spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
SULAWESI
spacer
 
Tujuh Merk Lampu Tidak Miliki Label SNI

Makassar, 8 Desember 2004 10:28
Sedikitnya tujuh merk lampu hemat energi ditemukan tidak memiliki label Standar Nasional Industri(SNI) sehingga tidak layak dijual di pasaran.

Kepala Dinas Perindag Kota Makassar H.N.Umroh mengemukakan, Rabu, pihaknya sudah melakukan inspeksi ke berbagai toko dan menemukan ketujuh merek lampu hemat energi yang tuidak berlabel SNI itu adalah Chiyoda, Philips, Niko, Matsuka, Masko, Neolus dan Star, masing-masing mempunyai besaran watt yang bervariasi antara lima hingga 20 watt.

Produk lampu tidak berlabel SNI itu ditemukan di tiga toko Jl.Gunung Merapi yaitu toko Elco, Terang Jaya dan Merapi Jaya serta satu distributor yaitu Toko Gumer.

Menurut Umroh, penemuan ini jelas-jelas melanggar UU Nomor 8 tahun 2001 tentang perlindungan komsumen yang mengharuskan setiap barang industri yang beredar memiliki label "SNI".

Pengedaran barang seperti ini, katanya, dapat merugikan masyarakat karena lampu yang tidak melalui uji laboratorium Departemen Perindustrian tersebut tidak dijamin kualitasnya bahkan tidak tahan lama ketika dipakai oleh konsumen.

Dalam sidak tersebut, kata Umroh, dalam sidak kali ini, pihaknya belum mengambil tindakan represif karena beberapa pengecer mengaku tidak tahu menahu masalah label SNI karena mengira bahwa produk yang dipasok dari pusat semuanya telah diregister oleh Departemen Perindustrian.

Namun pihak distributor berjanji akan menarik semua produknya yang tidak memiliki label "SNI" dari para pengecer dalam bulan ini juga karena batas waktu yang diberikan Tim Sidak Disperindag sampai awal januari 2005.

Dinas Perindag Kota Makassar berjanji untuk terus melakukan sidak sampai Januari 2005, sekaligus mensosialisasikan UU ini kepada distributor dan para pengecer.

Bila sosialisasi dianggap cukup dan masih ada pelanggaran, tim akan melakukan penyitaan dan memproses pelakunya secara hukum dengan ancaman hukuman kurungan paling lama lima tahun dan denda paling banyak Rp5 miliar seperti yang diatus dalam UU No.8 tersebt.

Tim Sidak masih akan terus turun lapangan sewaktu-waktu dalam bulan Desember ini karena diperkirakan masih banyak merk lampu lainnya yang beredar di pasaran tanpa label "SNI". [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 25 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer