spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
HUKUM & KRIMINALITAS
spacer
 
Polres Pwk: Tersangka Ternyata Bukan Nurdin M Top

Bandung, 18 Desember 2004 11:14
Kapolres Purwakarta AKBP Zaenal Arifin mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara ciri-ciri orang yang ditangkapnya ternyata berbeda dengan ciri-ciri buronan tersangka serangkaian pengeboman Nurdin Mohamad Top.

"Hasil pemeriksaan sementara menunjukkan kelihatannya yang telah kita tangkap itu bukan Nurdin Mohamad Top yang dicari-cari selama ini, karena ada beberapa ciri yang sangat berbeda, namun demikian pemeriksaan masih akan dilanjutkan dan saya optimis hasil pastinya akan segera diketahui sebelum masa penahanan mencapai 1 x 24 jam," katanya, di Purwakarta, Jumat.

Saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, kepada Antara dia mengemukakan, dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan diperoleh data orang yang ditangkap saat melintas di Desa Sukatani, Purwakarta tersebut bernama lengkap Mohamad Rasyid bin Mohamad Top, umur 35 tahun, tinggi badan 167 sentimeter.

Sedangkan ciri-ciri Nurdin Mohamad Top umur 41 tahun, dan tinggi badannya mencapai 171 sentimeter.

"Perbedaan paling menyolok menurut pengamatan saya dari bentuk wajahnya, kalau yang kita tangkap sekarang ini bentuk wajahnya kotak, sementara Nurdin M Top yang dicari-cari itu berwajah oval sehingga keduanya tidak terlalu mirip," katanya.

Namun demikian, kata dia, untuk pemeriksaan lebih detil pihaknya saat ini sedang mengambil sidik jari Rasyid, memotretnya, sambil terus mewawancarainya secara seksama.

Kepada polisi, kata Kapolres, Mohamad Rasyid mengaku saat ditangkap baru pulang dari Bandung untuk keperluan berlibur dan hendak kembali ke Jakarta untuk kemudian terbang ke negerinya di Singapur.

"Kepada polisi dia mengaku sudah tiga kali berlibur ke kota Bandung, dan dia juga mengaku tahu persis polisi Singapur dan polisi Indonesia sedang memburu Nurdin M Top yang dicurigai telah melakukan pengeboman di berbagai tempat," katanya.

Saat ditanya awal penangkapan terhadap Mohamad Rasyid, AKBP Zaenal Arifin mengatakan, hal itu bermula dari adanya pemberitahuan Poltabes Bandung yang mencurigai nama Mohamad Rasyid bin Mohamad Top yang tertera dalam daftar penumpang Thai Air yang akan terbang dari Jakarta Jumat sore.

Informasi tersebut juga menyebutkan, penumpang Thai Air tersebut telah meluncur dari Bandung menuju Jakarta dengan menumpang mobil Toyota Kijang nomor polisi B 8738 CJ dan dikemudikan orang bernama Doni.

"Begitu sampai di Purwakarta, mobil yang dicurigai itu langsung dihentikan aparat polisi dan penumpangnya langsung diperiksa yang hingga saat ini masih berlangsung," katanya.

Proses pemeriksaan, kata dia, selain melibatkan tim khusus dfr ari Polda Jabar, Sabtu besok juga akan tiba tim khusus dari Mabes Polri yang akan melakukan pemeriksaan secara lebih intensif untuk memastikan identitas orang tersebut.

"Tapi saya sangat yakin identitas orang tersebut yang sejatinya akan segera diketahui sebelum 1 x 24 jam, karena semua dokumen, data dan keterangan saksi yang diperlukan sudah cukup lengkap, hanya tinggal membuktikan sidik jarinya saja," kata Kapolres. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 18 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer