spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
SULAWESI
spacer
 
Debu Panas Gunung Soputan Hanguskan 25 HA Hutan

Manado, 13 Desember 2004 12:04
Semburan debu panas Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Sulawesi Utara (Sulut), Minggu (12/12), hanguskan 25 hektar hutan pinus hangus di Desa Silian Kecamatan Touluan Minsel, serta mengancam 200 hektar tanaman jagung dan 20 hektar tanaman vanili.

Humas Pemerintah Daerah Kabupaten Minsel, Steven Liow, kepada Antara, Senin, di Manado, mengatakan, gunung api tersebut memuntahkan debu panas mengakibatkan hutan pinus di pegunungan Desa Silian terbakar dan tanaman perkebunan di tujuh kecamatan terancam rusak.

Setengah dari 50 hektar lahan hutan pinus hangus karena debu panas, sedangkan 200 hektar tanaman jagung tersebar pada tujuh kecamatan yang merupakan bagian proyek `Gema Mandiri`, saat ini tertutup debu sehingga terancam rusak, kata Steven.

Demikian juga dengan 20 hektar tanaman vanili yang saat ini sedang dipersiapkan untuk panen tahun depan, dikuatirkan akan mengalami kerusakan, karena debu gunung tersebut menempel pada daun sedangkan bagian tanahnya tertutup debu.

Kendati gunung tersebut meletus terjadi sejak Minggu dinihari, belum ada masyarakat yang diungsikan, semburan awan panas masih menghantam sekitar lereng gunung, sedangkan perkampungan penduduk hanya terekan batu-batu kecil dan debu telah dingin.

Pemkab Minsel telah mengantisipasi keadaan tersebut, bila terjadi letusan dalam intensitas tinggi, akan mengevakuasi penduduk di sekitar gunung seperti Desa Kotamenara dan beberapa desa lain di Kecamatan Silian.

Menurut Steven, Bupati Minahasa, Ramoy Luntungan, sudah mengadakan peninjauan langsung dikilometer tujuh Kecamatan Silian atau sekitar lima kilometer dari kawah Gunung Soputan dan belum menemukan adanya korban jiwa, namun keadaan masyarakat di daerah letusan perlu mendapat bantuan.

Tahap pertama, Pemkab Minsel menyiapkan satu ton beras, serta bahan lainnya untuk membantu masyarakat desa terparah akibat letusan gunung tersebut, kata Steven, sambil menambahkan, beberapa desa terpaksa mengalami hujan abu. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 23 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer