spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
EROPA
spacer
 
Uni Eropa Tolak Hasil Pemilu Ukraina

Den Haag, 26 November 2004 03:30
Perdana Menteri Belanda Jan Peter Balkenende, yang negaranya mendapat giliran menjadi presiden Uni Eropa (EU), mengatakan kepada Presiden Ukraina yang mengakiri tugas Leonid Kuchma bahwa hasil pemilihan umum di negara tersebut tidak bisa diterima, kata seorang jurubicaranya.

Balkenende menelefon Kuchma tak lama setelah mengakhiri pertemuan puncak EU-Rusia di Den Haag yang dibayang-bayangi krisis politik di Ukraina.

Selama pembicaraan itu, ia menekankan penyelesaian damai atas konflik tersebut, kata jurubicara Gerard van der Wulp.

Kuchma mengatakan, "ia akan berunding dengan semua pihak dan siap menerima utusan khusus EU, Nick Biegmans asal Belanda," tambah jurubicara itu.

Balkenende memperingatkan setelah pertemuan puncak EU-Rusia, "EU tidak bisa menerima hasil" pemilu yang disengketakan di negara bekas republik Uni Sovyet itu.

EU dan Rusia bersitegang pada pertemuan puncak itu, dimana Brussel menolak mengakui hasil pemilu yang memberikan kemenangan pada seorang calon dukungan Kremlin, sementara Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa pemilu Ukraina "sangat jelas".

Para pemimpin kelompok-kelompok politik Parlemen Eropa memutuskan mengirim delegasi ke Ukraina berkaitan dengan perselisihan hasil pemilu itu, kata kantor pers parlemen tersebut.

Misi itu akan mencakup salah satu wakil ketua Parlemen Eropa, kepala komite urusan luar negeri, tokoh Demokrat Kristen Jerman Elmar Brok, dan ketua hubungan dengan Ukraina, tokoh Sosialis Polandia Marek Siwiec.

Siwiec memimpin sebuah delegasi pengamat EU selama pemungutan suara akhir pekan di Ukraina. Sebuah delegasi kedua yang mencakup utusan-utusan partai politik akan menyusul kemudian, kata parlemen tersebut.

Debat Parlemen Eropa mengenai Ukraina dijadwalkan berlangsung Rabu mendatang, dengan sebuah resolusi yang akan diputuskan melalui pemungutan suara.

Menurut beberapa sumber di majelis Eropa itu, parlemen tersebut mungkin akan menuntut penyelenggaraan pemilihan umum ulang. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 23 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer