spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
ASIA
spacer
 
Cina akan Luncurkan Pesawat Ruang Angkasa Berawak

Beijing, 23 Desember 2004 17:44
Misi pesawat ruang angkasa berawak kedua Cina akan diluncurkan, September 2005. Dua astronot akan mengitari bumi selama lima hari.

Huang Chunping, pemimpin proyek ruang angkasa Cina berawak, sebagaimana dilaporkan suratkabar Beijing News, Kamis, September, sebagai bulan pasti peluncuran itu. Sebelumnya selalu disebutkan tahunnya, 2005.

Misi ruang angkasa berawak Cina yang disebut Shenzhou VI itu kini sudah dalam pelatihan dan berjalan dengan "sangat baik."

"Segalanya berjalan menurut rencana, pelatihan berjalan sangat sukses dan berkualitas kelas satu," kata astronot pertama China, Yang Liwei, yang mengawaki Shenzhou V dalam misi berawak pertama bulan Oktober 2003.

"Para astronout itu akan bisa menyelesaikan kewajiban-kewajiban latihan mereka tepat pada waktunya dan memenuhi persyaratan untuk mengikuti peluncuran Shenzhou VI tahun depan," kata Yang. Shenzhou VI akan mengorbit bumi selama lima hari dengan dua astronout di atasnya, tidak seperti misi pertama sebelumnya yang hanya diawaki oleh Yang. Orbit yang dilakukan pertama itupun hanya berlangsung 21 jam.

Cina telah melatih 14 astronout, termasuk Yang, dan telah melajalani pelatihan keadaan tanpa bobot selama bebarapa hari, selain pula jenis-jenis latihan lainnya untuk membiasakan diri mereka dengan ruang angksa.

Para calon astronout itu juga menjalani pelatihan pembiasaan diri dengan rancangan khusus pesawat ruang angkasa Shenzhou VI itu.

Shenzhou VI akan memiliki kapsul lebih berat dibanding pendahulunya dan dapat mengangkut 200kg lebih barang bawaan.

Juga, tidak seperti Yang yang tetap berada di kursinya selama keseluruhan penerbangan itu, astronout-astronout pada misi kedua akan meninggalkan kapsul pembawa pulang mereka dan memasuki kapsul orbit untuk melaksanakan berbagai eksperimen ilmu pengetahuan.

Keseluruhan 14 astronout yang sedang dilatih semuanya penerbang-penerbangan angkatan udara yang berpengalaman, yang sebelumnya telah menjalani tujuh hingga delapan tahun pelatihan keras untuk astronout.

Mereka yang terpilih nantinya baru akan diberi tahu menjelang peluncuran, dan Yang yang termasuk dalam calon yang akan dikirimkan itu tidak memperoleh pengecualian meski sudah berpengalaman mengangkasa sebelumnya.

Cina merupakan negara ketiga di dunia yang sudah berhasil mengirimkan manusia ke dalam penerbangan orbit bumi, setelah Uni Soviet dan Amerika Serikat lebih 40 tahun lalu. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  mana taringnya Indonesia (egilbg@ya..., 05/01/2005 04:11)
apakah indonesia memiliki para astronot yang handal seperti CIna ? kalo ada kok sampai sekarang belum kedengar beritanya. dan kalo tidak ada apakah tidak ada usaha dari pemerintah kita. pantas negeri kita tertinggal. semoga generasi penerus bangsa ini bisa mengangkat harkat dan derajat bangsanya. selamat untuk Gatra. !!!!!!!!!!!!!!!!!!
 
 
spacer
  
  Boleh kan berharap? (wates55@ya..., 24/12/2004 23:00)
Boleh kan berharap Indonesia yang keempat? Setidaknya kita punya PTDI dan juga LAPAN.
Tetapi produk cina memang luar biasa, segala macam jenis barang ada semua. Kita.....????????????????
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 23 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer