spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
EROPA
spacer
 
Pembajakan Bus Yunani Berakhir

Athena, 16 Desember 2004 10:46
Pembajakan sebuah bus Yunani, Kamis, berakhir dengan damai dan semua penumpangnya yang berjumlah 23 orang dibebaskan, polisi mengatakan kedua pria pembajak yang bersenjata hanya menggertak pada saat mengancam akan meledakkan bus.

Para pejabat Yunani mengatakan sejumlah aparat keamanan dan pihak-pihak yang mendukung penyelenggaraan Olimpiade Athena yang telah menerima pelatihan khusus menangani aksi kejahatan dan negosiasi melalui telepon yuang dilakukan oleh seorang kerabat pelaku pembajakkan, telah mengakhiri pembajakan yang berlangsung 18 jam lamanya.

Kepala polisi Yunani, George Angelakos berbicara setelah operasi penyelamatan selesai mengatakan kedua pria pembajak yang meminta uang tebusan 1 juta dolar AS tidak memiliki bahan peledak sama sekali walaupun mengatakan kepada para sandera mereka memiliki dimanit pada kenyataannya hanya memiliki senjata jenis senapan berburu.

"Tak ada bahan peledak seperti yang mereka katakan untuk meyakinkan sandera bahwa mereka dapat mengancam keselamatan para sandera," kata Angelakos kepada pers.

"Sudah jelas target utama mereka adalah uang sebesar satu juta dollar AS dengan mengatakan mereka ingin ke Albania namun mereka juga mengatakan, sebelum pergi mereka ingin ke bandar udara untuk meninggalkan sisa asap hitam diwajah kami (mempermalukan)."

Selama penyanderaan berlangsung yang dimulai sejak Rabu pukul 06:00 waktu setempat (atau Rabu pukul 11:00 WIB) dan berakhir setelah lewat tengah malam atau Kamis dini hari kedua orang tersebut menelpon media massa Yunani mengatakan bahwa mereka berkebangsaan Rusia dan ingin bertolak ke Moskow.

"Keduanya --berusia 24 tahun-- menetap di Yunani enam tahun, sejak datang dari Albania," Polisi menjelaskan.

Para juru runding telah berbicara kepada dua orang itu sepanjang hari Rabu meyakinkan keduanya agar melepaskan semua sandera dalam jumlah kelompok dua atau tiga orang hingga jumlah sandera yang tinggal hanya enam orang .

Saat batas waktu yang ditetapkan penyandera pukul 06:00 Kamis waktu setempat (atau Kamis pukul 13:00 WIB) keduanya mengatakan keenam sandera akan tetap ditahan.

Namun empat jam setelah batas waktu lewat pintu bus tiba-tiba terbuka tanpa tanda -tanda dan isyarat sebelumnya dan semua sandera melenggang bebas keluar bus.

Tak lama kemudian kedua pria pembajak juga keluar dari bus tanpa senjata dengan menyilangkan kedua tangan mereka kebelakang kepala dan segera disergap para anggota polisi untuk diamankan .

Keberhasilan program pelatihan Keberhasilan menangani aksi penyanderaan dimana senjata api ditembakkan pada saat aksi penyanderaan mulai berlangsung di salah satu jalan utama yang merupakan rute Olmpiade Agustus lalu merupakan bukti keberhasilan dari program pelatihan keamanan yang diberikan kepada petugas khusus satuan keamanan Olimpiade beserta seluruh pihak penunjang lainnya.

Sebanyak 70 ribu personil keamanan dengan jumlah empat kali lipat lebih besar dari jumlah satuan tugas pengamanan yang ada di Olimpiade sebelumnya di Sydney pada tahun 2000 telah dilatih, baik didalam negri, maupun diluar, selama tiga tahun sebelum Olimpiade Athena yang lahir dari kekhawatiran akan aksi teror.

Menteri Ketertiban Umum George Voulgarakis mengatakan biaya sebesar 1 juta euros telah dikeluarkan untuk pengamanan pesta olahraga internasional itu.

"Pengalaman semasa Olimpiade tidak sia-sia," kata Voulgarakis yang turut menangani pesta olagraga akbar musim panas pertama sejak peristiwa 11 September 2001 yang terjadi di kota-kota di Amerika Serikat (AS).

"Selain dari rasa takut dan tegang serta ketidak-nyamann selama 18 jam penyanderaan tak satupun penumpang bus mengalami cedera," kata polisi.

Ratusan polisi bertopi helm bersenjatakan senjata laras panjang dengan penampilan penyamaran dan satuan khusus ikut dalam operasi pembebasan sandera di wilayah 10 km timur pusat kota Athena.

Pengemudi bus, seorang kondektur dan seorang penumpang wanita berhasil meloloskan diri dalam detik-detik pertama dari aksi penyanderaan pada saat tembakan dimuntahkan dari senjata para pembajak yang mengambil alih kendali bus.

Aparat kepolisian mengatakan tindakan sigap pengemudi bus yang melompat keluar dengan membawa serta kunci bus telah membuat bus itu tidak dapat bergerak sama sekali dan mengurangi bahaya yang mengancam keselamatan penumpang yang masih tertinggal di dalam bus.

Tidakan pengemudi tersebut dipelajari pada saat persiapan pesta olahraga Olimpiade.

Sekitar satu juta penduduk Yunani yang berjumlah total 11 juta adalah imigran asal Albania yang merupakan kelompok minoritas dengan jumlah terbesar.

Selain imigran asal Albania banyak pula warga dari negara-negara sekitarnya yang datang untuk mencari pekerjaa selama olimpiade Athena.

Pembajakan oleh dua orang Alabania sebelumnya juga terjadi pada tahun 1999, yang berakhir dengan kematian pelaku pembajakan akibat tembakan aparat keamanan .

Perdana menteri Costas Karamanlis sampai menunda keberangkatannya ke pertemuan puncak Uni Eropa di Brussels hingga Kamis, setelah operasi penyelamatan berjalan sukses. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 23 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer