spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
HUKUM & KRIMINALITAS
spacer
 
Pendeta di Palu Desak Pengusutan Peluru PT Pindad

Palu, 14 Desember 2004 16:30
Menyikapi aksi penembakan dan peledakan bom di dua gereja di Kota Palu, Sulawesi Tengah, pendeta dan pastor yang tergabung dalam Badan Kerjasama Umat Kristiani (BKSUK) mendesak pengusutan terhadap peluru produksi PT. Pindad (Pusat Industri Angkatan Darat) yang digunakan para pelaku.

BKSU Kota Palu dalam pertemuan yang diikuti sekitar 30 pendeta dan pastor di Gereja Immanuel, Selasa, menelorkan kesepakatan untuk meminta Presiden, Panglima TNI, Kapolri, dan Badan Intelejen Negara (BIN) untuk melakukan penyelidikan terhadap industri senjata api dan bahan peledak PT. Pindad.

Pendeta J. Toding, Penasehat BKSUK Kota Palu, mengatakan amunisi buatan PT. Pindad yang ditemukan di gereja Anugerah dan adanya dugaan jenis senjata M-16 yang digunakan oleh pelaku dalam melancarkan aksi terornya, mengindikasikan adanya peredaran senjata dan amunisi ilegal di tengah masyarakat.

"Dibutuhkan pengusutan yang transparan terhadap prosedur penjualan dan penggunaan produksi Pindad," katanya.

Pernyataan resmi BKSU juga mendesak Pemerintah Pusat (Mabes TNI, Mebes Polri, dan BIN) segera mengungkap serangkaian aksi teror yang terjadi di wilayah Sulteng, khususnya di Kota Palu dan Kabupaten Poso.

BKSU menyatakan kekecewaannya terhadap kinerja Polri yang dinilai tidak tanggap dan terkesan mengabaikan kondisi rawan yang sengaja diciptakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Sekalipun serangkaian aksi teror penembakan dan pemboman di Palu dan Poso akhir-akhir ini mengakibatkan jatuhnya korban ummat nasrani, BKSU menghimbau seluruh warga gereja untuk tetap tabah dan senantiasa menaruh pengharapan kepada Tuhan Yang Maha Agung.

Sikap resmi BKSU tersebut diserahkan kepada Tim Komisi III DPR-RI dipimpin Teras Narang saat mengunjungi Gereja Immanuel dan mendengar berbagai pengharapan pendeta dan pastor yang melakukan pertemuan.

Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST) Anugerah di Jalan Tanjung Manimbaya Minggu malam sekitar pukul 19:15 Wita diberondong tembakan oleh empat orang tak dikenal yang mengendarai dua sepeda motor.

Akibat aksi penembakan terhadap jemaat yang sedang melaksanakan ibadah doa syafaat itu melukai dua orang jemaat yakni Radakrisna (40) dan Novri (17), keduanya masih menjalani perawatan di RSUD Undata Palu.

Sementara aksi penembakan di GKST Immanuel di Jalan Mesjid Raya melukai seorang satpam gereja bernama Bintin Jaya (60) yang kini dirawat di RSU Bala Keselamatan Palu.

Aksi penembakan yang disertai dengan pelemparan bom itu, mengakibatkan bagian depan Gereja Immanuel mengalami kerusakan. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  DOA UTK NEGERIKU (ishak_yuwono@ho..., 17/12/2004 06:52)
Ya ALLAH... ampunilah orang2 di negeriku sbb mereka tidak tahu apa yg mereka perbuat & biarlah orang2 yg mengikuti jalan-MU tetap setia. amen !
 
 
spacer
  
  Damai dihati, damai di Indonesia (sherley_ika@ya..., 16/12/2004 21:22)
Jalan untuk menuju surga, adalah menjalankan semua perintah Tuhan. Saya seorang Kristen yang memiliki banyak sahabat dan teman dari kalangan non Kristen. Kami sering sharing tentang agama yang kami anut. Puji Tuhan, semua agama yang ada di Indonesia senantiasa mengajarkan tentang Cinta kasih, Kebaikan dan Kedamaian. Lalu, agama apakah yang dianut oleh para pelaku perusak tempat2 ibadah? Jangan2 mereka masih ATHEIS, karena tidak meyakini keberadaan TUHAN yang senantiasa melihat apa yg dilakukan o... <249 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  Rusuh Rezeki Mengalir (joelnapit@ya..., 16/12/2004 20:15)
Keadaan tidak aman, itulah yang dicari oleh sebagian besar para penjaga keamanan kita, karena kalau keadan rusuh maka rezeki akan mengalir dan semakin rusuh semakin banyak rezekinya dan itu sudah rahasia umum dengan mengkambing hitamkan kelompok-kelompok tertentu. Jadi jangan heran kalau negara yang kita cintai ini akan aman sentausa sebelum ..........
 
 
spacer
  
  INDONESIA DIBENCI IBLIS, DI KASIHI TUHAN (Nico0k@ya..., 15/12/2004 22:27)
Di negri yg kt cintai ini sering terjadi gejolak terselubung maupun yg terang2an, dgn jatuhnya korban yg sengaja di korbankan o/ iblis perusak ciptaan ALLAH dgn segala cara yg dihalalkan. ""BUKANLAH ORG yg mau mati-matian utk ALLAH yg berkenan ...NAMUN.. ORG yg mau hidup mencari PERKENAN , MAKSUD SANG KHALIK :yaitu, mengasihi sesamanya... seperti mengasihi dirinya sendiri. Bukankah ALLAH itu bkn iblis yg menghancurkan & hal2 negatif lainnya..?????
 
 
spacer
  
  Emang tak ada kerjaan lain ? (gadisaf02@ho..., 15/12/2004 06:48)
Mudah mudahan mereka yg melakukan tindakan penembakan dan pengeboman sadar bahwa tindakan mereka itu hanya kurang kerjaan saja.
Kalo nggak mau disakiti ya jangan menyakiti dong.
daripada saling menyakiti kan lebih baik saling mengasihi.
Bagaimana kalau dikampung kampung diadakan kampanye saling mengasihi dan menyayangi anat umat ?
Bikin kegiatan yg membangun lebih baik kan daripada merusak ?
 
 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 14 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer