spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
spacer
spacer
OLAHRAGA
spacer
 
Jelang Sea Games Filipina
Indonesia Siapkan 500 Atlit

Jakarta, 13 Desember 2004 17:16
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat mempersiapkan sekitar 500 atlet ke SEA Games Filipina 2005, kata Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Joko Pramono di Jakarta, Senin.

"Ini berdasar estimasi awal yang dilakukan oleh KONI dan seluruh induk organisasi olahraga," kata Joko, yang pernah dua kali menjadi Komandang Pelatnas SEA Games itu.

"Hingga saat ini sudah 12 induk organisasi yang merencanakan akan memulai pelatnasnya tanggal 1 Januari nanti seperti atletik dan anggar," tambahnya.

Sedangkan mengenai jumlah medali yang menjadi target yang harus diraih, Joko mengelak untuk memberikan angka pasti.

"Tentu saja harus lebih baik dari pada jumlah medali yang diraih di Vietnam lalu, lebih 222 medali," katanya.

Joko juga menjelaskan bahwa KONI tetap menerapkan Pelatnas desentralisasi dengan pengawasan pihaknya pusat kepada masing-masing induk organisasi.

Ia juga mengungkapkan, berdasarkan pertemuan antara KONI dengan induk organisasi, tidak ada yang menentang kebijaksaan untuk hanya mengirimkan cabang olahraga yang menjanjikan medali.

"Bahkan ada salah satu pengurus induk organinsasi yang mengusulkan adanya `pusnishmen bagi induk organisasi yang tidak berhasil mengirimkan atlitnya," kata Joko.

Namun hukuman tersebut menurut Joko tidak perlu diberikan oleh KONI, karena tanpa sanksi itupun citra dari induk olahraga tersebut dengan sendirinya akan akan buruk.

Kebijaksanaan KONI tersebut agak berbeda dengan acuan dari musyawarah olahraga nasional yang memutuskan bahwa Seagames merupakan dari bagian dari pembinaan atlit potensial.

"Tapi kita tidak bisa mengirimkan atlit sebanyak-banyaknya, sebagai contoh di SEA Games lalu, cabang atletik yang mengirimkan lebih dari 30 atlit kita hanya mendapat kurang dari 10 medali,`" kata Joko.

Mantan komandan korps marinir itu mengatakan bahwa untuk menjadi juara umum SEA Games mengalahkan Thailand, Indonesia harus menguasai 4 cabang penting yang merupakan "tambang" medali yaitu, atletik, senam, renang, dan menembak.

"Jangan mimpi bisa jadi juara umum kalau tidak menguasai keempat cabang tersebut, oleh karena itu ketua KONI sangat kenekankan pembinaan pada empat cabang olahraga ini, bahkan kalau perlu latihan keluar negeri," katanya. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 14 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer