spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
AMERIKA
spacer
 
Kuba Gelar Latihan Perang Terbesar

Havana, 15 Desember 2004 08:54
Kuba memulai latihan perangnya terbesar dalam beberada dasawarsa terakhir dengan melibatkan sedikitnya 400.000 tentara cadangan selain jutaan warga sipilnya.

Hari kedua latihan yang berkode operasi "Benteng 2004" itu, Selasa, berjalan sesuai rencana. Latihan ini disebutkan oleh Lembaga Kajian Strategis Internasional (IISS) di London pencerminan peningkatan ketegangan Washington-Havana belakangan ini.

Selain pasukan cadangan dan rakyat sipil, tentara reguler juga dilibatkan dalam latihan perang yang baru pertama kali dilakukan Kuba dengan skala sedemikian besar itu. Jalannya latihan mendapat liputan luas dari media negara.

Truk-truk yang dilengkapi dengan persenjataan dimobilisasi di jalan-jalan ibukota Kuba, Havana. Tempat-tempat perlindungan bawah tanah lokasi penyimpanan pesawat-pesawat tempur, tank-tank dan artileri berat dibuka.

"Musuh tak akan pernah bisa menguasai kita secara mendadak," kata suratkabar Partai Komunis, Granma.

Raul Castro, Menteri Pertahahan, pada hari pertama latihan, Senin, mengatakan satu-satunya cara untuk menghentikan agresi ialah dengan membuat sangat jelas bahwa Kuba -- dari satu ujung ke ujung lainnya -- akan menjadi sarang lebah yang tak satu agresorpun, betapapun kuatnya, akan bisa mengalahkannya.

"Pada akhirnya, (agresor) harus mundur, berdarah dan terkalahkan karena itu akan merupakan perang seluruh rakyat," kata Castro, yang merupakan adik dari Presiden Fidel Castro itu.

Sepekan sebelumnya, Raul Castro mengatakan latihan perang yang diselenggarakan itu sebagian dimaksudkan untuk memastikan bahwa Washington "tak akan membuat kesalahan yang pernah dilakukannya di Vietnam dan yang sekarang sedang dilakukannya di Irak." Dengan demikian, tambahnya, AS tak akan memandang enteng rakyat Kuba yang lebih bersatu dan lebih kuat dibanding rakyat Irak.

IISS dalam laporan tahunannya untuk 2004-2005 mengenai Perimbangan Militer mengatakan persenjataan buatan Soviet yang digunakan angkatan bersenjata Kuba sudah ketinggalan zaman dan oleh kebanyakan pakar dinilai sudah kuno.

Namun satuan-satuan yang dilatih taktik-taktik gerilya diperlengkapi dengan senapan-senapan buatan Kuba sendiri, Alejandro, dan senjata-senjata yang bisa digunakan untuk menembakkan granat "Mambi" dan berkemampuan menembus baja tank.

Para pejabat Kuba mengatakan militer negara ini telag membagi 11 juta rakyat Kuba di pulau tersebut menjadi 1.400 satuan dalam bentuk zona-zona pertahanan.

Unit-unit rakyat bersenjata itu dirancang mampu beroperasi sendiri-sendiri jika terjadi perang. Masing-masing zona masih dilengkapi pula dengan rudal-rudal anti-pesawat udara. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 23 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer