spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
JAWA
spacer
 
Rekor MURI
Spanduk 4.007 Meter Keliling Kebun Raya Bogor

Bogor, 12 Desember 2004 10:20
Lomba jalan sehat yang diadakan di Kota Bogor, Jawa Barat, dan diikuti lebih dari 30 ribu peserta Minggu pagi, akhirnya sekaligus menciptakan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia).

Rekor yang diciptakan itu berupa pemasangan spanduk sepanjang 4.007 meter --dengan lebar 1,5 meter-- mengelilingi seluruh kawasan Kebun Raya Bogor (KRB) yang dilakukan 13.257 peserta.

Kegiatan gerak jalan sehat itu sendiri dimulai startnya dari Lapangan Sempur pukul 06:00, yang dibuka oleh Menteri Kehutanan (Menhut) MS Ka`ban didampingi Walikota Bogor, Diani Budiarto dan Direktur harian "Radar Bogor", Hazairin Sitepu serta GM PT Telkom Bogor, Muhammad Awaludin, dan mencapai finish di KRB.

Jalan sehat tersebut dilangsungkan menyambut HUT ke-6 Radar Bogor dan pengenalan "Telkom International Call" (TIC) 007.

Penciptaan rekor baru tersebut, menurut Paulus Pangka dari MURI, juga punya nilai lebih karena spandung yang mengelilingi KRB itu dipegang oleh 13.257 peserta.

Sebagai perbandingan, pemasangan spanduk sebelumnya juga pernah dilakukan dari Monas ke KONI di Jakarta tahun 1980, namun hanya ditempelkan dan tidak dipegang berkeliling seperti yang dilakukan di KRB tersebut.

Untuk memegang kain secara permanen yang berwarna oranye dan dipesan khusus dari Bandung itu, kepada semua peserta jalan sehat diminta untuk turut memegangnya.

PT Telkom sendiri mengerahkan "tim inti" sebanyak 1.130 orang, sedangkan tim pendukungnya sebanyak 3.000 orang, ditambah 550 pelajar dari berbagai sekolah yang ikut memeriahkan aktivitas olahraga yang banyak dijuluki "murah meriah" itu.

Puluhan ribu peserta yang sejak Minggu pagi pukul 06:00 WIB berada di Lapangan Sempur itu terdiri dari berbagai lapis usia mulai dari Balita (bayi di bawah lima tahun) hingga Manula (usia lanjut).

"Kegiatan ini akan kita jadikan `ikon` warga Bogor setiap dua kali dalam setahun," kata Direktur Radar Bogor, Hazairin Sitepu.

Ia menjelaskan, event tersebut, yang bisa mengumpulkan puluhan ribu warga Bogor dan sekitarnya, diselenggarakan dengan tujuan memancing datangnya wisatawan untuk datang ke "kota hujan" itu.

"Event semacam ini adalah salah satu sumbangsih kalangan media massa guna mengenalkan pariwisata melalui event olahraga di Bogor agar lebih menasional dan bahkan mendunia," katanya.

Sedangkan tujuan umumnya, tidak lain adalah sebagai ajang silaturrahmi di antara warga Bogor sendiri karena pesertanya adalah dari seluruh lapisan masyarakat.

Ketua Umum KONI Daerah Kota Bogor, Dody Rosadi --yang juga hadir di acara itu--beberapa kali menyatakan bahwa bentuk-bentuk pemassalan olahraga perlu terus digalakkan.

"Selain olahraga prestasi, memassalkan olahraga seperti bentuk jalan sehat ini adalah untuk membangun hidup sehat bagi masyarakat secara meluas," katanya. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 14 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer