spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
SUMATERA
spacer
 
Irjen Depdagri: Lembaga Pengawas Masih Lemah

Pekanbaru, 24 Desember 2004 11:22
Inspektorat Jendral (Irjen) Departemen Dalam Negeri Sarun Dayang mengakui masih banyak kelemahan pada lembaga pengawas internal pemerintah, seperti Badan Pengawas Daerah (Bawasda) dan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Kami tidak memungkiri adanya banyak kelemahan pada lembaga pengawas internal selama ini," ujarnya di Pekanbaru, Kamis, usai membuka rapat koordinasi pengawasan se-Riau.

Menurut Irjen, kelemahan tersebut, di antaranya masih banyaknya penyidik pegawai negeri di Bawasda dan BPKP yang golongan kepangkatannya rendah.

Kondisi ini riskan dalam penyelidikan sebuah persoalan yang melibatkan pegawai dengan jenjang kepangkatan lebih tinggi.

"Memang benar kalau pegawai penyidiknya lebih rendah kepangkatannya, bisa menimbulkan sikap tak obyektif, mungkin merasa tak enak pada senior dan sebagainya yang bisa menyebabkan hasil pemeriksaan tak indenpenden," ujarnya.

Dia menjanjikan akan terus meningkatkan kualitas dan jenjang kepangkatan para penyidik PNS yang ditempatkan Bawasda dan BPKP.

Gubernur Riau HM Rusli Zainal dalam kesempatan yang sama mengatakan, keberadaan Bawasda dan BPKP sebagai pengawas internal cukup efektif untuk mencegah terjadi penyimpangan yang lebih parah dalam adminitrasi dan pelaksanaan pemerintahan.

"Kalau tidak dilakukan pengawasan internal, bisa jadi indikasi penyimpangan sulit dicegah, malah terlanjur menimbulkan kerugian yang lebih besar," ujarnya.

Dalam rapat koordinasi tersebut hadir beberapa kepala daerah, seperti Walikota Pekanbaru Herman Abdullah, Bupati Bengkalis Syamsurizal dan Bupati Rokan Hilir, Wan Tamsyir Hasyim. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 28 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer