spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
SUMATERA
spacer
 
Dewan Pertanyakan Caretaker Gubernur Bengkulu

Bengkulu, 11 Desember 2004 16:24
Anggota DPRD Propinsi Bengkulu bingung dengan belum jelasnya siapa caretaker gubernur ditunjuk Depdagri, padahal 17 Desember 2004 jabatan Hasan Zen sebagai Gubernur Bengkulu berakhir.

"Pimpinan bersama ketua lima komisi akan ke Jakarta, Senin (13/12) menanyakan ke Mendagri Muhammad Ma`ruf, soal caretaker serta perkembangan politik di Bengkulu," kata Wakil Ketua DPRD Propinsi Bengkulu, H. Patrice Rio Capella, Sabtu.

Pihak DPRD Propinsi Bengkulu belum pernah diberi tahu sejauh mana perkembangan penunjukan caretaker, siapa calonnya serta kapan Kepmennya dikeluarkan.

Keberadaan caretaker gubernur sangat diperlukan tidak hanya sekedar mengganti seseorang tapi yang diperlukan adalah untuk terjaminnya kelanjutan kegiatan pemerintahan.

"Kalau sudah ada caretaker, nantinya persetujuan APBD bisa dilakukan dan orang tidak akan mempersoalkan legitimasinya," ujar Rio.

Dalam pertemuan dengan Depdagri, pimpinan dewan akan meminta jawaban tegas menyangkut siapa caretaker dan kapan pelantikan dilakukan. Kalau misalnya sudah ada calonnya, gantilah segera paling lambat 17 Desember dan bila belum ada calon sampai kapan dewan dan warga Bengkulu harus menunggu.

Kejelasan itu diperlukan agar masyarakat dan pers tidak menduga-duga. Kini anggota DPRD propinsi sedang membahas dan akan memberikan persetujuan RAPBD menjadi APBD dan nantinya jangan sampai persetujuan harus menunggu caretaker.

"Kita tidak mempersoalkan siapakah orang yang ditunjuk apakah dari Depdagri, instansi lain atau orang yang sudah ada di Bengkulu," ujarnya.

Menurut Rio, bila dalam perkembangannya nanti Mendagri meminta saran kepada pimpinan dewan, mereka akan menanyakan terlebih dahulu, apakah orang dimaksud dari luar atau dari dalam propinsi.

Ini diperlukan agar keinginan Depdagri tidak bertentangan dengan anggota dewan serta menghindari terjadinya kepentingan pribadi (vested interest) dalam pengusulan seseorang.

Kadis Infokom propinsi Bengkulu, Drs. Chairuddin meminta semua pihak tidak mempersoalan siapa caretaker Gubernur Bengkulu.

Akan lebih baik kalau segenap komponen masyarakat menunggu hingga Depdagri menunjuk siapa caretaker dimaksud. "Saya minta semua bersabar dan jangan membuat pendapat sendiri-sendiri.

Bisa saja caretaker tetap dijabat Hasan Zen," ujarnya.

Juru bicara kepresidenan Andi Alfian Mallarangeng, ketika menemani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkunjung ke Bengkulu, menyatakan, caretaker Gubernur Bengkulu diambil dari pejabat tinggi Depdagri, eselon I.

Ia menyatakan, pemerintah tidak akan menunjuk Gubernur sekarang sebagai caretaker, karena lazimnya pejabat sementara gubernur adalah orang pusat dengan tugas mengantarkan proses terpilihnya gubernur definitif. [EL, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 14 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer