spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
SULAWESI
spacer
 
Pernyataan Pemangku Adat Gorontalo dapat Kecaman

Gorontalo, 10 Desember 2004 10:04
Pernyataan sikap dari delapan pemangku adat di Kota Gorontalo, menolak keputusan DPRD meminta Walikota Gorontalo, Medi Botutihe mundur dari jabatannya, mendapat kecaman dari sejumlah komponen masyarakat di daerah tersebut.

Koordinator Jali Intim, Tarig Modanggu mengatakan, pihaknya sangat menyayangkan pernyataan tersebut karena tindakan dari pemangku adat Gorontalo itu bisa menggaungkan asumsi bahwa para tokoh adat tidak patut lagi menjadi panutan masyarakat.

Dia mengatakan, saat terjadi pengrusakan terhadap fasilitas Kampus Universitas Negeri Gorontalo (UNG) serta pemukulan terhadap mahasiswa oleh orang tidak dikenal, para pemangku adat hanya diam saja.

Namun, begitu ada pernyataan dari mahasiswa dan ditindaklanjuti DPRD Gorontalo yang menyarankan agar Walikota tersebut mundur, justru para pemangko adat mulai angkat bicara bahkan mengeluarkan pernyataan sikap menolak terhadap keputusan dewan itu. "Seharusnya para pemangku adat bersikap bijaksana serta jangan memihak, sehingga tidak menimbulkan polemik dimasyarakat, "kata Tarig Modanggu.

Raul Hatu, tokoh akademis Gorontalo, mengatakan, tindakan para pemangku adat tersebut tidak demokrasi, seharusnya menempatkan diri sebagai lembaga tempat sandaran masyarakat.

Menurut dia, sebaiknya para pemangku adat dapat bersikap netral dan tidak mencampuri urusan yang dapat merugikan masyarakat banyak, pernyataan itu dinilai hanya untuk membela kepentingan Walikota Gorontalo, Medi Botutihe. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 18 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer