spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
EROPA
spacer
 
Mantan Pemimpin Gerilya Terpilih Sebagai PM Kosovo

Pristina, Serbia-Montenegro, 4 Desember 2004 10:50
Parlemen Kosovo hari Jumat memilih mantan pemimpin pemberontak etnik Albania Ramush Haradinaj sebagai perdana menteri provinsi Serbia selatan yang dikelola PBB itu, dalam suatu langkah yang secara pasti membuat marah Beograd.

Haradinaj (35) adalah seorang komandan senior kelompok gerilya Tentara Pembebasan Kosovo (KLA) selama perang separatis 1998-1999 melawan pasukan Serbia, dan belum lama ini diinterogasi oleh para penyelidik kejahatan perang PBB.

Pencalonannya sebagai PM oleh Presiden Kosovo Ibrahim Rugova setelah pemilihan umum parlemen Oktober telah dipertanyakan para pejabat Eropa, meski ia tidak dituntut dalam kasus kejahatan dan telah membantah semua tuduhan.

Ketua kebijakan luar negeri Uni Eropa Javier Solana menyatakan, seorang mantan pemimpin pemberontak yang diselidiki atas kejahatan perang tidak bisa menjadi orang "yang paling tepat" untuk memimpin Kosovo, sebuah provinsi Serbia yang berpendudukan mayoritas etnik Albania yang mengupayakan kemerdekaan.

Namun, pejabat-pejabat pada misi PBB di Kosovo, yang dibentuk setelah serangan udara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) mengakhiri penumpasan brutal pasukan Serbia di provinsi itu pada 1999, tidak berkeberatan dengan pencalonan Haradinaj sebagai PM Kosovo.

Diplomat senior AS di Kosovo, Philip Goldberg, mengatakan, Washington siap "bekerja sangat erat" dengan pemerintah baru Kosovo, namun akan menunggu apakah provinsi itu berhasil melakukan reformasi demokratis.

Minoritas etnik Serbia di Kosovo menuduh Haradinaj melakukan kejahatan terhadap warga sipil Serbia ketika ia bertanggung jawab atas operasi wilayah barat KLA selama perang Kosovo.

Pengangkatannya sebagai PM itu secara pasti akan membuat marah pemerintah Serbia yang menganggap Haradinaj sebagai seorang "teroris".

Pemilihannya itu juga bisa merumitkan persiapan-persiapan bagi perundingan antara pemerintah Kosovo dan para pejabat Serbia, setelah dialog langsung diluncurkan tahun lalu untuk pertama kalinya sejak perang tersebut. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 23 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer