spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
HUKUM & KRIMINALITAS
spacer
 
Polda Jabar Keluarkan Sketsa Wajah Pembawa Bom di Bus

Bandung, 18 Desember 2004 14:22
Polda Jabar mengeluarkan dan menyebarkan sketsa wajah seorang pria yang diduga pembawa sembilan paket bom setengah jadi di dalam bus Mekar Raya Nopol Z-7655-DA yang dicegat di kawasan Bunderan Cibiru Bandung.

"Berdasarkan keterangan dari seorang saksi yang duduk sebangku dengan orang itu, pria yang kita curigai itu turun di sekitar Rancaekek atau sebelum masuk ke wilayah Kota Bandung," kata Kapolda Jabar, Irjen (Pol) Drs Edi Darnadi di Mapolda Jabar, Sabtu.

Ciri-ciri pembawa bom itu berwajah oval, mata bulat, kulit putih serta rambut lurus yang dipotong pendek.

Saat ini petugas dari Polda Jabar maupun Datasemen 88 Mabes Polri juga disebar di beberapa titik di wilayah Priangan.

Sementara itu saksi kunci yang duduk di dekat lokasi penyimpanan bom di dalam bus masih diperiksa intensif di Mapolda Jabar, sedangkan 15 saksi lainnya, yakni sopir dan kernet serta penumpang bus sudah pulang.

Lebih lanjut Kapolda Jabar mengemukakan, pengungkapan dan penemuan bom di bus Mekar Raya merupakan hasil kerja keras jajaran intelejen dalam sebulan terakhir ini. Sebelumnya jajaran Polda Jabar juga menemukan sebuah bom rakitan di wilayah Bandung pada 9 Desember 2004 lalu.

"Selama ini intelejen kita mendapat empat informasi dan titik yang dicurigai. Di tiga titik hasilnya negatif dan terakhir di bus itu berhasil kita amankan sembilan bom rakitan yang belum jadi, artinya harus dirangkai lagi di suatu lokasi," kata Edi Darnadi.

Sementara itu bom yang ditemukan di bus Mekar Raya Jumat kemarin sudah hampir lengkap, yakni terdapat oksidator, potasium korat, arang dan detonator, namun belum ditemukan jaringan listriknya yang akan memicu ledakan bahan-bahan seperti belerang dan potasium yang ada di dalamnya.

Di samping itu juga ditemukan adanya besi dan baja yang terbungkus rapi dan dilumuri minyak pelumas bekas sehingga berwarna hitam.

"Kami sudah melakukan pengecekan di puslabfor yang menyebutkan bahwa benda itu bahan peldak, namun sejuh ini belum bisa diketahui apakah jenis high explosive atau low explosive," kata Kapolda Jabar sambil menambahkan bahwa salah satu batang sudah dicoba diledakkan, dan hasilya memang cukup kuat.

Sementara itu bom yang ditemukan di dalam bus diperlihatkan kepada wartawan di Mapolda Jabar, termasuk dua bahan peledak ukuran besar dan sebuah bom ukuran kecil serta beberapa material bahan peledak yang sudah diurai oleh Jihandak Polda Jabar.

Sejauh ini belum jelas peruntukan dari bahan peledak itu, namun diduga diperuntukkan guna membuat kekisruhan di beberapa tempat di Kota Bandung seperti di keramaian, tempat hiburan maupun di tempat maksiat.

Namun demikian tidak menutup kemungkinan diperuntukkan guna membuat kekacauan pada malam Natal dan Tahun baru. Untuk itu Polda Jabar terus meningkatkkan koordinasi dan pengamanan menjelang Natal dan Tahun Baru, termasuk menggelar Operasi Lilin Lodaya 2004.

"Semua personil bergerak, khususnya untuk meminimalisasi munculnya peluang teror di Malam Natal dan Tahun Baru nanti," kata Kapolda.

Sementara itu kemungkinan keterlibatan kelompok DR Azahari dan Nordin Moch Top pada perakitan bom tersebut, Kapolda Jabar belum bisa memastikannya. Sejauh ini pihaknya masih terus mempelajari dan menyelidikinya. Yang pasti jenis bom yang ditemukan itu berbeda dengan jenis bom yang meledak di Jakarta.

Namun diakui oleh Kapolda, bentuk bom tersebut hampir mirip dengan bom yang ditemukan di Cicurug Sukabumi, di mana bahan-bahan yang digunakan relatif sama, seperti potasium, belerang serta pecahan besi dan baja.

Akan tetapi belum bisa dipastikan apakah orang yang terlibat itu juga tersangka yang sama.

"Pokoknya penyidikan sudah mengarah kepada pelakunya, dan kita berharap secepatnya bisa kita dapatkan," kata Edi Darnadi. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 18 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer