spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
EROPA
spacer
 
Uni Eropa Setuju Bentuk 13 Kelompok Tempur

Brussel, 23 November 2004 03:54
Para menteri pertahanan Uni Eropa (EU) hari Senin setuju membentuk 13 kelompok tempur, satuan-satuan militer yang bisa dikerahkan dalam waktu cepat untuk menangani situasi krisis di dunia, demikian diumumkan Belanda selaku ketua presidium EU.

Kelompok-kelompok taktis yang berkekuatan 1.500 orang itu, yang akan memperkuat rencana EU untuk memiliki kemampuan militer independen, akan bisa dikerahkan dalam waktu 15 hari.

Satu satuan akan terbentuk dan beroperasi pada tahun depan, sementara sisanya beroperasi sebelum 2007.

"Uni Eropa telah memasuki sebuah tahapan baru dalam proses memperkuat kemampuan militer untuk penanganan krisis," kata presidium EU dalam sebuah pernyataan pada pertemuan para menteri pertahanan EU di Brussel.

"Kelompok-kelompok tempur itu berada di garis depan peningkatan kemampuan, dengan memberi Uni Eropa paket-paket pasukan terpercaya, logis, bisa dikerahkan dengan cepat, yang bisa beroperasi secara mandiri, bagi tahap awal operasi yang lebih besar," katanya.

Perancis, Italia, Spanyol dan Inggris telah setuju membentuk satu satuan, dan semua negara lain EU setuju menyumbang untuk sedikitnya satu kelompok, kata Menteri Pertahanan Belanda Henk Kamp.

"Tampaknya kita harus bisa memiliki kelompok-kelompok tempur yang cukup untuk memenuhi tujuan yang kita tetapkan sendiri, termasuk memiliki kemampuan awal pada 2005 dan kemampuan penuh pada 2007," kata ketua kebijakan luar negeri EU Javier Solana.

"Itu menunjukkan bahwa kita semua menyetujui pentingnya proyek ini," katanya, sambil mengingatkan bahwa sejumlah rincian masih harus ditetapkan, termasuk pengaturan pengambilan keputusan.

Ia memperingatkan bahwa pengaturan semacam itu tidak boleh menghambat penempatan kelompok-kelompok tempur tersebut.

"Kita harus... mengingat kualitas penting dari kelompok-kelompok tempur ini: pengerahan cepat dan efisiensi militer. Kita tidak boleh membiarkan kedua faktor ini dipermasalahkan. Hal itu akan melenyapkan alasan dasar bagi proyek ambisius ini," tambahnya.

Pasukan tersebut akan digunakan untuk operasi di luar kerangka kerja Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), seperti misi-misi untuk mendukung PBB.[EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 23 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer