spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
SULAWESI
spacer
 
Gubernur Resmikan Tempat Pertemuan Raja-raja Di Bone

Bone, 29 November 2004 07:48
Gubernur Sulawesi Selatan HM. Amin Syam di Kabupaten Bone dan Wajo, Sulsel, Minggu, meresmikan kawasan bersejarah `Tana Bangkalae`, yakni tempat bertemunya raja Bone, Gowa dan Luwu di Bone dan museum `Simetten Pola` (Saoraja Mallangga) di Kabupaten Wajo.

Kawasan Bangkalae yang terletak di tengah Kota Watampone, ibukota Kabupaten Bone, dibangun tugu kerajaan untuk terus mengingatkan setiap warga bahwa pada sekitar 400 lalu, di tempat bersejarah ini berkumpul raja-raja kharismatik dari Bone, Gowa dan Luwu.

Tanah Bangkalae, kata Bupati Bone HA. Idris Galigo, merupakan tempat yang mempersatukan raja-raja di provinsi Sulsel yang diprakarsai seorang raja bernama `Lapatau atau Matanna Tikka` yang juga disebut sebagai neneknya raja-raja pada zaman itu.

Gubernur Amin Syam mengajak pemerintah dan masyarakat di daerah ini untuk melestarikan budaya leluhur tersebut terutama nilai-nilai pemerintahan yang diwariskan nenek moyang tersebut yang masih relevan dengan perkembangan abad moderen dewasa ini.

"Bahkan, nilai-nilai pemerintahan kerajaan dulu hingga sekarang ini masih kita warisi terutama semangat juang dan kegotongroyongan dalam membangun daerah, bangsa dan negara," ujar gubernur.

Karena itu, pemerintah dan masyrakat di daerah ini perlu memelihara kawasan bersejarah tersebut yang dinilai sakral sebab di sini menjadi sumber fakta sejarah kerajaan di Sulsel, katanya.

Di Kabupaten Wajo, Gubernur Amin Syam berharap agar museum Simetten Pola dapat berfungsi sebagai `rumah bersejarah` tidak hanya bagi masyarakat di daerah ini tapi juga warga kabupaten Wajo yang berada di perantauan.

Selain itu, museum yang menyimpan silsilah keturunan raja dan benda-benda kerajaan Wajo juga berfungsi sebagai wahana pendidikan dan alat pemersatu bangsa, termasuk dalam menentukan jati diri masyarakat. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 18 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer