spacer spacer spacer spacer
HUT RI ke-63 spacer Gatra Mobile

All Daily News Magazine
spacer spacer spacer spacer spacer spacer spacer
spacer

User ID :
Password :
Anggota baru ?
Lupa password ?

[ Indeks Berita ]
[ Daftar Komentar ]
sudut
spacer
TIMUR TENGAH
spacer
 
Israel-Mesir Tukar Tawanan

Yerusalem, 6 Desember 2004 13:52
Duri besar di sisi hubungan Israel-Mesir, Minggu digeser, setelah Kairo membebaskan seorang Druze Israel yang dipenjarakan tujuh tahun lalu karena dicurigai jadi mata-mata, ketika negara Yahudi itu membebaskan enam mahasiswa Mesir.

Azzam, yang dipenjarakan kembali pada September 1997, diserahkan di perlintasan perbatasan Taba antara kedua negara itu, yang memicu suasana gembira di desa asal pria berusia 44 tahun itu di Israel utara.

Ia diterbangkan ke perlintasan Laut Merah. Dari sana ia dikirim dengan mobil melewati perbatasan itu, demikian sumber keamanan Mesir.

Juru bicara pemerintah Mesir Maged Abdel Fattah membantah bahwa pembebasan itu merupakan bagian dari sebuah perjanjian.

"Tidak ada perjanjian menyangkut masalah itu," kata Abdel Fattah pada wartawan. "Prosedur pengadilan diikuti dalam dua kasus itu secara terpisah." Sebuah pernyataan pemerintah Israel menyatakan bahwa keenam mahasiswa Mesir itu -- Mustafa Abu Deif Ali, Mohammed Yusri Hussein Salem, Mahmud Gamal Ezzat Ali, Mustafa Mahmud Yussef Mohammed, Mohamed Maher Sayed Ahmed dan Emad Sayed Ahmed Tuhami -- telah dibebaskan.

Semua enam orang itu ditangkap di Israel Agustus karena diduga berusaha menculik dan membunuh tentara Israel. Mereka sejak itu ditahan di sebuah penjara Israel di daerah Beersheva di Israel selatan.

Pembebasan itu merupakan pertanda terakhir atas meningkatnya upaya pendekatan antara Israel dan Mesir yang bekerja erat dalam beberapa bulan belakangan menyangkut penarikan yang direncanakan tahun depan dari Jalur Gaza.

Israel dan Mesir, negara Arab pertama yang memiliki hubungan diplomatik dengan negara Yahudi itu, tertarik untuk menghindarkan kelompok Islam memenuhi kekosongan setelah penarikan tentara dan pemukim dari wilayah Palestina tersebut.

Israel melobi bagi pembebasan Azzam sejak penangkapannya, tapi Mesir secara konsisten menolak tindakan yang dikatakannya akan berarti campurtangan dalam proses pengadilan.

Presiden Mesir Hosni Mubarak menyenangkan pemerintah Israel pekan lalu ketika ia memuji sikap PM Israel Ariel Sharon terhadap pemilihan bulan depan untuk memilih pengganti presiden pemerintah otonomi Palestina Yssser Arafat yang meninggal 11 November lalu.

"Kebenarannya adalah bahwa perdana menteri Israel mengatakan bahwa ia siap melakukan apa yang dibutuhkan untuk memudahkan proses pemilihan itu," kata Mubarak.

Sharon menyampaikan kesiapan untuk "mencabut rintangan, tapi ia hanya minta satu hal: bahwa ledakan dan aktivitas yang sama berakhir", Mubarak menambahkan.

"Kami sangat puas dengan pernyataan itu yang khususnya dirancang untuk pendapat umum Mesir," kata sumber yang dekat pada Sharon.

Sumber itu memuji "peran Mesir yang sangat konstruktif" terhadap pelaksanaan penarikan dari Gaza, dengan Kairo melatih pasukan keamanan Palestina serta bertindak sebagai perantara antara pemerintah Sharon dan pemimpin Palestina.

Dirjen kementerian luar negeri Israel, Ron Prosor, mengatakan pada radio publik bahwa kehangatan dalam hubungan yang sering dingin itu dapat membuat Mesir mengirim duta besar ke Tel Aviv "dalam waktu dekat ini".

Hubungan diplomatik menurun setelah meletusnya intifada Palestina September 2000 sebagai bagian dari protes Mesir terhadap taktik Israel dalam menghadapi perlawanan itu.

Menlu Mesir Ahmed Abul Gheit mengadakan pembicaraan pekan lalu dengan Sharon dan timpalannya dari Israel Silvan Shalom.

Pertemuan itu ditangguhkan selama sepekan karena penembakan tiga polisi perbatasan Mesir oleh tentara Israel tapi penjadwalannya kembali secara cepat mengindikasikan keinginan bersama untuk tidak membolehkan insiden itu menjadi rintangan besar. [TMA, Ant]

printer Versi Cetak email Kirim Berita ke Teman komentar Komentar Anda

 
spacer
sudut spacer sudut  

sudut spacer sudut
search calendar
<< 14 December 2004 >>
SuMTW ThFSa
dotdotdot1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031
spacer

All Daily News Magazine
sudut spacer
sudut sudut
spacer