spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
AMERIKA
spacer
 
Pelantikan Bush akan Disambut Demo Besar-besaran

Washington, 22 Desember 2004 14:02
Sejumlah LSM dalam kelompok DC Resistance Media, Selasa (Rabu WIB), bertekad menghimpun puluhan ribu massa untuk mendemo pelantikan Presiden George W. Bush, bulan depan.

Para aktivis yang berasal dari kelompok-kelompok penentang perang di Irak hingga penentang-penentang kebijakan ekonomi Bush itu menyatakan, aksi mereka di pusat kota Washington, DC nanti adalah bentuk protes atas terpilihnya kembali Bush.

Bush akan dilantik dan mengucapkan sumpah untuk memangku masa kedua jabatannya pada 20 Januari mendatang.

"Dia bisa berharap akan ada sejumlah orang yang turun memprotes, yang tak pernah terjadi sebelumnya sejak inagurasi (Presiden Richard) Nixon tahun 1973," kata seorang tokoh aktivis, David Lytel.

Persiapan demo anti-Bush itu dilaksanakan saat semakin berkurang rakyat AS yang merasa perang di Irak ada gunanya bagi bangsa mereka. Paling akhir, Selasa siang, 19 tentara AS menemui ajalnya di Mosul terhantam roket gerilyawan.

Insiden serangan terhadap kantin tempat makan tentara di basis militer AS di Mosul, 370km di utara Irak itu, merupakan yang paling banyak memakan korban jiwa tentara AS sekaligus. Seluruhnya korban tewas 24 orang, dengan cidera berkisar 60 orang.

Shahid Buttar dari DC Resistane Media mengatakan pada unjukrasa itu nanti akan ada banyak alasan yang digunakan orang untuk ambil bagian. Namun, pesan bersamanya ialah" Bush tidak sah dan korup.

Sebuah selebaran yang dibagikan koalisi LSM itu bertulisan: "20 Januari: Rakyat Bangkitlah. Demokrasi di Amerika korup -- dan hanya ANDA yang bisa memperbaikinya." Sejumlah kelompok telah meminta otorisasi untuk melancarkan protes mereka pada tanggal 20 Januari itu dari bangunan Washington National Mall, lapangan luas di muka gedung Capitol (Kongres), di mana Bush akan menyampaikan sumpah jabatannya.

Kelompok-kelompok aktivisi itu juga merencanakan pesta besar sebagai tandingan atas sembilan pesta besar kepresidenan yang akan diselenggarakan menandai inagurasi Bush. Pesta-pesta Bush itu bertema "Merayakan Kebebasan, Menghormati Pengabdian." "Akan sangat sulit untuk bisa menghentikan upacara-upacara itu, namun adalah penting seluruh dunia mengenai bahwa kami masih bergerak, dan kami tak akan hanya diam berbaring saja," kata Gael Murphy, anggota CodePINK: Wanita untuk Perdamaian, penentang perang di Irak.

"Bangsa Amerika tak akan mentoleransi empat tahun lagi korupsi pemerintahan Bush," kata Basav Sen, anggota Mobilizsasi Perdamaian Dunia, yang menambahkan bahwa Bush tidak punya mandat untuk memerintah, apalagi memaksakan agendanya pada rakyat Amerika dan dunia.

Dalam perkembangan lain, mayoritas rakyat Amerika kini menyatakan menyatakan Perang Irak tidak berguna dan adalah kesalahan Presiden Bush. Kesimpulan ini tergambarkan dari hasil jajak pendapat yang dilakukan ABC News/Washington Post, Senin (20/12).

Jajak pendapat yang menyertakan 1.004 responden melalui telepon pada 16-19 Desember itu antara lain menyatakan 56 persen rakyat tak setuju dengan Perang Irak. Angka ini mmeningkat sekitar 7,0 persen dari jajak pendapat yang dilakukan bulan Juli.

Hasil itu sekaligus menunjukkan menurunnya popularitas Bush dan Menteri Pertahanan AS Donald Rumsfeld. "Hasil jajak pendapat itu selalu naik dan turun," kata Bush saat ditanya tentang komentarnya.

Sebagian besar responden menilai Perang Irak tidak berguna karena semakin besarnya jumlah pengeluaran dan kerugian yang harus ditanggung AS. Segala pengeluaran biaya maupun waktu dinilai tidak senilai dengan hasil yang diperoleh.

Kekerasan di negara itu justru meningkat menjelang pemilu yang dijadwalkan berlangsung akhir Januari. AS sudah kehilangan lebih dari 1.200 tentara sejak perang dilancarkan tahun 2003.

Strategi Bush dan Rumsfeld dinilai tidak efektif, 57 persen responden menyatakan tidak setuju dengan cara-cara Bush menangani situasi di Irak, 53 persen responden juga tidak setuju dengan cara kerja Rumsfeld yang tidak simpatik.

Mayoritas responden menyatakan mereka ingin agar Rumsfeld segera diganti. Namun, dalam jumpa pers hari Senin, Bush kembali membela Rumsfeld yang dipastikannya akan tetap duduk dalam kabinet barunya nanti.

Soal pemilu di Irak, 58 persen responden menyatakan yakin Irak tidak akan siap sama sekali akibat terus berlanjutnya kekerasan di berbagai tempat di negeri Irak.

Dalam konferensi pers hari Selasa, jurubicara Gedung Putih Scott McClellan tidak memandang penting hasil jajak pendapat ABC News/Washington Post itu.

"Presiden tak pernah memerintah berdasarkan jajak-jajak pendapat. Maksud saya, jajak-jajak pendapat hanyalah penarik-penarik perhatian sesaat, dan kami terus bekerja untuk melanjutkan kemajuan yang sedang dilakukan di Irak," kata jurubicara tersebut. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  Gue nggak ngerti... (lulldapull, 16/01/2005 02:49)
Gimana bisa mayoritas orang Amrik (80%) milih dia utk kedua kalinya? Bodo banget seh!!

Nggak usah heran bakalan ada perang lagi dan orang Amrik bakalan dibenci lagi dan cuman bisa bilang, "Why do they hate us?"

Poor stupid naive Americans!!
 
 
spacer
  
  Buat Izzer, luar.... biasa......... (mesi_ah@ya..., 14/01/2005 21:41)
Bush takut akan Tuhan tapi membunuh atas nama Tuhan? Berapa orang yg tidak berdosa mati karena ulahnya? Apa itu yg diinginkan Tuhan atau anda akan bilang Tuhan berkenan akan tindakan Bush?
Anda benar, dia menjunjung tinggi martabat "Keluarga Bush" tapi sekaligus menghancurkan keluarga lainnya. Anda tahu berapa banyak keluarga di Irak yang kehilangan anak, istri, suami, saudara, dll?
Saya sih tidak tahu persis. he....he...
Salam
 
 
spacer
  
  bush,president yang bijaksana (izzer4972@ya..., 03/01/2005 23:52)
president bush seorang yang takut akan Tuhan and menjunjung tinggi martabat keluarga,saya yakin pemerintahannya akan sukses dan dasyat
 
 
spacer
  
  Demokasi di Indonesia setaraf dengan Amerika..... (tentara_semut@ya..., 28/12/2004 15:10)
Buat POSMA_S........Apakah anda sudah tahu persis seperti apa kehidupan demokrasi di Amerika saat ini??? Tidaklah jauh dari apa yg terjadi di negri kita bung. Anda tahu waktu pertama kali Presiden BUSH terpilih menjadi presiden AMERIKA ? Hasil pemilu saat itu kontroversial/tidak sah sebagai pemenang pemilu sehingga harus naik ke Mahkamah Agungnya Amerika yg berarti kemenangan BUSH mungkin sekali bisa didapatkan dari " KOLUSI",bukan karena suara terbanyak. Dan anda tahu dengan perusahaan kontrakt... <249 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  PEMILU di AS TIDAK SEPERTI DI INDONESIA....CURANG (posma_s@ho..., 24/12/2004 18:59)
Buat IRUNAMAT : Bush terpilih kembali berarti rakyat AS masih BELUM MUAK sama dia. Amerika itu negara maju, artinya rakyatnya pinter2 sampe pemilu pun ga bisa dicurangi seperti di Indonesia. Rakyat Amerika masih memilih dia krn Bush masih bisa memberi RASA AMAN dibanding calon lainnya. Rakyat Irak pun bersyukur Bush menggulingkan Saddam krn selama ini Saddam banyak MENYIKSA rakyatnya, termasuk membunuh menantunya sendiri. Demo itu biasa terjadi di negara mana pun, di Indonesia sendiri terjadi ha... <15 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  BUSH; "I AM THE KING OF DEVILS". (daya@cb..., 24/12/2004 05:51)
Bush; "I am the king of devils, Who's next? to be killed, to be slaughtered, to be raped, to be orphaned, to be widowed, to be invaded, to be colonialized, to be disintegrated, to be disrespected, to be demoralized....don't worry I can do it for you for fun."
 
 
spacer
  
  Buat Wates 55 (elangbotak@ya..., 23/12/2004 20:10)
Tenang bosss...jangan khawatir sama dosa orang lain....tapi khawatir lah pada dosa sendiri, apakah kita2 ini juga diampuni Tuhan mati-matian mikirin kesalahan orang melulu?
 
 
spacer
  
  bush you are in a wrong way (azis_awhe@ya..., 23/12/2004 19:32)
I think you dont need to take care the iraq country
because before you put your troops that country live by peace and happines but now alot of innocent people are died because of the war,juga rakyat USA sudah muak dengan langkah yg Bush ambil,pikirkan negara sendiri dulu baru coba pikirkan negara lain bush.
 
 
spacer
  
  Rakyatnya sendiri sdh muuuuak 3x. (irunamat, 23/12/2004 17:15)
Jangankan kita,rakyat amrik sendiri dan masyarakat dunia sdh muak ama Bush en konco2 nye.Cuma itulah demokrasi dinegeri Amrik,partai yg kalah pemilu tetap menghormati hasil pemilihan dan bahkan memberikan selamat kepada pemenang,walau yg kalah merasa dicurangi.Kaum muda/pemula banyak yg cuek pd proses pemilu disana,kaum tua dan pengusaha merasa aman dgn konsep Bush ini dan sdh merasa mapan,jadi yaa mereka memobilisasi diri utk milih balik Bush. Jadi walau didemo sedunia jugapun Bush tdk akan mun... <422 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  Bahagiakah kau bush-uk? (wates55@ya..., 23/12/2004 03:33)
Jajak pendapat boleh diabaikan, tetapi negeri cantik Iraq telah kamu porak-porandakan, sedangkan yang kamu cari tidak kaudapati, kini negeri indah itu akankah kau bangun kembali dengan tanpa pamrih? Wahai bush-uk kau telah menjadi mimpi buruk bagi setiap pecinta perdamaian, dengan kesombonganmu, saya khawatir Tuhan tidak akan mengampunimu.
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 23 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer