spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
SUMATERA
spacer
 
Bunga Rafflesia Mekar di Bengkulu

Bengkulu, 19 Desember 2004 09:50
Bunga Rafflesia Arnoldi, puspa langka terbesar di dunia tengah mekar di hutan lindung Desa Tebat Monok Kab Kepahiang, 53 km dari Kota Bengkulu.

Armin penduduk setempat, Minggu, mengatakan, kalau bunga Rafflesia Arnoldi telah mekar semenjak beberapa hari lalu dan diperkirakan dalam empat hari ini baru akan layu.

"Kuntum bunga Rafflesia Arnoldi memiliki empat kelopak dengan tinggi 40 cm," katanya dan menembahkan, ukuran itu relatif kecil dari biasanya yang mencapai delapan kelopak dan tinggi hingga 1 meter.

Lokasi tumbuhnya bunga raflesia mudah dijangkau atau berjarak sekitar 10 meter dari pinggir jalan lintas Bengkulu- Lubuk Linggau.

Bunga yang pertama kali ditemukan oleh Gubernur Jenderal Inggris, Raffles dan dokter pribadinya Arnoldi itu, setiap tahun selalu mekar di habitatnya pada kawasan hutan lindung dikabupaten Bengkulu Utara dan kabupaten Kepahyang.

Guna mengamankan bunga langka itu, masyarakat dan BKSDA Bengkulu telah membuat pagar pengamanan, dan bagi masyarakat atau wisatawan yang ingin menyaksikan bisa datang ke lokasi.

"Kita sudah menempatkan anggota untuk memberikan informasi rinci tentang bunga Rafflesia pada wisatawan yang ingin menyaksikan dan tahu lebih banyak tentang flora langka tersebut," katanya.

Hutan lindung Bukit Daun merupakan lokasi paling sering ditumbuhi bunga Rafflesia. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 23 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer