spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
JAWA
spacer
 
Presiden: Hindari Penyimpangan Anggaran

Magelang, 16 Desember 2004 15:18
Presiden Soesilo Bambang Yudhyono meminta pimpinan TNI/Polri menyusun cetak biru dan rencana pembangunan serta modernisasi kekuatannya secara tepat dan menghindari penyimpangan anggaran.

"Dalam kaitan ini saya minta pimpinan TNI/Polri benar-benar dapat menyusun cetak biru dan rencana pembangunan serta modernisasi kekuatannya secara tepat," kata Presiden saat memberikan amanat inspektur upacara pada Prasetya Perwira TNI dan pelantikan anggota Kepolisian Negara RI, di Magelang, Kamis.

Selama ini, sejak tahun 1985 hingga 2003 acara tersebut dilaksanakan di Istana Merdeka, selanjutnya tahun 2004 dilaksanakan di Akademi Angkatan TNI secara bergiliran.

Presiden meminta pimpinan TNI/Polri dalam menyusun cetak biru memegang teguh azas tujuan serta prinsip efisiensi dan efektivitas yang setinggi-tingginya.

"Laksanakan manajemen yang transparan dan akuntabel, hindari penyimpangan anggaran yang harus dipertanggung jawabkan kepada rakyat, bangsa dan negara," kata Presiden.

Presiden pada kesempatan itu mengatakan, kemampuan negara terbatas. TNI masih menghadapi keterbatasan peralatan terutama sistem kesenjataan, demikian pula kondisi perlengkapan dan peralatan perorangan maupun satuan yang belum memenuhi tuntutan operasional.

Oleh karena itu, negara dan pemerintah akan berupaya sekuat tenaga untuk secara bertahap dapat mengalokasikan anggaran bagi pembangunan dan modernisasi kekuatan TNI/Polri termasuk kesejahteraan prajurit dan keluarganya.

Tentu saja, kata Kepala Negara pemerintah juga memprioritaskan kesejahteraan rakyat termasuk pendidikan dan kesehatan serta kualitas hidup rakyat Indonesia.

"Kita telah belajar banyak bahwa kesejahteraan dan keamanan adalah kebutuhan kembar, saling terkait dan tidak dapat dipisahkan," katanya.

Ia mengatakan, menghadapi tantangan TNI ke depan yang akan makin berat hendaknya para perwira memahami kondisi obyektif tersebut bahwa alokasi anggaran TNI ke depan selain diprioritaskan mendukung kesejahteraan prajurit secara terbatas juga diprioritaskan untuk memantapkan satuan-satuan operasional dan kesiapan alat utama sistem senjata (alusista).

Pengadaan alusista diadakan untuk modernisasi dan mengganti yang batas usianya sudah lanjut serta tidak layak operasi," katanya.

Perbaikan dan pemeliharaan dilaksanakan untuk memperpanjang usia pakai dan untuk meningkatkan kesiapan operasional.

Untuk itu, Presiden meminta pemimpin Polri benar-benar menyusun cetak biru, perencanaan pembangunan serta modernisasi kekuatan secara tepat.

Dalam upacara tersebut, salah seorang anggota Polri yang dilantik sempat terjatuh, namun kembali berdiri dalam sikap siaga.

Namun ia kembali nampak goyah, seorang teman didekatnya memegang agar tidak terjatuh, akhirnya anggota polisi tersebut mampu mengikuti upcara hingga selesainya.

Pada 2004 jumlah perwira yang dilantik sebanyak 797 orang yang terdiri atas TNI AD 306 orang dengan lulusan terbaik Letda Inf. Alzaki asal Bukittinggi Sumatera Barat, kelahiran 23 November 1982.

TNI AL 160 orang dengan lulusan terbaik Letda Laut (P) Ahmad Makmur Ikhlas, kelahiran 17 Juli 1983. Putra daearah Dangung-Dangung Sumatera Barat.

TNI AU 132 orang dengan lulusan terbaik Letda (AE) Pandu Eka Prayoga, kelahiran Pasuruan Jawa Timur pada 14 April 1983.

Sementara itu, dari Polri 199 orang dengan lulusan terbaik Ipda Pol James Hasudungan, lahir di Pangkal Pinang pada 11 Februari 1983. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  MARI NKITA MENTUJU "GOOD GOVERNANCE" (XSAN375@HO..., 17/12/2004 18:34)
Bapak Presiden yang kami banggakan;

Begitu mulya ungkapan lisan dalam acara pelantikan putra terbaik "TNI dan Polri" dlm mengawali karirnya sebagai tentara rakyat dan terntara bangsa Indonesia.

Bahkan kami ingin sarankan sebelum tentara mengawali karirnya itu diberikan pendidikan moral agama yang praktikal dan dapat diaplikatif, apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan dalam karir ditinjau dari sudut agama.

Ini penting bagi semua anak bangsa dalam mengawali karir baik di swata ... <823 huruf lagi>
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 18 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer