spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
JAWA
spacer
 
Operasi Lilin Lodaya 2004
Polisi Amankan 472 Gereja di Jabar

Bandung, 18 Desember 2004 15:02
Operasi Lilin Lodaya 2004 yang digelar jajaran Polda Jabar akan mengamankan 472 gereja yang akan digunakan untuk kebaktian pada Malam Natal dan Tahun Baru 2004.

Sementara itu pengawasan di lokasi peribadatan itu semakin ekstra ketat menyusul digagalkannya pengiriman paket bom dari Garut ke Kota Bandung di atas sebuah bus di kawasan Cibiru Bandung.

"Kita berikan pengamanan khusus di 472 gereja tersebut, selain itu pengamanan serupa juga di gereja yang lebih kecil oleh Polres dan Polsek setempat, kesiagaan kita dilakukan mulai awal Operasi Lilin Lodaya 2004 yang akan mulai Minggu besok," kata Kapolda Jabar, Irjen (Pol) Drs Edi Darnadi SH di Bandung, Sabtu.

Dalam operasi tersebut, Polda Jabar akan mengerahkan 13.000 personil plus bantuan sekitar 3.000 personil dari TNI yang berstatus on call dan siap diturunkan apabila dibutuhkan tambahan pengamanan oleh Polri.

Selain mengamankan gereja, jajaran Polda Jabar juga mengamankan beberapa fasilitas lainnya antara lain sebanyak 126 tempat hiburan, 114 lokasi rekreasi, 230 hotel serta 83 super market. Lokasi-lokasi yang mendapat prioritas pengamanan tersebut adalah yang biasanya banyak dikunjungi oleh warga.

Namun yang menarik, jajaran Polda Jabar juga mengawasi sebanyak 25 kawasan pembuatan petasan yang tersebar di wilayah Pantura, Sukabumi, Bogor dan Garut.

Pengawasan intensif terhadap pengrajin petasan itu menyusul semakin maraknya aksi teroris yang menggunakan bom-bom rakitan yang mekanismenya merupakan pengembangan dari petasan.

"Selama Perayaan Natal dan Tahun Baru itu tidak ada ledakan petasan, dan peredarannya kita tekan sampai ke akar-akarnya yakni tempat pembuatan petasan itu," kata Edi Darnadi.

Selain itu pula pengamanan di lakukan di obyek-obyek vital yang dilakukan secara khusus oleh satuan pengamanan obyek vital selama 24 jam.

Sementara itu operasi dan patroli polisi juga semakin intensif, seluruh kekuatan terutama intelejen, reserse, samapta semuanya dikerahkan untuk mengantisipasi munculnya gangguan dan ancaman termasuk terorisme.

Bahkan Direksim Polda Jabar juga menyebar tim Anti Teror yang dikenal dengan Datasemen 88 ke beberapa kawasan yang dianggap `kenceng` dijadikan sarang terorisme.

Terlebih setelah ditemukannya bom di atas Bus Mekar Raya di kawasan Cibiru Bandung membuat kewaspadaan semakin ditingkatkan, terutama operasi intelejen dan reserse kriminal.

"Pokoknya masyarakat dihimbau untuk melewati malam Natal dan Tahun Baru dengan aman dan saling menjaga diri, jangan terlalu berlebihan dalam melakukan atau merayakannya," kata Edi Darnadi. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 23 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer