spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
NASIONAL
spacer
 
Skandal Suap Tank Scorpion Coreng Muka Kita

jakarta, 14 Desember 2004 13:00
Komisi I DPR pada kesempatan pertama persidangan Januari 2005 akan memanggil Panglima TNI, Menhan, dan Menlu dalam rangka menelusuri skandal suap pada pembelian 100 unit tank Scorpion senilai 160 juta poundsterling setara Rp 2,8 triliun dari Inggeris pada 1994.

"Komisi I akan mengangkat masalah yang kini ramai dibicarakan masyarakat itu. Kita akan telusuri sejauhmana kebenaran berita tersebut. Bila terjadi penyimpangan dalam pembelian tank itu, akan kita usut sampai tuntas demi penegakan hukum," kata Ketua Komisi I DPR Theo L. Sambuaga di Jakarta, Selasa.

Namun menurutnya semua tak bisa dilakukan segera. "Karena kini kita memasuki masa reses, pada kesempatan pertama sidang Januari 2005 kita akan panggil mereka. Kita minta penjelasan pihak-pihak yang bersangkutan, termasuk Menhan, Panglima TNI dan Menlu," ujarnya.

Ketua Komisi yang membidangi masalah-masalah hankam dan luar negeri itu mengatakan, tindakan tegas perlu diambil atas skandal ini, agar pemberitaan seperti ini tidak berlangsung terus. Ia menyatakan prihatin, karena pemberitaan itu mencoreng citra Indonesia di dalam maupun di luar negeri.

Hal-hal yang akan dipertanyakan dalam rapat kerja dengan pihak-pihak yang terkait itu nanti, termasuk penelusuran pembelian mulai dari pembicaraan awal, prosesnya, berapa banyak, kontrak sistem pembayaran serta transportasi pengangkutannya.

"Kita juga perlu pertanyakan, pembelian Scorpion ini menggunakan dana APBN atau tidak. Ini perlu kita ketahui, karena dana APBN adalah uang rakyat," katanya.

Bila ternyata dalam penelusuran tersebut ada indikasi dugaan-dugaan penyimpangan, urusan lebih lanjut akan diserahkan kepada penegak hukum. "Siapapun orangnya yang terlibat akan kita panggil," tegasnya.

Bisa saja, pihak-pihak yang terkait yang akan dipanggil itu adalah aparat pemerintah termasuk perusahaan asing bila perlu. Ini penting dalam proses penyelidikan, kata Sambuaga. [Dh, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
  
spacer
KOMENTAR PEMBACA
spacer
  
  bukan indonesia namanya klu tidak ada korupsi (andito_63@ya..., 22/12/2004 02:03)
ini baru kejutan dan ramai banget semua pada berani buka kartu satu sama yg lain, biarlah seluruh dunia pada tahu klu di indonesia para petinggi dan pejabatnya doyan uang korupsi, jangan salahkan para kuli tinta dan wartawan klu pada zaman sekarang para wartawan memberitakanya tentang korupsi, biar para jawara dan pejabat yg suka duit rakyat punya rasa takut dan berpikir untuk menilap duit rakyat, ayo usut tuntas satu persatu para pejabat dan orang2 yg merugikan negara dan rakyatnya
 
 
spacer
  
  Disuruh nemenin adiknya di Ns Kambangan (teladanmulkan@ya..., 21/12/2004 03:40)
Khan adiknya kasihan tidur sendirian di Ns Kambangan, mana lagi sakit lagi lagi, ntar yang jagain siapa dong kalo bukan kakaknya
 
 
spacer
  
  Tindakan tegas ? (Hil_mas@pl..., 20/12/2004 22:58)
Jangan seperti yang sudah-sudah, apabila menyangkut keterlibatan keluarga Cendana, tindakan tegas yang akan dilakukan hanya sebatas himbauan dan pernyataan belaka, buktinya nol besar !
 
 
spacer
  
  CORENG MORENG MUKA ITU BUKAN SATU UKURAN (pulosituek@ho..., 20/12/2004 13:29)
soalnya pemerintah indonesia sudah menjadi sarapan pagi untuk melakukan korupnya , tidak usah gelebg kepala , terima saja apa yang mereka lakukan , rakyat indonesia itu bukan lagi manusia tapi sudah dianggap oleh pemerintah jahat hewan , kaum elit itu hanya memelihara senjata dan serdadunya saja kalau untuk rakyatnya , kosong mainan bagi mereka .
 
 
spacer
  
  Bukan hanya...... (amsara2004@ya..., 15/12/2004 22:52)
kayanya sih bukan hanya skandal ini yang mencoreng muka kita...yang ada sih muka kita udah pada belepotan item semua ..abis keseringan dicorengin sih.....
 
 
spacer
  
  Tidak ada lagi bagian muka yang akan dicoreng (maxm, 15/12/2004 20:17)
Ah skandal model begini sepertinya banyak sekali. Sehingga sudah tidak ada lagi bagian muka yang dicoreng, karena muka bangsa kita sudah tercoreng moreng.
Kita sudah tidak malu lagi bertatap muka dengan muka yang penuh corengmoreng jadi yah inikan cuman konsumsi berita saja.
 
 
spacer
  
  rakyat tidak tercoreng (eundeuk2an@ya..., 15/12/2004 19:31)
ya saya mohon kepada siapapun yang menagani masalah ini.tolong secepatnya dituntasakan dan pelakunya dikirim ke nusakambangan begitu.terutama mohon maaf Si tutut begitu yang masih ongkan2 kaki dirumahnya begitu.
sehingga seluruh rakyat indonesia tidak tercoreng mukanya begitu,biar hanya TNI yang mencoreng mukanya ketika mau latihan perang begitu.

trimakasih
 
 
spacer
  
  tidak mengapa (wijaya_adi@ho..., 15/12/2004 18:26)
Toh seluruh muka kita sudah hitam, tambah satu garis hitam lagi juga tak masalah. Mungkin hanya darah para pejabat koruplah yang sanggup membersihkan muka kita.
 
 
spacer
  
  Tidak punya malu dan malu-maluin (boybachtiar@ya..., 15/12/2004 17:35)
Dalam kasus tank scorpio ini sebenarnya rakyat Indonesia tidak merasa malu. Karena pada kenyataannya masyarakat dunia sudah mengetahui adanya fakta:

1. Di Indonesia, manusia korup itu hanyalah sebagian rakyat Indonesia yang tidak punya rasa malu, merasa punya hak untuk lebih : lebih kaya, lebih makmur, lebih cantik, lebih populer, dan lebih serakah. Kalau dilihat dari strata sosialnya, kelompok orang dalam lingkup ini termasuk mereka yang survive karena kemampuan beradaptasi dengan lingkunga... <1467 huruf lagi>
 
 
spacer
  
  KELUARGA SUHARTO MASIH KUAT (Nico0k@ya..., 15/12/2004 05:41)
Siapa sih yg bisa menggugat CENDANA ?? semua mata melihat Suharto sehat(hanya uda tua aja) bukan sakit ! tp kesaktiannya lolos dr gaum reformasi utk mengadilinya hanya sandiwara. Uangnya buanyak & dimana2,org2 yg ikut kecipratan bkn org sembarangan & mengakar (jk di usut mk pejabat/tokoh politik skrg jg keseret). Tutut kesayangan cendana apa bisa diusut? DUIT..DUIT..6X..
 
 
spacer
   
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 14 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer