dalam waktu dekat ini.

"Tidak tertutup kemungkinan, Presiden ke daerah itu (Aceh-Red) tapi yang paling utama bukan soal kunjungan melainkan sistem tanggap darurat. Tentu saja setelah tanggap darurat kita bicara soal rehabilitasi, rekonstruksi," katanya.

Saat ini, ujar Andi, Presiden masih menunggu informasi yang lebih lengkap tentang musibah gempa bumi di Provinsi Aceh, termasuk mengenai berapa besar skala gempa, lokasi, kota mana saja yang terkena dan masalah pengungsian.

Sementara itu Menko Kesra Alwi Shihab mengatakan, Wakil Presiden Jusuf Kalla akan segera mengunjungi Aceh yaitu pada hari Senin (27/12) untuk meninjau situasi pascagempa.

Alwi sendiri berencana berangkat ke Aceh dengan maksud yang sama pada hari Selasa (28/12) atau Rabu (29/12).

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang didampingi oleh Hj. Ani Bambang Yudhoyono Hari Minggu sekitar pukul 11.45 WIT tiba di Bandara Sentani Jayapura sebelumnya mengunjungi lokasi gempa di kawasan Kabupaten Nabire, Papua.

Setelah beristirahat sejenak, Presiden yang didampingi oleh sejumlah menteri dan rombongan lainnya meninggalkan Bandar Udara Sentani menuju Gedung Negara Dok V untuk beristirahat sejenak sebelum menghadiri acara perayaan Natal bersama masyarakat Papua yang di pusatkan di GOR Cendrawasih Jayapura.

Sementara itu Gempa tektonik yang mengguncang sebagian wilayah provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dan Sumatera Utara (Sumut) terjadi pada Minggu (26/12) sekitar Pukul 07.59 WIB dilaporkan berkekuatan 5,6 Skala Richter (SR) dan pusat gempa di Lautan Hindia atau sekitar sebelah barat pesisir Kabupaten Aceh Barat.

Hasil analisa sementara Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Wilayah I di Medan, menyebutkan, pusat gempa berada pada koordinat 3.61 Lintang Utara (LU) - 96. 28 Bujur Timur dengan kedalaman 25 km, atau di perairan lautan hindia atau di sekitar wilayah barat kabupaten Aceh Barat, NAD.

Guncangan gempa cukup kuat dirasakan juga di sebagian wilayah kabupaten Aceh Barat, kabupaten Aceh Selatan, kabupaten Bireun, kabupaten Aceh Besar dan Aceh Singkil serta beberapa kabupaten/kota lain disekitarnya.

Getaran gempa juga dirasakan di sejumlah daerah di Provinsi Sumut antara lain kabupaten Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Tapanuli Selatan, hingga ke beberapa daerah di wilayah timur Sumut, seperti kota Medan dan kabupaten Deli Serdang. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 28 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer