spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
JAWA
spacer
 
Presentasi Gubernur DKI
Presiden Dukung Pembangunan Subway

Jakarta, 13 Desember 2004 21:20
Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso mengemukakan dirinya optimistis pembangunan proyek kereta api bawah tanah (subway) bisa dimulai 2005 karena didukung penuh oleh Pemerintah Pusat.

"Saya paling puas presentasi hari ini di hadapan Presiden. Kita mendapat dukungan yang besar dan komitmen yang tinggi dari pemerintah pusat," kata Sutiyoso usai menyampaikan paparan di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, Senin.

Sutiyoso mengemukakan hal tersebut didampingi Sekda Ritola Tasmaya dan Asisten Administrasi Pembangunan Hari J Sandjojo di Balaikota.

Dia menjelaskan, paparan yang berlangsung sekitar setengah jam itu mendapat tanggapan positif Presiden bahkan dirinya dijanjikan akan dipertemukan dengan para menteri terkait seperti Menteri Perhubungan maupun Menteri Pekerjaan Umum untuk membicarakan realisasi pembangunan program strategis tersebut.

Menurut Sutiyoso, usai paparan presiden meminta Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi untuk menjadwalkan pertemuan dengan para menteri terkait pekan depan.

"Tidak tanggung-tanggung, Presiden menyiapkan waktu selama dua jam untuk membahas rencana itu minggu depan," kata Sutiyoso yang dalam paparannya menyampaikan masalah transportasi massal dan perumahan rakyat.

Lebih lanjut dia menjelaskan keyakinannya bahwa subway dapat dibangun 2005 karena ada kemampuan untuk mengembalikan pinjaman lunak dari Jepang yang diperkirakan mencapai 780 juta Doldar AS atau sekitar Rp7 triliun.

Gubernur juga mengemukakan pembangunan subway dimulai dari Lebak Bulus, Jakarta Selatan dan bukan dari kawasan Jalan Fatmawati sebagaimana pernah menjadi salah satu alternatif.

"Itu sudah keputusan menteri setelah mempertimbangkan berbagai aspek termasuk aspek ekonomi dan aspek lainnya," katanya.

Pada Juni 2004, Gubernur Sutiyoso bertemu Chief Operating Officer of Plan and Project Division of Itochu Corporation, Takanobu Furuta di Balai Kota untuk membahas proyek subway.

Jalur subway tersebut direncanakan dari Lebak Bulus, Blok M, Stasiun Dukuh Atas, Monas hingga Stasiun Kota namun pembangunannya dilaksanakan secara bertahap. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  Haru scepat direalisasikan! (bt3819@ne..., 22/12/2004 21:28)
Bagus sekali!
Tapi jangan hanya daerah lebak bulus ke kota aja dong. Seharusnya juga yang menuju Bandara, Bekasi dan Depok dan diperbananyak linenya seperti jaring laba-laba. Indonesia adalah yang yang paling terbelakang soal Mass Rapid Transportation di Asia Tenggara. Bangkok yang dulu lebih macet dan selalu banjir dari Jakarta sekarang mereka sudah membangun dan memanfaatkan subway. Akibatnya kemacetan jauh berkurang karena orang sudah menggunakan Subway yang nyaman.
 
 
spacer
  
  Nasib monorail aja ngambang, udah mau bangun subway (i_goen@ya..., 19/12/2004 01:16)
Proyek Monorail yg diresmikan Megawati Oktober lalu aja sudah mandeg karena gak ada dana.

Skg mau buat subway??? dari mana uangnya??

Bereskan aja dulu tuh Busway dan Monorail, kl udah selesai baru kita bicarakan Subway
 
 
spacer
  
  WAH HEBAT IDENYA (iwan_garut@ya..., 17/12/2004 22:46)
Emang Hebat Gubernur Kita ini, kayanya layak deh kalo dapet julukan GUBERNUR 1001 PROYEK........

Coba bikin juga dong PROYEK PENYEJAHTERAAN MASYARAKAT JAKARTA..... kira kira bisa ngga yaa.....

Jangan cuma proyek yang berkenaan dengan mempercantik phisik Jakarta aja, tapi warganya juga doong ..

Lucu kan kalo ditengah-tengah kemolekan Jakarta, banyak warganya yang mau makan aja susah, mau berobat aja susah, mau sekolah aja susah, mau kerja aja susah, pokoknya susah deh.
 
 
spacer
  
  kurang tepat (snayung@ya..., 17/12/2004 09:21)
dengan keadaan negara yang masih sekarat lebih baik mengoptimalkan jalur KRL selama ini misalnya menambah jumlah armada dan membangun jalur KRL ke bandara. seperti umumnya negara lain.kalau subway dengan kondisi geografis Jakarta yg langganan banjir bukan hanya menambah masalah ddisamping subway pasti menelan biaya besar
 
 
spacer
  
  sudah sewajarnya (afafaiman@ma..., 16/12/2004 18:28)
semakin banyak nya penduduk ind , sewajarnya proyek itu di bangun , demi mengurangi kemacetan lalu lintas mengurangi kecelakaan lalulintas , namun jangan sampai jadi ajang korupsi dari dari dana awal sampai penjualan tiket nanti dan utamakan kenyamanan keamanan penumpang .
 
 
spacer
  
  Mimpi atau Kenyataan (dedidwiyanto@ya..., 16/12/2004 17:36)
Bagus sih! cuma gimana pembangunannya?masa utang lagi sih! tapi OK lah untuk ngurangi kemacetan yang bikin Mang Yos pusing, seperti disini, bikin dong Jalan kereta ke Bandara terus ke pusat kota, biar kita yang pulang ke Indonesia, enggak bayar taksi yang super mahal, masa kalah sama negara tetangga sih! bravo untuk idenya mudah-mudahan cepet jadi.
 
 
spacer
  
  efektif dan bermanfaat (suribib@ya..., 16/12/2004 14:51)
Bisa saja ada subway di Jakarta asalkan untuk kepentingan rakyat banyak dan bermanfaat. Bangun subway melingkari kota Jakarta sehingga Jakarta pinggiran dengan pusat Jakarta dapat terhubungi.subway dapat sangat bermanfaat dan juga dapat sangat merugikan bagi pemerintah jika salah "bangun" dan salah urus.Yang terpenting sekarang bangun jalur kereta api dari Bandar Udara int SH ke pusat kota Jakarta dan perbaiki sistem manajemen yang ada di PT.KAI.
 
 
spacer
  
  Wah,, Ide bagus tuh. (hannaintw2004@ya..., 16/12/2004 12:10)
Yahooii,,, bagus juga tuh kalau ada subway. Maksudnya?? ini juga memberi kemudahan kepada masyarakat dan juga Indonesia jadi bertambah muju. Tapi jangan lupa pak Yos,, sarana transportasi yang lain juga di perbaiki. Tuh,, selat Bali mesti ada jembatannya, denger denger mau di bangun, apa iya beneran? Wah asikdong,, ke Bali nggak usah naik kapal yang brak brek brok, ngeriii.
Kalau bisa di Bali juga di bangun subway yaa???
Tapi usahakan jangan ada korupt, biar lancar jalannya.

Hanna Suprihati... <12 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  Boten-boten aja. (andi_malabingung@ya..., 16/12/2004 02:03)
Ah..ada-ada aja, ngurusin Perusahaan Kereta api yang ada sekarang aja belum becus udah ditambah mau bangun subway lagi. Muka gile juga tuh Bang Yos.itu mah ngeruk dana buat korupsi. Sekarang kereta api yang ada aja berantakan bagaimana mau bangun subway baru. Beresin dulu yang ada sekarang yang terutama tuh bangun jalur kereta api dari bandara SH ke stasiun kota. supaya tuh jangan terjadi perampokan oleh taksi-taksi gelap terhadap orang yang baru pulang dari luar negeri.
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 18 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer