spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
AMERIKA
spacer
 
Staf PBB Kongo Terbukti Lakukan Pelecehan Seks

New York, 20 November 2004 07:00
Sekjen PBB Kofi Annan mengungkapkan rasa marahnya Jumat (Sabtu WIB) atas terbuktinya tindakan pelecehan seks dilakukan oleh para penjaga perdamain PBB di Kongo, yang disebutnya sebagai satu "hal yang memalukan" bagi badan dunia itu.

Sekitar 30 kasus pelecehan, termasuk pelecehan seks sebagian kecil, melibatkan staf sipil maupun militer, dilaporkan terjadi di kota Bunia, wilayah timurlaut negara itu.

"Saya khawatir ada bukti jelas tindakan salah perilaku yang terjadi," kata Annan, yang sedang berada di Tanzania menghadiri KTT wilayah Great Lakes Afrika.

"Ini hal yang memalukan bagi PBB yang harus dikatakan, dan saya sangat marah atas kejadian ini." Annan menyampaikan pernyataan itu Jumat (Sabtu WIB) di Dar es Salaam setelah menerima laporan singkat mengenai hasil penyidikan atas tuduhan-tuduhan tersebut.

Dia mengatakan, tuduhan itu melibatkan sejumlah kecil personil PBB dan akan dilanjutkan dengan segera menyelesaikan penyidikan serta menahan mereka yang bertanggung jawab.

"Saya sejak lama dengan tegas menyatakan bahwa sikap eksploitasi dan pelecehan seksual merupakan tindakan yang tidak dapat ditolerir, tanpa terkecuali, dan saya akan menentukan pelaksanaan kebijakan ini dengan sikap paling transparan," katanya menambahkan.

Sekitar separuh dari 10.800 anggota pasukan penjaga perdamaian PBB di Republik Demokrasi Kongo dan sekitar 60 staf sipil sedang bertugas di dan sekitar Bunia.

Para penjaga perdamaian itu bertugas di sana untuk mengembalikan perdamaian di kawasan tersebut karena bentrokan antar milisi etnik telah menewaskan sekitar 50.000 orang sejak 1999.

Tuduhan adanya pelecehan seksual bukan yang pertama kali muncul di badan dunia itu. Dua tahun lalu, satu laporan oleh Komisi Tinggi Pengungsi PBB mengatakan sejumlah pengungi anak di Guinea, Liberia dan Sierra Leone terlibat pelecehan seksual sebagai imbalan bagi bantuan kemanusiaan.

Tahun 2001, PBB mengamati para pejabat kepolisian yang bertugas di Kosovo yang dikhabarkan terlibat dalam lalulintas prostitusi. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 23 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer