spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
EROPA
spacer
 
Jerman Gagalkan Serangan Terhadap PM Irak

Berlin, 4 Desember 2004 10:54
Polisi Jerman menangkap tiga orang Irak dalam serangkaian penyerbuan Jumat dan jaksa federal menyatakan yakin bahwa orang-orang itu merencanakan serangan terhadap Perdana Menteri Irak Iyad Allawi yang sedang berkunjung ke Jerman.

Jaksa Kay Nehm mengatakan, penyerbuan dilakukan setelah polisi di Jerman baratdaya menyadap pembicaraan-pembicaraan telefon yang semakin "ramai" yang menunjuk pada sebuah serangan.

"Ada indikasi-indikasi yang berkaitan dengan acara khusus dalam program (Allawi)," kata Nehm pada jumpa pers, dengan menambahkan bahwa pertemuan terencana Allawi dengan orang-orang Irak di pengasingan pada Kamis malam dibatalkan karena ancaman tersebut.

"Dalam pembicaraan telefon lebih lanjut kemarin malam, indikasi mengenai rencana serangan itu menguat," katanya.

Kantor Nehm sebelumnya mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dalam penyerbuan terhadap sembilan bangunan di Berlin, Augsburg dan Stuttgart, tiga orang Irak ditangkap dan mereka diduga anggota kelompok garis keras Ansar al-Islam.

"Penyerbuan itu bertujuan memperoleh bukti mengenai keberadaan, struktur dan metode kerja kelompok tersebut, serta indikasi mengenai kegiatan konkrit teroris," katanya.

Ansar al-Islam adalah kelompok garis keras yang berada di Irak utara yang dikuasai Kurdi. Para jaksa menyelidiki kegiatan mereka di Jerman, yang kata Nehm mencakup pengumpulan dana, perdagangan dan propaganda, sejak Desember 2003.

AS menuduh keompok tersebut bekerja sama secara erat dengan jaringan Al-Qaeda dan kelompok Abu Musab al-Zarqawi, pemimpin pemberontakan paling menonjol di Irak.

Kelompok Zarqawi mengancam membunuh Perdana Menteri Irak Iyad Allawi dalam pernyataan di Internet pada Agustus.

Dalam pernyataan terakhir Jumat, kelompok tersebut mengklaim bertanggung jawab atas serangan di Baghdad yang menewaskan 12 polisi dan mencederai lima orang lain.

Penangkapan ketiga orang Irak oleh polisi Jerman itu membayang-bayangi kunjungan Allawi ke negara Eropa tersebut, dimana ia mengadakan perundingan dengan Kanselir Gerhard Schroeder. Pada sebuah jumpa pers, kedua pemimpin tersebut tidak menyinggung-nyinggung penangkapan itu. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  belum tentu mas..... (afafaiman@ma..., 05/12/2004 07:36)
orang mus;im dimana2 itu suka ngumpulkan dana , belum tentu untuk tujuan teroris , kebanyakan untuk kemanusiaan , membangun masjid atau madrasah , semoga jangan asal tuduh alqaedah melulu buat alasan mematikan islam .
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 23 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer