spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
ASIA
spacer
 
Bencana Alam
4 Badai di Filipina Telan 1.800 Orang

Manila, 14 Desember 2004 12:10
Empat badai yang menerjang Filipina dalam sebulan terakhir mengakibatkan hampir 1.800 orang tewas atau hilang dengan kerugian mencapai 4,588 miliar peso (81,49 juta dolar AS), demikian dikemukakan kantor pertahanan sipil negeri itu.

Jumlah itu diperkirakan akan meningkat bersamaan dengan berlanjutnya operasi pencarian dan penyelamatan para korban pada dua musibah terakhir, yakni badai tropis yang di Filipina disebut Winnie pada 29 Nopember dan topan Nanmadol yang menerjang negara itu pada tanggal 2 Desember.

Kantor pertahanan sipil menyatakan 941 orang meninggal dan 836 masih belum ditemukan akibat topan Muifa yang menerjang pada 18 Nopember, badai Merbok pada 23 Nopember dilanjutkan dengan Winnie dan Nanmadol.

Sebagian besar korban itu adalah akibat badai Winnie yang mengakibatkan 775 tewas dan 713 hilang. Bencana alam itu menghasilkan banjir bandang dan tanah longsor yang menyapu seluruh desa di pesisir timurlaut pulau Luzon.

Kantor pertahanan sipil menyatakan jumlah kerugian secara keseluruhan di bidang pertanian dan infrastruktur akibat empat badai itu mencapai 4,588 miliar peso.

Direktur Pekerjaan Umum Ramon Aquino mengatakan bahwa sedikitnya setengah miliar peso sendiri diperlukan untuk memperbaiki jembatan-jembatan dan jalan-jalan penting yang hancur di pulau Luzon bagian utara.

Menteri Kesejahteraan Sosial Corazon Soliman mengatakan sebanyak 13,6 juta warga terkena dampak empat badai tersebut.

Kendati departemennya telah mengucurkan dana 87 juta peso yang dianggarkan untuk pemberian bantuan kemanusiaan darurat, sebanyak 500 juta peso lainnya telah dianggarkan sebagai tambahan bantaun kemanusiaan dan rehabilitasi dan sudah disiapkan, katanya.

Dana sejumlah itu "merupakan sesuatu yang dapat diperoleh pada saat diperlukan", katanya dan menambahkan bahwa sumbangan luar negeri maupun sumbangan bersifat pribadi telah ditujukan bagi pengadaan barang-barang bantuan.

"Kami tidak menggunakan anggaran tambahan karena tanggapan dari sektor swasta telah berlimpah," katanya dan menekankan bahwa dia telah menyiapkan barang-barang bantuan kemanusiaan senilai 36 juta peso di sejumlah gudang, siap untuk dibagikan.

Pada beberapa bagian di negara tersebut, warga tidak lagi memerlukan bantuan kemanusiaan dan sedang terlibat dengan kegiatan rehabilitasi antara lain membangun kembali rumah dan lingkungan masyarakat mereka, Corazon Soliman menambahkan. [Dh, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 14 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer