spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
HUKUM & KRIMINALITAS
spacer
 
Polisi Tak Temukan Bom pada Hari Natal

Denpasar, 25 Desember 2004 15:52
Aparat Polda Bali yang melakukan penyisiran di sejumlah tempat, tak menemukan bom pada malam dan hari Natal 2004, sebagaimana dikhawatirkan sebelumnya.

Khusus pada malam Natal, petugas Jihandak Satbrimob dan Den-88/Antiteror Polda Bali, memang sempat disibukkan untuk mencari bahan peledak di seputar persimpangan Jalan Waribang-By Pass Ngurah Rai Denpasar, sehubungan sempat ada penelepon yang menyebutkan ada bon di daerah itu.

Namun, setelah dicari dan disisir selama hampir satu jam, petugas tak menemukan barang yang membahayakan, ungkap petugas pada Den-88 Polda Bali, di Denpasar, Sabtu.

Selain sempat disibukkan ulah penelepon iseng, petugas antiteror dan Brimob itu juga harus mundar-mandir di sejumlah lokasi tempat peribadatan umat Kristiani di Bali.

Wakil Kepala Den-88 Polda Bali Kompol Drs Budi Wasono, mengakui kalau aparat di jajarannya disebar ke sejumlah gereja di Bali, baik pada malam maupun sepanjang hari Natal kali ini.

Selain menyebar petugas, pada sejumlah gereja juga telah ditempatkan beberapa jenis alat deteksi logam guna mengantisipasi lolosnya bahan peledak ke tengah-tengah umat yang sedang melakukan misa suci tersebut.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol AS Reniban yang dihubungi terpisah menyebutkan, alat yang disebar tersebut tidak hanya berupa security gate, tetapi juga metal detektor.

Khusus untuk security gate, lanjut Reniban, hanya ditempatkan sebanyak tujuh buah pada gereja-gereja yang tergolong besar di Bali.

Mengenai jumlah gereja yang harus mendapat pengawasan secara ketat, Rebiban mengatakan, ada 61 gereja, tersebar hampir di berbagai daerah di Bali.

Dari gereja sebanyak itu, 28 di antaranya ada di wilayah Denpasar dan Badung. Mengingat itu, konsentrasi petugas terbanyak juga berada di dua wilayah tersebut.

Selain perangkat elektrik dan elektroknik, petugas yang tergabung dalam Operasi Lilin 2004 itu juga didukung tidak kurang dari 12 anjing pelacak.

Terhadap umat kristiani yang akan menghadiri misa di gereja, Kabid Humas mengatakan dilakukan pemeriksaan bekerja saja dengan pihak pengurus gereja setempat.

"Kita libatkan pengurus gereja yang umumnya sudah apal persis dengan wajah dan jumlah umat yang ada pada gereja mereka masing-masing.

Dengan demikian, pemeriksaan dapat dilakukan hanya kepada umat yang belum begitu banyak dikenal," ujar Reniban.

Ditanya tentang situasi sepanjang hari raya tersebut, Reniban mengatakan cukup aman dan terkendali berkat adanya kerja sama dan bantuan dari seluruh lapisan masyarakat. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  Peringatan dari Amerika & Australia (posma_s@ho..., 28/12/2004 01:05)
Bisa ditebak krn sudah ada travel warning dari negara lain. Lagipula bomnya kan sudah meledak duluan di 2 gereja sebelum Natal. Jadi ada bagusnya juga travel warning itu dikeluarkan supaya kita lebih mawas diri terhadap serangan teroris yang justru merusak martabat bangsa Indonesia dimata Internasional.
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 25 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer