spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
AMERIKA
spacer
 
Cile Batalkan Jamuan Makan Kehormatan bagi Bush

Santiago, 22 November 2004 15:26
Pemerintah Chile yang berencana mengadakan acara jamuan makan Ahad untuk menghormati Presiden Amerika Serikat (AS) George W.Bush yang rencananya akan dihadiri 400 undangan lainnya terpaksa membatalkan rencana itu setelah mendengar pihak rombongan presiden AS berkeinginan untuk melakukan pemeriksaan terhadap semua tamu undangan lainnya dengan menggunakan alat metal detektor, seorang nara sumber pemerintahan Cile mengatakan Ahad.

Sebagai gantinya Presiden Chile Richard Lagos memberikan "makan malan bagi tim kerja APEC " yaitu kepada 21 orang kepala negara," kata kepala staff Angkatan Bersenjata Cile Francisco Vida.

Bush akan ikut dalam acara jamuan makan malam itu yang bertujuan menghomati kunjungan seorang presiden AS ke Cile setelah dilangsungkannya pertemuan Kerja sama ekonomi Asia Pasifik (APEC) di ibukota Santiago dari tanggal 21 hingga 22 November.

Menurut seorang pejabat Departeman Luar Negri Cile , Lagos semula menginginkan acara penghomatan kepada presiden AS itu dengan melakukan jamuan makan malam secara besar-besaran dan meriah di ruang perjamuan utama di istana "La Moneda" .

Namun ia terpaksa mengurungkan niat itu setelah mendengar rencana penjagaan dan pemeriksaan keamanan pihak pengawal Bush yang dalam aksi penjagaan keamanan presidennya akan menggunakan metal detektor kepada semua tamu undangan lainnya.

"Saya tak akan membiarkan hal itu terjadi pada tamu-tamu undangan saya," kata Presiden Cile seperti yang dikutip kepala Staff Angkatan Bersenjatanya Francisco Vida.

Vida menolak akan adanya insiden yang memalukan sebelumnya yaitu ketika Bush ikut campur dalam perselisihan antara patugas penjagaan keamanan tuan rumah dengan pihak intelijen AS dalam acara jamuan makan malam Sabtu.

Pada saat akan dilangsungkan acara jamuan makan malam Bush telah memaksakan kehendaknya membawa masuk agen intelijennya dari hadangan petugas keamanan tuan rumah yang bertugas berdasarkan peraturan yang ada, yang berlaku bagi semua kepala negara peserta APEC.

Petugas keamanan Chile melarang sejumlah pengawal Bush yang ingin ikut memasuki sebuah gedung pusat budaya untuk acara jamuan makan malam bagi 21 orang kepala negara peserta APEC.

Ketika Bush sedang bersiap untuk berfoto dengan istrinya Laura tiba-tiba ia segera kembali keluar ketika menyadari komandan pasukan pengamannya terlibat dalam keributan dengan pihak petugas keamanan tuan rumah.

Bush segera mnenarik pengawalnya itu masuk kedalam tempat perjamuan dari kerumunan keramaian tersebut.

Kamera televisi menangkap adegan pada saat presiden AS itu terlihat menggeleng-gelangkan kepala dan merapihkan kembali kancing mansetnya setelah kejadian itu.

"Presiden adalah seseorang yang cenderung mendelegasikan segala sesuatu kepada bawahannya namun terkadang dalam situasi tertentu ia adalah pribadi yang suka turun tangan langsung," kata kepala urusan pers Gedung Putih Scott McClellan berseloroh dengan para wartawan yang melihat kejadian tersebut. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  makan aja ribut (edy_philly@ho..., 21/12/2004 14:08)
mau makan aja ribut... dasar tua2 keladi... mending makan malam aja dirumah gw.. dijamin kenyang.. gw siapin pepes ikan n sambel terasi..slrupszzz
 
 
spacer
  
  hidup amerika (batax_1@wa..., 06/12/2004 00:22)
wah...gimana sih presiden chile ini...negara kecil kok sombong?? ntar di embargo..nangis lu.. saya salut sama Bush..Tuhan memberkatimu Bush.. PENJAGA KEAMANAN chilie itu "cari muka"...biar hebat gitu.. kami keluarga batak mendukung amerika..
 
 
spacer
  
  TAK TAKUT 1000 , TAKUT 1 (resiko hrs 0) (Nico0k@ya..., 30/11/2004 05:54)
Pemikiran intelijen Amrik. yg sangat penuh perhitungan hingga sangat ekstrm menurut kasus ini. ttp hal tsb tdk dpt dipandang dgn sebelah mata jg kacamata org lain, mempertimbangkan: "bila terjadi konspirasi/kenekatan 1 org saja TEMBAK Bush demi memalukan SIMBOL negara" (Amrik. bermuka tahi). Dicermati, Amrik saat ini berbeda kasus dgn neg2 lain !
 
 
spacer
  
  >Presiden harus Dijaga Dimkanapun Dia Berada (believe_me, 30/11/2004 05:36)
Seperti orang tua yang harus dijaga kemanapun dia pergi.
Pertanyaan adalah bila orang tua anda diundang oleh tetangga anda, apakah anda juga akan nyelonong masuk ke dalam sementara kursi dan hidangan hanya cukup untuk tamu yang diundang termasuk orang tua anda itu ?

Itu mah namanya anda tidak tahu adat bung Richie.
Pernah mendengar pepatah yang berbunyi: "di mana bumi dipijak di sana langit dijunjung"
 
 
spacer
  
  Bagus kalau begitu (ghosbuster, 26/11/2004 03:20)
Biar secara ekonomi ngga nambahin biaya/anggaran makan malem tamu2 & petugas extra (extra sibuk & extra curigation....).
Jadi seharusnya Chile thank's to US 4 saving moneyy...
 
 
spacer
  
  Re: Presiden harus Dijaga... (bramantyo72@ho..., 25/11/2004 05:47)
Apa yang Anda katakan benar. Adalah tugas pengawal kepala negara di manapun berada untuk melaksanakan tugasnya.

Yang menjadi masalah adalah - menurut saya - adalah tidak adanya koordinasi yang jelas antara pihak keamanan Chile dan AS sehingga pihak keamanan AS nekat melakukan kecelakaan diplomatik tersebut.

Tapi saya setuju, dengan sdr. denjaka, pihak keamanan AS tersebut sangat menjengkelkan. Kalau bung Richardindo tak percaya, bisa ditanyakan kepada pihak keamanan kita saat menyambut ked... <32 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  Richard Lagos itu benar sekali (kawwaloro@ya..., 25/11/2004 03:37)
Presiden Chile Richard Lagos memilimi sikap yang benar. Seharusnya pemimpin negara lain meneladani sikap Lagos itu. Dalam sejarah Amerika, tak pernah ada presiden Amrik yang ditembak, kecuali di dalam negeri Amrik sendiri. Artinya pengamanan di luar negeri adalah lebih baik bekerjasama dengan pengamanan negara lain. Seharusnya Amrik sadar dengan sikapnya arogansinya selama ini.
 
 
spacer
  
  Good Chile!!! (kadal_kawaloro@ya..., 24/11/2004 09:21)
Presiden Chile Richard Lagos perlu diteladani sikapnya untuk menghadapi arogansi Bush. Sikap ini perlu dilakukan oleh presiden negara lain. Selama ini arogansi Bush sudah melampaui batas kemanusiaan. membuat warga Amerika menjadi was-was pergi kemana saja dan tidak merasa aman dengan kebijakan kupret Bush. Sadarlah Bush!!!
 
 
spacer
  
  Presiden harus Dijaga Dimkanapun Dia Berada (richardindo@ya..., 23/11/2004 19:02)
Sebagai negara yang menghargai pemimpinnya dimanapun Pimpinannya pergi harus dijaga dong.
Bgaimanapun negara lain menjaminnya kita harus
bertanggung jawab untuk menjaganya.
Seperti orang tua kita yang harus dijaga keberadaanya dimanapun mereka berada meskipun ada orang lain yang siap menjaganya .
Jadi Yach tindakan tersebut BENAR DAN SAH SAJA.
 
 
spacer
  
  Bukti Amrik tidak pernah menghormati negara lain (denjaka@co..., 23/11/2004 05:23)
itulah salah satu bukti bahwa amrik tidak pernah menghormati kedaulatan negara lain walaupun dlm petemuan besar (KTT APEC) yang damai... dasar musuhnya banyak dan dimana-mana yaa... jadi ketakutan karena ulahnya sendiri. itu juga menunjukan tuan rumah (Chile) keamanannya tidak dihargai dan dianggap rendah. jelas-jelas peraturan itu untuk semua kepala negara yg hadie eh, malah diajak masuk... bagus dibatalkan aja, emangnya dia siapa.... memangnya chile itu negara bagian amrik.... harusnya diadaka... <53 huruf lagi>
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 23 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer